Bank Dunia Dukung Ekspansi Air Minum

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Bank Dunia menambah pendanaan untuk projek Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas 2). Projek ini ditargetkan menyediakan fasilitas air minum dan sanitasi bagi 11,6 juta warga Indonesia.

Sebagaimana siaran pers yang diterima “PRLM” di Jakarta, Jumat (3/5) disebutkan, sejak 2006, Bank Dunia telah mendukung projek Pamsimas 2 atau projek Third Water Supply and Sanitation for Low Income Communities (WSSLIC-3) sebagai upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan akses terhadap air minum dan sanitasi, serta meningkatkan kesehatan dan perilaku higenis.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia Stefan G. Koeberle menuturkan, dengan mendukung ekspansi projek ini, Bank Dunia berharap bisa menggandakan cakupan Pamsimas 2 dari 15 provinsi ke 32 provinsi.

“Dan juga menambah jumlah keluarga yang akan menerima manfaat sanitasi lebih baik,” ujarnya.

Dijelaskan dia, salah satu kunci keberhasilan projek ini adalah pendekatan berbasis masyarakat yang terus didukung Bank Dunia.

Dalam siaran pers itu juga disebutkan bahwa fasilitas sanitasi yang buruk dapat melemahkan sebuah komunitas karena bisa menurunkan kesehatan publik dan membatasi potensi pertumbuhan ekonomi.

Dua dari empat penyebab kematian di bawah usia lima tahun terbesar, yakni diare dan tipus, merupakan penyakit yang tersebar karena kotoran dan timbul akibat keterbatasan air bersih, fasilitas sanitasi, dan perilaku higenis.

Pamsimas 2 melengkapi program “Air untuk Semua” yang dikelola Kementerian Pekerjaan Umum, serta program “Sanitasi Total Berbasis Masyarakat” di bawah Kementerian Kesehatan. (A-94/A-26).***

Baca Juga

Gubernur Jakarta Minta Pendatang Baru Harus Ikuti Aturan

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Arus urbanisasi menjadi pemandangan umum pasca Hari Raya Idul Fitri dan ibukota Jakarta menjadi magnet utama para pencari peruntungan.

Serah Terima Jabatan Panglima Kostrad

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono secara resmi menyerahkan jabatan panglima Kostrad kepada Mayjen TNI Edy Rahmayadi. Upacara serah terima jabatan ini berlangsung di Lapangan Hitam, Markas Divisi Infanteri 1 Kostrad Cilodong, Depok, Jum’at 31 Juli 2015.

Hari Keluarga Nasional

Bonus Demografi Ibarat Pedang Bermata Dua

NASIONAL

TANGERANG SELATAN, (PRLM).- Indonesia diprediksikan mendapatkan bonus demografi tahun 2020-2030. Penduduk usia produktif sangat besar. Sementara usia muda dan usia lanjut tidak banyak.

Muktamar Ke-47 Muhammadiyah

Jokowi Puji Peran Muhammadiyah

NASIONAL
Jokowi Puji Peran Muhammadiyah

MAKASSAR, (PRLM).- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyanjung peran Muhammadiyah dalam berbagai sektor sosial, ekonomi, kesehatan, dan pendidikan.