Perolehan Suara BN Merosot Tajam

KUALA LUMPUR, (PRLM).- Kendati tampil sebagai pemenang, keberhasilan BN dalam pemilu 2013 ini merupakan yang terburuk dalam sejarah partai tersebut sejak menjadi petahana pada tahun 1957.

Dalam hal ini, raihan suara BN terus merosot sejak pemilu 2008 dan puncaknya pada pemilu 2013 ini. Dibandingan dengan perolehan suara pada 2004 dimana petahana berhasil memperoleh kemenangan lebih dari 90 persen suara, maka pada pemilu 2004 dan 2013, perolehan suara partai petahana semakin mengecil.

Penyebabnya adalah dukungan warga CHina terhadap BN merosot tajam. Berdasarkan hasil pemilu yang diumumkan pada Senin (6/5/13), seperti dikutip Kantor berita Inggris, Reuters, BN pimpinan PM Najib berhasil memenangkan 133 kursi legislatif dari total 222 kursi.

Jumlah ini menurun sedikit ketimbang hasil pemilu 2008 saat BN mendapatkan 140 kursi. PM Najib Rajab sempat kaget dengan hasil pemilu itu karena tak mengira suara dari etnik Cina merosot signifikan ketimbang pemilu sebelumnya.

"Saya sadar ada penurunan suara tetapi tak menyangka sebesar ini. Kendati demikian, faktanya BN tetap unggul, ujar Najib.

Sementara rivalnya, Pakatan Rakyat yang dipimpin Anwar Ibrahim (65), kendati kalah, kursi yang didapatkan bertambah, dari 82 kursi pada pemilu 2008 menjadi 89 kursi pada pemilu 2013. (A-133/A-26).***

Baca Juga

Singapore Airlines Tujuan Milan Terbakar

SINGAPURA (PR),- Pesawat Singapore Airlines SQ368 yang mengangkut 241 orang penumpang terbakar, setelah melakukan pendaratan darurat di Bandara Changi Singapura pada Senin, 27 Juni 2016 petang waktu setempat. Pesawat dengan tujuan Milan, Italia ini mengalami kebakaran mesin sebelah kanan.

Dan Brown Sumbang Rp 4 Miliar untuk Perpustakaan Belanda

PENULIS terkenal asal Amerika, Dan Brown, telah menyumbangkan dana sebesar 335.000 Dollar AS atau setara dengan Rp 4 miliar untuk Perpustakaan Ritman Amsterdam, Belanda. Perpustakaan itu merupakan tempat penelitian untuk beberapa novel larisnya.

Google Kini Permudah Pencarian Info Gempa

WASHINGTON –Penduduk yang tinggal di mana pun di zona gempa ada kalanya bertanya-tanya apakah mereka merasakan gempa bumi atau hanya gemuruh truk berat yang dikendarai atau apakah mereka merasakan gempa kecil di suatu tempat yang jauh.

Kunjungan Wisman dari Mesir Paling Tinggi, Disusul Tiongkok

JAKARTA, (PR).- Pariwisata Indonesia semakin bergairah! Optimisme pelaku bisnis Pariwisata pun makin pede. Kunjungan wisman ke tanah air melalui seluruh pintu masuk pada bulan Mei 2016 adalah 915.206 atau meningkat sebesar 7,37% dibandingkan bulan yang sama, Mei 2015.