Status Gunung Papandayan Masih Siaga

BANDUNG, (PRLM).-Status G. Papandayan masih siaga hingga Selasa (7/5/2013). Hal ini disampaikan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono.

Berdasarkan catatan terakhir G. Papandayan, aktivitas kegempaannya pada Senin, 6 Mei 2013, pukul 00.00 - 12.00 WIB tercatat 26 kali gempa tektonik lokal (TL), 19 kali gempa vulkanik dangkal (VB), 6 kali gempa vulkanik dalam (VA), dan sekali gempa tektonik jauh (TJ).

Pada pukul 12.00-18.00 WIB, aktivitas kegempaan terekam sebanyak 28 kali gempa TL, 11 kali gempaVB, sekali gempa hybrid, dan sekali gempa TJ. Sementara itu, pukul 18.00 - 24.00 WIB tercatat 2 kali gempa tektonik terasa pada skala MMI 2, sebanyak 9 kali gempa VB, 3 kali gempa TJ, dan 37 kali gempa TL.

"Rekomendasi saya agar tidak ada aktivitas masyarakat dalam radius 2 kilometer dari puncak G. Papandayan," kata Surono. (A-199/A-107)***

Baca Juga

Mie Samyang Masih Beredar di Cianjur

CIANJUR, (PR).- Pihak Kepolisian Resor Cianjur menyita sejumlah mie instan asal Korea yang dilarang dijual dari sebuah minimarket.

Tol Cipali

Volume Kendaraan di Tol Cipali Meningkat

SUBANG, (PR).- Arus lalu lintas di jalan tol Cipali (Cikopo - Palimanan) dari arah Cikopo menuju Cirebon, Senin, 26 Juni 2017 kembali mengalami peningkatan. Namun arus lalu lintas masih terkendali. Laju kendaraan ramai lancar.

Jangan Berenang di Pantai Garut Selatan

GARUT, (PR).- Pantai Garut selatan memiliki karakter yang cukup berbahaya bagi wisatawan untuk berenang di lautan. Meski demikian, tak sedikit wisatawan yang mengabaikan peringatan itu hingga membahayakan dirinya sendiri.