Perolehan Suara BN Merosot Tajam

KUALA LUMPUR, (PRLM).- Kendati tampil sebagai pemenang, keberhasilan BN dalam pemilu 2013 ini merupakan yang terburuk dalam sejarah partai tersebut sejak menjadi petahana pada tahun 1957.

Dalam hal ini, raihan suara BN terus merosot sejak pemilu 2008 dan puncaknya pada pemilu 2013 ini. Dibandingan dengan perolehan suara pada 2004 dimana petahana berhasil memperoleh kemenangan lebih dari 90 persen suara, maka pada pemilu 2004 dan 2013, perolehan suara partai petahana semakin mengecil.

Penyebabnya adalah dukungan warga CHina terhadap BN merosot tajam. Berdasarkan hasil pemilu yang diumumkan pada Senin (6/5/13), seperti dikutip Kantor berita Inggris, Reuters, BN pimpinan PM Najib berhasil memenangkan 133 kursi legislatif dari total 222 kursi.

Jumlah ini menurun sedikit ketimbang hasil pemilu 2008 saat BN mendapatkan 140 kursi. PM Najib Rajab sempat kaget dengan hasil pemilu itu karena tak mengira suara dari etnik Cina merosot signifikan ketimbang pemilu sebelumnya.

"Saya sadar ada penurunan suara tetapi tak menyangka sebesar ini. Kendati demikian, faktanya BN tetap unggul, ujar Najib.

Sementara rivalnya, Pakatan Rakyat yang dipimpin Anwar Ibrahim (65), kendati kalah, kursi yang didapatkan bertambah, dari 82 kursi pada pemilu 2008 menjadi 89 kursi pada pemilu 2013. (A-133/A-26).***

Baca Juga

Pendukung Trump Kritik Panitia Piala Oscar 2017

LOS ANGELES, (PR).- Pesta Oscar 2017 sudah selesai, tetapi momentum salah baca yang membuat panitia malu, masih terus dibicarakan. Khususnya bagi para pendukung Donald Trump, momentum tersebut jadi kemenangan karena menilai penyelenggaraan Oscar 2017 telah gagal.

Malaysia Usir Duta Besar Korea Utara Kang Chol

KUALA LUMPUR, (PR).- Pemerintah Malaysia dalam beberapa hari mendatang kemungkinan akan mendeportasi Duta Besar Korea Utara, Kang Chol, jika dalam waktu 48 jam diplomat senior Korut tersebut tidak kembali ke negaranya.

Inggris Kecewa Skotlandia Ingin Merdeka

LONDON, (PR).- Kurang dari dua tahun setelah Skotlandia berikrar untuk tetap bersatu dengan Inggris, kini negeri kepulauan tersebut ingin berpisah dengan Kerajaan Inggris. Pasalnya, putusan Inggris yang berkukuh keluar dari Uni Eropa dinilai akan sangat merugikan Skotlandia.