10 Kecamatan di Kab.Pangandaraan Memiliki Potensi Bagus

JAWA BARAT

PANGANDARAN,(PRLM).-Sebanyak 10 kecamatan yang ada di Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Pangandaran secara keseluruhan memiliki potensi bagus dan berbeda-beda. Bahkan, dapat menjadi unggulan bagi daerah yang baru melakukan pemekaran.

Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran Endjang Naffandy mengatakan, potensi yang dimiliki tidak hanya dari sektor pariwisata. Tetapi, seperti pertanian, perkebunan pun dapat menjadi keunggulan bagi DOB itu.

“Dengan banyaknya potensi yang dimiliki, sangat pantai jika Kabupaten Pangandaran menjadi DOB. Banyak potensi yang dimiliki dari wisata alam, dan lain sebagainya,” ucapnya, Selasa (7/5/2013).

Endjang mengatakan, dari 10 kecamatan yang telah ia kunjungi, evaluasinya bagus. Dirinya mengaku banyak melihat potensi yang harus digali lagi dan dikembangkan.

“Kita tahu, panorama alam dan potensi wisata alam dari Pangandaran sudah terkenal sampai luar negeri. Ini bisa menjadi nilai tambah bagi DOB yang baru saja lahir. Mari kita bersama-sama untuk mengembangkannya,” ujarnya.

Namun demikian, Endjang tidak memungkiri dari itu semua ada yang paling utama harus dibenahi oleh Kabupaten Pangandaran. Yaitu infrastruktur jalan.

Dikatakan dia, jalan adalah jantung dan sarana mobilitas masyarakat untuk beraktifitas. Dengan kondisi jalan yang rusak parah saat ini, jelas diakui Endjang itu akan berdampak ke segala aspek.

“Jalan adalah sarana dan mobilitas masyarakat untuk berpergian dan kemana-mana. Selain itu jalan pun sebagai sarana perekonomian. Dengan kondisi seperti saat ini, jelas itu besar pengaruhnya,” katanya.

Salah satunya di sektor pariwisata. Tidak menutup kemungkinan, dengan kondisi jalan seperti itu para wisatawan yang datang ke Kabupaten Pangandaran menjadi berkurang.
“Jalan adalah keperluan yang mendasar,” ujarnya.

Potensi lain di Kabupaten Pangandaran yaitu di sektor perkebunan, pertanian, kelautan, perikanan, dan juga pertambangan.

Untuk pertanian, Kecamatan Mangunjaya dikatakan dia cocok dan berpotensi untuk menjadi lumbung padi bagi Kabupaten Pangandaran. Hal itu dilihat dari 60 persen wilayah daerah itu yang merupakan lahan pertanian sawah.

Kecamatan yang ada di Kabupaten Pangandaran adalah Kecamatan Sidamulih, Padaherang, Cigugur, Cimerak, Pangandaran, Kalipucang, Parigi, Cijulang, Langkaplancar, dan Kecamatan Mangunjaya.

Ditambahkan dia, setelah mendatangi kecamatan yang ada, Endjang dalam waktu dekat akan mendatangi juga seluruh desa dan pelosok. Bahkan, Endjang akan melihat secara langsung daerah perbatasan wilayan Kabupaten Pangandaran. (A-195/A-107)***

Baca Juga

Sidang Ricuh Kasus Pembunuhan Hayriantira Berlangsung Ricuh

JAWA BARAT

GARUT,(PRLM).- Sidang kasus pembunuhan Hayriantira (37) Mantan Sekretaris Direktur Utama XL Axiata terpaksa dihentikan karena sidang berlangsung ricuh, akibat massa yang berasal pihak keluarga hampir memukul terdakwa Andi Wahyudi (38).

Bupati Sumedang Nonaktif Lakukan Upaya PK

JAWA BARAT

BANDUNG, (PRLM).- ‎Bupati Sumedang nonaktif Ade Irawan, melakukan upaya hukum peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung RI melalui PN Bandung. Ade mengaku alasan mengajukan PK karena ada kekhilafan hakim memutus bersalah pada dirinya dalam kasus perjalanan dinas DPRD Cimahi.

Kades di Subang Minta Pendamping Dana Desa Segera Dikucurkan

JAWA BARAT

SUBANG, (PRLM).-Sejumlah kepala desa di Kabupaten Subang berharap agar para pendamping dana desa yang sebelumnya dijanjikan pemerintah akan membantu mereka bisa segera dikucurkan tahun 2016.

Antisipasi Rentenir, Dinas Koperasi Lakukan Penyuluhan

JAWA BARAT
KEPALA Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) Kab. Cianjur, Ridwan Ulyasin tengah memberikan pengarahan kepada para Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) di aula Pusat Layanan Usaha Terpadu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-UMK

CIANJUR, (PRLM).- Untuk menekan terjadinya praktik rentenir berkedok koperasi, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kab. Cianjur mengerahkan sejumlah petugas penyuluh koperasi lapangan (PPKL) untuk memberikan pemahaman tentang berkoperasi yang benar.