Media AS, Jet Tempur Israel Serang Suriah

LUAR NEGERI

WASHINGTON, (PRLM).- Sejumlah laporan di media AS menyebutkan jet tempur Israel melancarkan serangan udara ke Suriah.

Laporan yang mengutip seorang pejabat AS yang dirahasiakan namanya, mengatakan serangan tersebut menargetkan sebuah gudang senjata yang diindikasikan akan dikirim ke Hisbullah, Lebanon.

Sejauh ini belum ada konfirmasi dari Israel maupun pemerintah Suriah terkait insiden ini.

Seorang pejabat AS yang dirahasiakan namanya mengatakan serangan udara Israel ke Suriah kemungkinan berlangsung Kamis (2/5/13) atau Jumat (3/5/13), tetapi jet tempur Israel tersebut tidak memasuki kawasan udara Suriah.

Seorang juru bicara kedutaan Israel di Washington menolak untuk memberikan komentar mengenai laporan ini.

Tetapi juru bicara ini - dikutip kantor berita Reuters - menambahkan: ''Apa yang kami bisa katakan adalah, bahwa Israel bertekad untuk mencegah pengiriman senjata kimia atau persenjataan lainnya yang bisa mengubah permainan oleh rezim Suriah ke kelompok teroris, terutama Hisbullah di Lebanon.''

Sementara itu duta besar Suriah untuk PBB mengatakan dia tidak mengetahui bahwa ada serangan Israel yang berlangsung di negaranya.

Sedangkan, kantor berita nasional Lebanon mengutip seorang juru bicara militer Lebanon yang mengatakan ''dua jet tempur Israel melanggar kawasan udara Lebanon di kawasan selatan kota Rmeish,'' Jumat kemarin.

Disebutkan ''pesawat musuh terbang berputar di seluruh kawasan Lebanon, dan kemudian pergi''.

Awal pekan ini, Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon mengumumkan bahwa Israel meluncurkan serangan udara pada Januari lalu ke Suriah.

Dia mengatakan bahwa pengiriman senjata yang canggih ke kelompok militan radikal seperti Hisbullah adalah sebuah garis merah bagi Israel, dan Israel akan bertindak saat garis itu dilanggar. (bbc/A-88)***

Baca Juga

KJRI Jeddan Adakan Aksi Sosial Donor Darah

LUAR NEGERI
KEGIATAN donor darah yang dilaksanakan di Kantor KJRI Jeddah terselenggara berkat kerja sama antara KJRI Jeddah dengan Kementerian Kesehatan Arab Saudi.*

JEDDAH, (PRLM).- Dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, KJRI Jeddah melalui kepanitiaan HUT ke-70 RI, menggelar bakti sosial berupa kegiatan donor darah.

Dua Serangan Mematikan di Tunisia Berkaitan

LUAR NEGERI

LONDON, (PRLM).- Polisi Inggris mengatakan terdapat kaitan "kuat" antara pembantaian di pantai Tunisia pada bulan Juni dengan pembunuhan di Museum Bardo di ibukota negara itu pada bulan Maret.

Puing yang Ditemukan di Reunion Dianalisis Lebih Dalam

LUAR NEGERI

​KUALA LUMPUR, (PRLM).- Kepastian soal puing yang ditemukan di Reunion itu milik MH370 didapatkan setelah para pakar internasional menganalisis benda tersebut di laboratorium di kota Toulouse, Prancis.

Polisi Swiss Identifikasi Mayat 2 Pendaki Jepang

LUAR NEGERI

BERN, (PRLM).- Polisi Swiss mengatakan Kamis (6/8/2015) bahwa mereka telah mengidentifikasi sisa mayat dua orang pendaki Jepang yang hilang 45 tahun yang lalu, beberapa bulan setelah tulang-belulang mereka ditemukan di lapisan es di bawah pegunungan Matterhorn.