Media AS, Jet Tempur Israel Serang Suriah

WASHINGTON, (PRLM).- Sejumlah laporan di media AS menyebutkan jet tempur Israel melancarkan serangan udara ke Suriah.

Laporan yang mengutip seorang pejabat AS yang dirahasiakan namanya, mengatakan serangan tersebut menargetkan sebuah gudang senjata yang diindikasikan akan dikirim ke Hisbullah, Lebanon.

Sejauh ini belum ada konfirmasi dari Israel maupun pemerintah Suriah terkait insiden ini.

Seorang pejabat AS yang dirahasiakan namanya mengatakan serangan udara Israel ke Suriah kemungkinan berlangsung Kamis (2/5/13) atau Jumat (3/5/13), tetapi jet tempur Israel tersebut tidak memasuki kawasan udara Suriah.

Seorang juru bicara kedutaan Israel di Washington menolak untuk memberikan komentar mengenai laporan ini.

Tetapi juru bicara ini - dikutip kantor berita Reuters - menambahkan: ''Apa yang kami bisa katakan adalah, bahwa Israel bertekad untuk mencegah pengiriman senjata kimia atau persenjataan lainnya yang bisa mengubah permainan oleh rezim Suriah ke kelompok teroris, terutama Hisbullah di Lebanon.''

Sementara itu duta besar Suriah untuk PBB mengatakan dia tidak mengetahui bahwa ada serangan Israel yang berlangsung di negaranya.

Sedangkan, kantor berita nasional Lebanon mengutip seorang juru bicara militer Lebanon yang mengatakan ''dua jet tempur Israel melanggar kawasan udara Lebanon di kawasan selatan kota Rmeish,'' Jumat kemarin.

Disebutkan ''pesawat musuh terbang berputar di seluruh kawasan Lebanon, dan kemudian pergi''.

Awal pekan ini, Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon mengumumkan bahwa Israel meluncurkan serangan udara pada Januari lalu ke Suriah.

Dia mengatakan bahwa pengiriman senjata yang canggih ke kelompok militan radikal seperti Hisbullah adalah sebuah garis merah bagi Israel, dan Israel akan bertindak saat garis itu dilanggar. (bbc/A-88)***

Baca Juga

Punya Kekebalan, Diplomat Pembunuh Kim tak Bisa Ditangkap

KUALA LUMPUR, (PR).- Sejumlah detektif Malaysia, Kamis 23 Februari 2017, telah meminta keterangan kepada tiga orang yang diduga terkait dengan pembunuhan Kim Jong Nam, termasuk wanita asal Vietnam dan Indonesia, serta seorang pria Korea Ut

BEKAS Presiden Mesir, Hosni Mubarak duduk dalam kurungan di ruang sidang di Kairo, Mesir, Sabtu (2/6/12). Foto diambil dari tayangan televisi Mesir dan Hakim menjatuhkan vonis penjara seumur hidup menyusul aksi pembunuhan para pengunjuk rasa yang mengakhi

Mubarak Jalani Sidang Pembunuhan Demonstran

KAIRO, (PR).- Mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak (88) kembali menjalani sidang terkait dakwaan pembunuhan yang dlakukannya terhadap demonstran Arab Spring 2011 lalu.

WNI Terlibat Rencana Komplotan Penyerangan Keluarga Raja Saudi

KUALA LUMPUR, (PR).- Polisi Malaysia menggagalkan serangan terhadap keluarga kerajaan Arab Saudi yang sedang melakukan tur Asia. Malaysia menangkap tujuh militan, di antaranya empat warga Yaman, dua warga Malaysia dan satu WNI.