Media AS, Jet Tempur Israel Serang Suriah

LUAR NEGERI

WASHINGTON, (PRLM).- Sejumlah laporan di media AS menyebutkan jet tempur Israel melancarkan serangan udara ke Suriah.

Laporan yang mengutip seorang pejabat AS yang dirahasiakan namanya, mengatakan serangan tersebut menargetkan sebuah gudang senjata yang diindikasikan akan dikirim ke Hisbullah, Lebanon.

Sejauh ini belum ada konfirmasi dari Israel maupun pemerintah Suriah terkait insiden ini.

Seorang pejabat AS yang dirahasiakan namanya mengatakan serangan udara Israel ke Suriah kemungkinan berlangsung Kamis (2/5/13) atau Jumat (3/5/13), tetapi jet tempur Israel tersebut tidak memasuki kawasan udara Suriah.

Seorang juru bicara kedutaan Israel di Washington menolak untuk memberikan komentar mengenai laporan ini.

Tetapi juru bicara ini - dikutip kantor berita Reuters - menambahkan: ''Apa yang kami bisa katakan adalah, bahwa Israel bertekad untuk mencegah pengiriman senjata kimia atau persenjataan lainnya yang bisa mengubah permainan oleh rezim Suriah ke kelompok teroris, terutama Hisbullah di Lebanon.''

Sementara itu duta besar Suriah untuk PBB mengatakan dia tidak mengetahui bahwa ada serangan Israel yang berlangsung di negaranya.

Sedangkan, kantor berita nasional Lebanon mengutip seorang juru bicara militer Lebanon yang mengatakan ''dua jet tempur Israel melanggar kawasan udara Lebanon di kawasan selatan kota Rmeish,'' Jumat kemarin.

Disebutkan ''pesawat musuh terbang berputar di seluruh kawasan Lebanon, dan kemudian pergi''.

Awal pekan ini, Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon mengumumkan bahwa Israel meluncurkan serangan udara pada Januari lalu ke Suriah.

Dia mengatakan bahwa pengiriman senjata yang canggih ke kelompok militan radikal seperti Hisbullah adalah sebuah garis merah bagi Israel, dan Israel akan bertindak saat garis itu dilanggar. (bbc/A-88)***

Baca Juga

Sejumlah Pejabat Penjara Diduga Bantu Kaburnya Guzman

LUAR NEGERI

MEKSIKO, (PRLM).- Menteri dalam negeri Meksiko, Miguel Angel Osorio Chong mengatakan sejumlah pejabat penjara Altiplano diduga terlibat membantu Guzman kabur dari penjara.

Tiga pejabat penjara senior, termasuk direktur penjara, telah diberhentikan akibat kasus ini.

Obama Temui Perempuan Veteran Tertua di Amerika

LUAR NEGERI

WASHINGTON, (PRLM).- Presiden Barack Obama membuka kantornya di Ruang Oval bagi perempuan berusia 110 tahun dari Detroit yang diyakini sebagai veteran tertua di Amerika Serikat.

Mantan Presiden AS Keluar dari Rumah Sakit

LUAR NEGERI

WASHINGTON, (PRLM).- Mantan presiden AS George HW Bush telah diizinkan pulang dari rumah sakit di Maine, empat hari setelah ia jatuh dan salah satu tulang di lehernya patah.

AS dan Turki Berupaya Jalin Kerja Sama Lebih Erat

LUAR NEGERI

ISTANBUL, (PRLM).- Perbedaan pendapat mengenai kebijakan terhadap Suriah telah mengakibatkan ketegangan antara Turki dan Amerika, dua negara sekutu. Namun para analis melihat ada tanda-tanda kedua pihak bisa mulai bekerja sama dengan lebih erat dalam melawan Negara Islam (ISIS).