Media AS, Jet Tempur Israel Serang Suriah

LUAR NEGERI

WASHINGTON, (PRLM).- Sejumlah laporan di media AS menyebutkan jet tempur Israel melancarkan serangan udara ke Suriah.

Laporan yang mengutip seorang pejabat AS yang dirahasiakan namanya, mengatakan serangan tersebut menargetkan sebuah gudang senjata yang diindikasikan akan dikirim ke Hisbullah, Lebanon.

Sejauh ini belum ada konfirmasi dari Israel maupun pemerintah Suriah terkait insiden ini.

Seorang pejabat AS yang dirahasiakan namanya mengatakan serangan udara Israel ke Suriah kemungkinan berlangsung Kamis (2/5/13) atau Jumat (3/5/13), tetapi jet tempur Israel tersebut tidak memasuki kawasan udara Suriah.

Seorang juru bicara kedutaan Israel di Washington menolak untuk memberikan komentar mengenai laporan ini.

Tetapi juru bicara ini - dikutip kantor berita Reuters - menambahkan: ''Apa yang kami bisa katakan adalah, bahwa Israel bertekad untuk mencegah pengiriman senjata kimia atau persenjataan lainnya yang bisa mengubah permainan oleh rezim Suriah ke kelompok teroris, terutama Hisbullah di Lebanon.''

Sementara itu duta besar Suriah untuk PBB mengatakan dia tidak mengetahui bahwa ada serangan Israel yang berlangsung di negaranya.

Sedangkan, kantor berita nasional Lebanon mengutip seorang juru bicara militer Lebanon yang mengatakan ''dua jet tempur Israel melanggar kawasan udara Lebanon di kawasan selatan kota Rmeish,'' Jumat kemarin.

Disebutkan ''pesawat musuh terbang berputar di seluruh kawasan Lebanon, dan kemudian pergi''.

Awal pekan ini, Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon mengumumkan bahwa Israel meluncurkan serangan udara pada Januari lalu ke Suriah.

Dia mengatakan bahwa pengiriman senjata yang canggih ke kelompok militan radikal seperti Hisbullah adalah sebuah garis merah bagi Israel, dan Israel akan bertindak saat garis itu dilanggar. (bbc/A-88)***

Baca Juga

Tambang Emas Ambruk, 15 Orang Hilang

LUAR NEGERI
SANAK keluarga yang menanti nasib keluarga mereka yang belum ketahuan nasibnya.*

BOGOTA, (PRLM).- Para petugas penyelamat terus berusaha menjangkau setidaknya 15 penambang yang terperangkap di pertambangan emas yang dilanda banjir di barat-laut Kolombia.

Pertambangan rubuh akibat banjir yang disebabkan pengeboran lubang-lubang untuk mengekstrak mineral.

AS Desak Negara Asia Tenggara Selamatkan Migran

LUAR NEGERI

WASHINGTON, (PRLM).- Amerika mendesak negara-negara Asia Tenggara agar bekerja sama untuk menyelamatkan nyawa para pengungsi Rohingya dan migran Bangladesh yang terdampar di laut.

Mesir Jatuhkan Hukuman Mati Kepada Presiden Terguling Mohammed Morsi

LUAR NEGERI

KAIRO, (PRLM).- Sebuah pengadilan Mesir menjatuhkan hukuman mati kepada Presiden terguling Mohammed Morsi. Keputusan itu diumumkan hari Sabtu (16/5/2015) di Kairo.

Jepang akan Perkuat Hubungan dengan 16 Negara Kepulauan di Pasifik

LUAR NEGERI

TOKYO, (PRLM).- Para pemimpin Jepang dan 16 negara kepulauan di Pasifik akan bertemu pekan ini di Provinsi Fukushima. Mereka akan membahas kerja sama dalam hal-hal seperti mitigasi bencana alam dan pengembangan sumber daya manusia.