Status Gunung Papandayan Masih Siaga

BANDUNG, (PRLM).-Status G. Papandayan masih siaga hingga Selasa (7/5/2013). Hal ini disampaikan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono.

Berdasarkan catatan terakhir G. Papandayan, aktivitas kegempaannya pada Senin, 6 Mei 2013, pukul 00.00 - 12.00 WIB tercatat 26 kali gempa tektonik lokal (TL), 19 kali gempa vulkanik dangkal (VB), 6 kali gempa vulkanik dalam (VA), dan sekali gempa tektonik jauh (TJ).

Pada pukul 12.00-18.00 WIB, aktivitas kegempaan terekam sebanyak 28 kali gempa TL, 11 kali gempaVB, sekali gempa hybrid, dan sekali gempa TJ. Sementara itu, pukul 18.00 - 24.00 WIB tercatat 2 kali gempa tektonik terasa pada skala MMI 2, sebanyak 9 kali gempa VB, 3 kali gempa TJ, dan 37 kali gempa TL.

"Rekomendasi saya agar tidak ada aktivitas masyarakat dalam radius 2 kilometer dari puncak G. Papandayan," kata Surono. (A-199/A-107)***

Baca Juga

Hiswanamigas Jawab Kelangkaan Elpiji 3 kg dengan Operasi Pasar

KUNINGAN, (PR).- Kesulitan masyarakat Kabupaten Kuningan memperoleh gas elpiji tabung 3 Kg, kadang-kadang disertai kelangkaan, dijawab Pertamina melalui Hiswanamigas dengan menggelar operasi pasar gas bersubsidi tersebut.

DUA  unit pesawat sedang parkir di Bandar Udara Nusawiru, di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Senin (13/10/2014). Pemprov Jabar telah melakukan pembayaran Rp 26 miliar terhadap tanah kas daerah di Desa Kondangjajar, Kec. Cijulang untuk keperlu

PT BIJB Akan Kelola Bandara Nusawiru?

MAJALENGKA, (PR).- PT BIJB berencana melakukan pengelolaan Bandara Nusawiru yang dianggap cukup potensial untuk dikembangkan, dengan penerbangan pesawat kecil sesuai dengan kapasitas landasan pacu yang ada.

Orangtua Protes Alih Fungsi Sekolah Jadi Pabrik

CIANJUR, (PR).- Ratusan warga Kampung Pasir Kalapa, Desa Peuteuycondong, Kecamatan Cibeber, menolak relokasi Sekolah Dasar Peuteuycondong 2, Senin 7 November 2016 yang akan dialihfungsikan jadi pabrik.

Persatuan Istri Insinyur Gelar Bakti Sosial di Garut

GARUT, (PR).- Persatuan Istri Insinyur Indonesia (PIII) mengadakan kegiatan bakti sosial di Kabupaten Garut, Selasa 8 November 2016. Dipimpin langsung Nia Said Didu selaku Ketua Umum PIII, Rombongan yang berjumlah hampir 50 orang ini menuju penampungan pengungsi korban banjir bandang.