Perolehan Suara BN Merosot Tajam

LUAR NEGERI

KUALA LUMPUR, (PRLM).- Kendati tampil sebagai pemenang, keberhasilan BN dalam pemilu 2013 ini merupakan yang terburuk dalam sejarah partai tersebut sejak menjadi petahana pada tahun 1957.

Dalam hal ini, raihan suara BN terus merosot sejak pemilu 2008 dan puncaknya pada pemilu 2013 ini. Dibandingan dengan perolehan suara pada 2004 dimana petahana berhasil memperoleh kemenangan lebih dari 90 persen suara, maka pada pemilu 2004 dan 2013, perolehan suara partai petahana semakin mengecil.

Penyebabnya adalah dukungan warga CHina terhadap BN merosot tajam. Berdasarkan hasil pemilu yang diumumkan pada Senin (6/5/13), seperti dikutip Kantor berita Inggris, Reuters, BN pimpinan PM Najib berhasil memenangkan 133 kursi legislatif dari total 222 kursi.

Jumlah ini menurun sedikit ketimbang hasil pemilu 2008 saat BN mendapatkan 140 kursi. PM Najib Rajab sempat kaget dengan hasil pemilu itu karena tak mengira suara dari etnik Cina merosot signifikan ketimbang pemilu sebelumnya.

"Saya sadar ada penurunan suara tetapi tak menyangka sebesar ini. Kendati demikian, faktanya BN tetap unggul, ujar Najib.

Sementara rivalnya, Pakatan Rakyat yang dipimpin Anwar Ibrahim (65), kendati kalah, kursi yang didapatkan bertambah, dari 82 kursi pada pemilu 2008 menjadi 89 kursi pada pemilu 2013. (A-133/A-26).***

Baca Juga

Yunani Lebih Pilih Akomodasi Kepentingan Pensiunan Ketimbang IMF

LUAR NEGERI

ATHENA, (PRLM).- PM Yunani Alexis Tsipras mengatakan, dia tak akan pernah mengingkari janji politiknya saat dilantik menjadi orang nomor satu di negara dewa-dewi awal tahun ini.

3 Wartawan Dibunuh dalam Seminggu di Meksiko

LUAR NEGERI

MEKSIKO, (PRLM).- Organisasi-organisasi hak media meminta kepada pihak berwenang Meksiko agar menyelidiki dengan seksama pembunuhan tiga orang wartawan dalam satu minggu di negara-negara bagian Oaxaca, Veracruz, dan Guanajuato.

Castro Muncul di Depan Umum Bersama Para Ahli Keju

LUAR NEGERI

HAVANA, (PRLM).- Untuk pertama kalinya sejak lebih dari sebulan, mantan pemimpin Kuba Fidel Castro kembali tampil di depan umum.

Badai Akibatkan Banjir dan Mati Listrik di Filipina Utara

LUAR NEGERI

MANILA, (PRLM).- Sebuah badai tropis menghantam Filipina utara, Minggu (5/7), mengakibatkan banjir dan mati listrik di beberapa kota. Pemerintah negara itu mengirim tim-tim pertolongan ke kawasan-kawasan dataran rendah untuk mengevakuasi warga.