10 Kecamatan di Kab.Pangandaraan Memiliki Potensi Bagus

JAWA BARAT

PANGANDARAN,(PRLM).-Sebanyak 10 kecamatan yang ada di Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Pangandaran secara keseluruhan memiliki potensi bagus dan berbeda-beda. Bahkan, dapat menjadi unggulan bagi daerah yang baru melakukan pemekaran.

Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran Endjang Naffandy mengatakan, potensi yang dimiliki tidak hanya dari sektor pariwisata. Tetapi, seperti pertanian, perkebunan pun dapat menjadi keunggulan bagi DOB itu.

“Dengan banyaknya potensi yang dimiliki, sangat pantai jika Kabupaten Pangandaran menjadi DOB. Banyak potensi yang dimiliki dari wisata alam, dan lain sebagainya,” ucapnya, Selasa (7/5/2013).

Endjang mengatakan, dari 10 kecamatan yang telah ia kunjungi, evaluasinya bagus. Dirinya mengaku banyak melihat potensi yang harus digali lagi dan dikembangkan.

“Kita tahu, panorama alam dan potensi wisata alam dari Pangandaran sudah terkenal sampai luar negeri. Ini bisa menjadi nilai tambah bagi DOB yang baru saja lahir. Mari kita bersama-sama untuk mengembangkannya,” ujarnya.

Namun demikian, Endjang tidak memungkiri dari itu semua ada yang paling utama harus dibenahi oleh Kabupaten Pangandaran. Yaitu infrastruktur jalan.

Dikatakan dia, jalan adalah jantung dan sarana mobilitas masyarakat untuk beraktifitas. Dengan kondisi jalan yang rusak parah saat ini, jelas diakui Endjang itu akan berdampak ke segala aspek.

“Jalan adalah sarana dan mobilitas masyarakat untuk berpergian dan kemana-mana. Selain itu jalan pun sebagai sarana perekonomian. Dengan kondisi seperti saat ini, jelas itu besar pengaruhnya,” katanya.

Salah satunya di sektor pariwisata. Tidak menutup kemungkinan, dengan kondisi jalan seperti itu para wisatawan yang datang ke Kabupaten Pangandaran menjadi berkurang.
“Jalan adalah keperluan yang mendasar,” ujarnya.

Potensi lain di Kabupaten Pangandaran yaitu di sektor perkebunan, pertanian, kelautan, perikanan, dan juga pertambangan.

Untuk pertanian, Kecamatan Mangunjaya dikatakan dia cocok dan berpotensi untuk menjadi lumbung padi bagi Kabupaten Pangandaran. Hal itu dilihat dari 60 persen wilayah daerah itu yang merupakan lahan pertanian sawah.

Kecamatan yang ada di Kabupaten Pangandaran adalah Kecamatan Sidamulih, Padaherang, Cigugur, Cimerak, Pangandaran, Kalipucang, Parigi, Cijulang, Langkaplancar, dan Kecamatan Mangunjaya.

Ditambahkan dia, setelah mendatangi kecamatan yang ada, Endjang dalam waktu dekat akan mendatangi juga seluruh desa dan pelosok. Bahkan, Endjang akan melihat secara langsung daerah perbatasan wilayan Kabupaten Pangandaran. (A-195/A-107)***

Baca Juga

Kanopi Gedung Pemkot Depok Ambrol

JAWA BARAT
KANOPI Gedung Dibaleka Pemkot Depok ambrol. Diduga penyebabnya karena atap tidak mampu menahan limpahan air hujan.*

DEPOK, (PRLM).- Kanopi Gedung Dibaleka Pemkot Depok ambrol. Diduga penyebabnya karena atap tidak mampu menahan limpahan air hujan yang turun pada Selasa (3/6/2015) malam.

Purwakarta Bentuk Majelis Pengelolaan Sampah

JAWA BARAT
BUPATI Purwakarta, Dedi Mulyadi merencanakan pembentukan majelis pengelolaan sampah  dimulai dari tingkat Rukun Tetangga (RT) hingga tingkat Kabupaten.*

PURWAKARTA, (PRLM).- Upaya membangun lingkungan yang sehat dan bersih di masyarakat sudah menjadi kewajiban. Untuk menguatkan hal itu Pemkab Purwakarta ke depan akan membentuk majelis pengelolaan sampah dimulai dari tingkat Rukun Tetangga (RT) hingga tingkat Kabupaten.

Polresta Banjar Ringkus Komplotan Pelaku Pembalakan Liar

JAWA BARAT
Polresta Banjar Ringkus Komplotan Pelaku Pembalakan Liar

BANJAR,(PRLM).- Jajaran Kepolisian Resor Kota Banjar berhasil meringkus 2 dari 4 anggota komplotan pelaku pembalakan liar atau penebangan liar.

Polres Cianjur Instruksikan Polsek Operasikan Kendaraan Dinas

JAWA BARAT

CIANJUR,(PRLM).- Kapolres Cianjur AKBP Asep Guntur Rahayu mengintruksikan kepada setiap Kapolsek untuk memberikan bantuan sarana transportasi kepada masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan. Hal itu merupakan salah bentuk pelayanan pihak kepolisian dalam membantu masyarakat.