Persiapkan Persyaratan dan Dokumen Pelengkap

Pembuatan Paspor untuk Calon Haji Mulai Pertengahan Mei

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jabar dan Kantor Imigrasi akan melakukan proses pengerjaan paspor jemaah calon haji (calhaj) mulai pertengahan Mei mendatang. Untuk itu, calhaj yang kemungkinan besar masuk kuota haji tahun 1434 H/2013 harus menyiapkan persyaratannya untuk pembuatan paspor hijau tersebut.

“Sesuai dengan surat edaran Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag pusat tertanggal 2 Mei 2013, maka proses pembuatan paspor hijau untuk calhaj sudah bisa dilaksanakan sejak hari ini (Senin),” kata Kepala Kanwil Kemenag Jabar H. Saeroji didampingi Kasi Pendaftaran dan Dokumen Haji Kanwil Kemenag Jabar, H. Afifi Basri, SH, di ruang kerjanya, Senin (6/5/13).

Paspor hijau yang akan dipergunakan jemaah haji masih tetap seperti tahun-tahun sebelumnya yakni berjumlah 48 halaman. “Penerbitan paspor hijau untuk jemaah haji harus dikoordinasikan antara Kanwil Kemenag Jabar, Kemenag kabupaten/kota, dan Kantor Imigrasi. Meskipun pembuatan paspor haji sudah bisa dimulai sejak Senin (6/5), namun kami harus melaksanakan rapat koordinas terlebih dulu dengan Kantor Imigrasi dan Kemenag kabupaten/kota sehingga kemungkinan besar pembuatan paspor baru bisa dimulai pertengahan Mei mendatang,” ucapnya.

Sedangkan biaya pembuatan paspor haji, kata Saeroji, dibebankan dari dana optimalisasi setoran awal Biaya Perjalanan Ibadah Hai (BPIH) yang telah dibayarkan calhaj.

“Sedangkan untuk haji khusus atau haji plus biaya pembuatan paspor untuk jemaah haji maupun petugas haji khusus dibebankan kepada yang bersangkutan sehingga tidak menjadi tanggungan Kemenag,” ujarnya. (A-71/A_88)***

Baca Juga

Rumah Sukandar Terbakar, Dua Penghuni Tersambar Api

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).- Kebakaran melanda rumah milik Sukandar (77) di RT 3 RW 2 No. 127 Margaluyu Kel. Cimahi Kec. Cimahi Tengah Kota Cimahi, Senin (23/3/2015). Diduga, api berasal dari kompor gas yang menyambar gas elpiji dari selang regulator yang bocor.

Pemprov Desak Usut Oknum Pengadilan yang Bermain

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Kasus pemalsuan surat novum lapang Gasibu tidak sampai pada terdakwa Ridha Faridha Rukmiati Siti Jubaedah yang sudah divonis 2 tahun oleh hakim PN Bandung. Namun diperkirakan akan berbuntut panjang karena diduga pemalsuan itu melibatkan oknum pegawai pengadilan.

Ade Akui Usaha Walet dan Tambang Menjadi Penghasilan Paling Besar

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).-Bupati Karawang nonaktif, Ade Swara dan istrinya, Nurlatifah, menjelaskan pembelian barang dan aset miliknya merupakan uang penghasilan sebelum menjadi bupati. Bahkan Ade Swara menjelaskan bahwa bisnis walet dan tambang bouksit menjadi penghasilan yang paling besar.

Kasus Perceraian di Kab. Bandung Meningkat

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Jumlah kasus perceraian yang ditangani Pengadilan Agama Kabupaten Bandung terus meningkat setiap tahun. Sepanjang 2014, jumlah kasus perceraian mencapai sekitar 7.000 kasus, meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai 5.000-an kasus.