10 Kecamatan di Kab.Pangandaraan Memiliki Potensi Bagus

PANGANDARAN,(PRLM).-Sebanyak 10 kecamatan yang ada di Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Pangandaran secara keseluruhan memiliki potensi bagus dan berbeda-beda. Bahkan, dapat menjadi unggulan bagi daerah yang baru melakukan pemekaran.

Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran Endjang Naffandy mengatakan, potensi yang dimiliki tidak hanya dari sektor pariwisata. Tetapi, seperti pertanian, perkebunan pun dapat menjadi keunggulan bagi DOB itu.

“Dengan banyaknya potensi yang dimiliki, sangat pantai jika Kabupaten Pangandaran menjadi DOB. Banyak potensi yang dimiliki dari wisata alam, dan lain sebagainya,” ucapnya, Selasa (7/5/2013).

Endjang mengatakan, dari 10 kecamatan yang telah ia kunjungi, evaluasinya bagus. Dirinya mengaku banyak melihat potensi yang harus digali lagi dan dikembangkan.

“Kita tahu, panorama alam dan potensi wisata alam dari Pangandaran sudah terkenal sampai luar negeri. Ini bisa menjadi nilai tambah bagi DOB yang baru saja lahir. Mari kita bersama-sama untuk mengembangkannya,” ujarnya.

Namun demikian, Endjang tidak memungkiri dari itu semua ada yang paling utama harus dibenahi oleh Kabupaten Pangandaran. Yaitu infrastruktur jalan.

Dikatakan dia, jalan adalah jantung dan sarana mobilitas masyarakat untuk beraktifitas. Dengan kondisi jalan yang rusak parah saat ini, jelas diakui Endjang itu akan berdampak ke segala aspek.

“Jalan adalah sarana dan mobilitas masyarakat untuk berpergian dan kemana-mana. Selain itu jalan pun sebagai sarana perekonomian. Dengan kondisi seperti saat ini, jelas itu besar pengaruhnya,” katanya.

Salah satunya di sektor pariwisata. Tidak menutup kemungkinan, dengan kondisi jalan seperti itu para wisatawan yang datang ke Kabupaten Pangandaran menjadi berkurang.
“Jalan adalah keperluan yang mendasar,” ujarnya.

Potensi lain di Kabupaten Pangandaran yaitu di sektor perkebunan, pertanian, kelautan, perikanan, dan juga pertambangan.

Untuk pertanian, Kecamatan Mangunjaya dikatakan dia cocok dan berpotensi untuk menjadi lumbung padi bagi Kabupaten Pangandaran. Hal itu dilihat dari 60 persen wilayah daerah itu yang merupakan lahan pertanian sawah.

Kecamatan yang ada di Kabupaten Pangandaran adalah Kecamatan Sidamulih, Padaherang, Cigugur, Cimerak, Pangandaran, Kalipucang, Parigi, Cijulang, Langkaplancar, dan Kecamatan Mangunjaya.

Ditambahkan dia, setelah mendatangi kecamatan yang ada, Endjang dalam waktu dekat akan mendatangi juga seluruh desa dan pelosok. Bahkan, Endjang akan melihat secara langsung daerah perbatasan wilayan Kabupaten Pangandaran. (A-195/A-107)***

Baca Juga

SEJUMLAH pegawai negeri sipil (PNS) mengucap ulang saat pengambilan sumpah oleh Bupati Bandung Dadang Naser di Bale Sawala, Kompleks Pemerintahan Kabupaten Bandung, Kecamatan Soreang, Senin (9/3/2015). Sebanyak 49 PNS diangkat dari kategori I terdiri dari

BKD Indramayu Pastikan tak Ada PNS Fiktif

INDRAMAYU, (PR).-Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Indramayu sempat mengalami kesalahan teknis dalam pengiriman data Pegawai Negeri Sipil daerahnya ke pusat. Namun, Sekretaris BKD, Ahmad Syadali memastikan tak ada PNS yang fiktif di daerahnya.

PHK Ratusan Karyawan, PT IMC Tekno Dipanggil Dewan

PURWAKARTA, (PR).- Komisi D DPRD Kabupaten Purwakarta akan memanggil manajemen PT IMC Tekno terkait masalah pemutusan hubungan kerja yang menimpa sekitar ratusan pegawainya. Di samping itu, akan dibahas juga masalah belum terakomodirnya para buruh dalam berserikat di lingkungan perusahaan.

pasars enggol, bekasi, summarecon mall,

Wisata Kuliner di Pasar Senggol Bekasi

KEDATANGAN Alfiana (19) ke Pasar Senggol, Minggu 8 Mei 2016, merupakan kali ketiga ia berkunjung ke gelaran rutin Summarecon Mal Bekasi yang tahun ini mengusung tema "Jelajahi Kuliner Asia".