Media AS, Jet Tempur Israel Serang Suriah

LUAR NEGERI

WASHINGTON, (PRLM).- Sejumlah laporan di media AS menyebutkan jet tempur Israel melancarkan serangan udara ke Suriah.

Laporan yang mengutip seorang pejabat AS yang dirahasiakan namanya, mengatakan serangan tersebut menargetkan sebuah gudang senjata yang diindikasikan akan dikirim ke Hisbullah, Lebanon.

Sejauh ini belum ada konfirmasi dari Israel maupun pemerintah Suriah terkait insiden ini.

Seorang pejabat AS yang dirahasiakan namanya mengatakan serangan udara Israel ke Suriah kemungkinan berlangsung Kamis (2/5/13) atau Jumat (3/5/13), tetapi jet tempur Israel tersebut tidak memasuki kawasan udara Suriah.

Seorang juru bicara kedutaan Israel di Washington menolak untuk memberikan komentar mengenai laporan ini.

Tetapi juru bicara ini - dikutip kantor berita Reuters - menambahkan: ''Apa yang kami bisa katakan adalah, bahwa Israel bertekad untuk mencegah pengiriman senjata kimia atau persenjataan lainnya yang bisa mengubah permainan oleh rezim Suriah ke kelompok teroris, terutama Hisbullah di Lebanon.''

Sementara itu duta besar Suriah untuk PBB mengatakan dia tidak mengetahui bahwa ada serangan Israel yang berlangsung di negaranya.

Sedangkan, kantor berita nasional Lebanon mengutip seorang juru bicara militer Lebanon yang mengatakan ''dua jet tempur Israel melanggar kawasan udara Lebanon di kawasan selatan kota Rmeish,'' Jumat kemarin.

Disebutkan ''pesawat musuh terbang berputar di seluruh kawasan Lebanon, dan kemudian pergi''.

Awal pekan ini, Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon mengumumkan bahwa Israel meluncurkan serangan udara pada Januari lalu ke Suriah.

Dia mengatakan bahwa pengiriman senjata yang canggih ke kelompok militan radikal seperti Hisbullah adalah sebuah garis merah bagi Israel, dan Israel akan bertindak saat garis itu dilanggar. (bbc/A-88)***

Baca Juga

Pentagon: Kesalahan Pengiriman Antraks Hidup Lebih Parah

LUAR NEGERI

PRLM - Departemen Pertahanan AS atau Pentagon mengatakan kasus spora hidup antraks yang secara tidak sengaja dikirim ke laboratorium komersil dan militer di Amerika dan di luar negeri lebih parah dari yang dilaporkan semula.

Italia Menahan Puluhan Orang Terkait Mafia Pusat Migran

LUAR NEGERI

ROMA, (PRLM).- Polisi di Italia menangkap 44 orang terkait pemalsuan kontrak pemerintah untuk menjalankan pusat penerimaan migran.

Politikus setempat adalah sebagian dari orang yang ditangkap setelah sebuah penyelidikan mengungkap terjadinya korupsi yang meluas.

Putri Pangeran William Dibaptis 5 Juli Mendatang

LUAR NEGERI

LONDON, (PRLM).- Putri Charlotte, anak Pangeran William dan Kate Middleton akan dibaptis pada 5 Juli 2015, demikian keterangan yang dikeluarkan Istana Kensington.

Upacara ini akan dipimpin oleh Uskup Agung Canterbury Justin Welby, kata Istana.

Pengadilan Mesir: Hamas Bukan Organisasi Teroris

LUAR NEGERI

KAIRO, (PRLM).- Pengadilan Mesir membatalkan putusan oleh pengadilan lain di negara itu yang menyatakan faksi Hamas yang memerintah di Gaza sebagai organisasi teroris.

Belum ada reaksi hari Sabtu (6/6), baik dari pemerintah Mesir maupun Hamas.