Perolehan Suara BN Merosot Tajam

LUAR NEGERI

KUALA LUMPUR, (PRLM).- Kendati tampil sebagai pemenang, keberhasilan BN dalam pemilu 2013 ini merupakan yang terburuk dalam sejarah partai tersebut sejak menjadi petahana pada tahun 1957.

Dalam hal ini, raihan suara BN terus merosot sejak pemilu 2008 dan puncaknya pada pemilu 2013 ini. Dibandingan dengan perolehan suara pada 2004 dimana petahana berhasil memperoleh kemenangan lebih dari 90 persen suara, maka pada pemilu 2004 dan 2013, perolehan suara partai petahana semakin mengecil.

Penyebabnya adalah dukungan warga CHina terhadap BN merosot tajam. Berdasarkan hasil pemilu yang diumumkan pada Senin (6/5/13), seperti dikutip Kantor berita Inggris, Reuters, BN pimpinan PM Najib berhasil memenangkan 133 kursi legislatif dari total 222 kursi.

Jumlah ini menurun sedikit ketimbang hasil pemilu 2008 saat BN mendapatkan 140 kursi. PM Najib Rajab sempat kaget dengan hasil pemilu itu karena tak mengira suara dari etnik Cina merosot signifikan ketimbang pemilu sebelumnya.

"Saya sadar ada penurunan suara tetapi tak menyangka sebesar ini. Kendati demikian, faktanya BN tetap unggul, ujar Najib.

Sementara rivalnya, Pakatan Rakyat yang dipimpin Anwar Ibrahim (65), kendati kalah, kursi yang didapatkan bertambah, dari 82 kursi pada pemilu 2008 menjadi 89 kursi pada pemilu 2013. (A-133/A-26).***

Baca Juga

Polisi Tahan Pria Penyebar Berita Bohong

LUAR NEGERI

BEIJING, (PRLM).- Polisi di Beijing menahan seorang laki-laki atas tuduhan menyebarkan kabar angin lewat Internet bahwa ada orang yang bunuh diri di distrik keuangan akibat goncangnya pasar saham Cina.

Dua wanita Maroko Diadili Karena Pakai Rok

LUAR NEGERI

RABAT, (PRLM).- Dua orang perempuan diadili di Maroko dengan tuduhan bertindak tidak sopan setelah memakai rok di bulan Ramadan.

Pengangguran di Amerika Mencapai 5,5 Persen

LUAR NEGERI

WASHINGTON, (PRLM).- Perekonomian Amerika Serikat menciptakan 280.000 lapangan kerja di bulan Mei, sementara tingkat pengangguran naik sedikit menjadi 5,5 persen di tengah semakin banyaknya orang yang mulai memburu pekerjaan baru.

Partai Erdogan Kehilangan Mayoritas Mutlak di Parlemen Turki

LUAR NEGERI

ISTANBAUL, (PRLM).- Partai berkuasa Turki kehilangan mayoritas mutlak dalam pemilihan parlemen hari Minggu (7/5/2015).