Pembuatan Paspor untuk Calon Haji Mulai Pertengahan Mei

BANDUNG, (PRLM).- Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jabar dan Kantor Imigrasi akan melakukan proses pengerjaan paspor jemaah calon haji (calhaj) mulai pertengahan Mei mendatang. Untuk itu, calhaj yang kemungkinan besar masuk kuota haji tahun 1434 H/2013 harus menyiapkan persyaratannya untuk pembuatan paspor hijau tersebut.

“Sesuai dengan surat edaran Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag pusat tertanggal 2 Mei 2013, maka proses pembuatan paspor hijau untuk calhaj sudah bisa dilaksanakan sejak hari ini (Senin),” kata Kepala Kanwil Kemenag Jabar H. Saeroji didampingi Kasi Pendaftaran dan Dokumen Haji Kanwil Kemenag Jabar, H. Afifi Basri, SH, di ruang kerjanya, Senin (6/5/13).

Paspor hijau yang akan dipergunakan jemaah haji masih tetap seperti tahun-tahun sebelumnya yakni berjumlah 48 halaman. “Penerbitan paspor hijau untuk jemaah haji harus dikoordinasikan antara Kanwil Kemenag Jabar, Kemenag kabupaten/kota, dan Kantor Imigrasi. Meskipun pembuatan paspor haji sudah bisa dimulai sejak Senin (6/5), namun kami harus melaksanakan rapat koordinas terlebih dulu dengan Kantor Imigrasi dan Kemenag kabupaten/kota sehingga kemungkinan besar pembuatan paspor baru bisa dimulai pertengahan Mei mendatang,” ucapnya.

Sedangkan biaya pembuatan paspor haji, kata Saeroji, dibebankan dari dana optimalisasi setoran awal Biaya Perjalanan Ibadah Hai (BPIH) yang telah dibayarkan calhaj.

“Sedangkan untuk haji khusus atau haji plus biaya pembuatan paspor untuk jemaah haji maupun petugas haji khusus dibebankan kepada yang bersangkutan sehingga tidak menjadi tanggungan Kemenag,” ujarnya. (A-71/A_88)***

Baca Juga

PETUGAS Pelaksana TPU Gumuruh Ahmad (baju kotak biru) bersama dengan petugas dari Kelurahan Gumuruh melakukan program penataan dan rumputisasi makam TPU Gumuruh. Tahun 2015 ini Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Bandung melaksanakan Program Penataan dan

Jelang Ramadan, TPU Mulai Ramai Peziarah

BANDUNG,(PR).- Menjelang bulan Ramadan 1437 Hijriah sejumlah pemakaman umum mulai dipadati warga yang hendak melakukan ziarah kubur. Selain membersihkan tanah pemakaman masyarakat melakukan doa didekat pusar.

Sikap Nasionalisme Pemuda Sudah Mulai Luntur

BANDUNG,(PR).- Fenomena sosial yang berkembang di tengah masyarakat seyogianya tidak luput dari perhatian pemuda. Namun di sisi lain, sikap nasionalisme pemuda maupun kepeduliannya sudah mulai luntur.