Topeng "Iron Man" yang Memberi Pendengaran dan Penglihatan Super

ROYAL COLLEGE OF ART/"PRLM"
ROYAL COLLEGE OF ART/"PRLM"
PURWARUPA dari Eidos, topeng yang dapat meningkatkan penglihatan dan pendengaran pemakainya.*

LONDON, (PRLM).- Sebuah topeng superhero dalam kehidupan nyata yang dapat meningkatkan penglihatan dan pendengaran pemakainya telah dibuat.

Topeng ini karya mahasiswa di Royal College of Art, Inggris yang mengandung sensor untuk meningkatkan penglihatan dan pendengaran seseorang.

Tim di balik topeng "Iron Man" ini berharap topeng bisa diproduksi untuk membantu atlet meningkatkan permainannya dan digunakan dalam proyek-proyek seni.

Ada dua topeng saat ini, salah satu meningkatkan pendengaran dan satunya lagi untuk penglihatan.

Komponen topeng ini memiliki kemampuan untuk mengisolasi suara dalam kerumunan dan memfokuskan pada satu suara sasaran.

Para peneliti mengatakan ini bisa dikembangkan sebagai alat bantu dengar, atau bahkan membantu penderita ADHD.

Eidos, demikian nama topeng itu, memiliki manfaat kesehatan di mana dapat digunakan untuk meningkatkan sinyal sensorik yang melemah karena penuaan atau cacat.

Sebagai contoh, dapat membantu penderita ADHD yang sering merasa sulit untuk berkonsentrasi di lingkungan yang bising dan mengganggu. Eidos memungkinkan mereka fokus pada pembicaraan atau percakapan yang benar-benar perlu, memberikan alternatif untuk obat-obatan seperti Ritalin.

Komponen visor-nya memiliki kamera tertanam yang mentransmisikan data visual ke komputer dan mengirimkannya kembali ke visor, yang kemudian menampilkan informasi video dengan perangkat tambahan yang membantu pengguna mendeteksi pola gerakan.

"Arah yang paling menjanjikan saat ini bagi Eidos adalah dalam analisis olahraga dan seni pertunjukan," kata Tim Bouckley dari Royal College of Art, seperti dilansir Daily Mail.

"Kami juga tertarik pada aplikasi kesehatan terutama untuk tuna rungu. Namun pengujian itu sulit karena ada peraturan yang jauh lebih besar dalam industri kesehatan, yang berarti ini adalah tujuan jangka panjang untuk Eidos," ujarnya. (Aya/A-107)***

Komentari di Facebook !