Media AS, Jet Tempur Israel Serang Suriah

WASHINGTON, (PRLM).- Sejumlah laporan di media AS menyebutkan jet tempur Israel melancarkan serangan udara ke Suriah.

Laporan yang mengutip seorang pejabat AS yang dirahasiakan namanya, mengatakan serangan tersebut menargetkan sebuah gudang senjata yang diindikasikan akan dikirim ke Hisbullah, Lebanon.

Sejauh ini belum ada konfirmasi dari Israel maupun pemerintah Suriah terkait insiden ini.

Seorang pejabat AS yang dirahasiakan namanya mengatakan serangan udara Israel ke Suriah kemungkinan berlangsung Kamis (2/5/13) atau Jumat (3/5/13), tetapi jet tempur Israel tersebut tidak memasuki kawasan udara Suriah.

Seorang juru bicara kedutaan Israel di Washington menolak untuk memberikan komentar mengenai laporan ini.

Tetapi juru bicara ini - dikutip kantor berita Reuters - menambahkan: ''Apa yang kami bisa katakan adalah, bahwa Israel bertekad untuk mencegah pengiriman senjata kimia atau persenjataan lainnya yang bisa mengubah permainan oleh rezim Suriah ke kelompok teroris, terutama Hisbullah di Lebanon.''

Sementara itu duta besar Suriah untuk PBB mengatakan dia tidak mengetahui bahwa ada serangan Israel yang berlangsung di negaranya.

Sedangkan, kantor berita nasional Lebanon mengutip seorang juru bicara militer Lebanon yang mengatakan ''dua jet tempur Israel melanggar kawasan udara Lebanon di kawasan selatan kota Rmeish,'' Jumat kemarin.

Disebutkan ''pesawat musuh terbang berputar di seluruh kawasan Lebanon, dan kemudian pergi''.

Awal pekan ini, Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon mengumumkan bahwa Israel meluncurkan serangan udara pada Januari lalu ke Suriah.

Dia mengatakan bahwa pengiriman senjata yang canggih ke kelompok militan radikal seperti Hisbullah adalah sebuah garis merah bagi Israel, dan Israel akan bertindak saat garis itu dilanggar. (bbc/A-88)***

Baca Juga

Chester Bennington, Vokalis Linkin Park Tewas Bunuh Diri

LOS ANGELES, (PR).- Chester Bennington, vokalis utama band Linkin Park tewas bunuh diri. Ia meregang nyawa di tempat tinggal pribadinya di Palos Verdes Estate, Los Angeles, Kamis 20 Juli 2017 waktu Amerika Serikat.

Bentrokan Meluas, Israel Tangkap 26 Warga Palestina

RAMALLAH, (PR).- Pasukan Israel melancarkan aksi penangkapan secara luas pada Selasa 25 Juli 2017 di berbagai wilayah di Tepi Barat Sungai Jordan dan menangkap 26 orang Palestina.

Di Negara Ini, Hacker Muda Jadi Aset Negara

BRISTOL (PR).- Kamp rehabilitasi pertama yang ditujukan untuk merehabilitasi bibit-bibit penjahat cyber telah diresmikan oleh National Crime Agency Inggris.