Bank Dunia Dukung Ekspansi Air Minum

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Bank Dunia menambah pendanaan untuk projek Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas 2). Projek ini ditargetkan menyediakan fasilitas air minum dan sanitasi bagi 11,6 juta warga Indonesia.

Sebagaimana siaran pers yang diterima “PRLM” di Jakarta, Jumat (3/5) disebutkan, sejak 2006, Bank Dunia telah mendukung projek Pamsimas 2 atau projek Third Water Supply and Sanitation for Low Income Communities (WSSLIC-3) sebagai upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan akses terhadap air minum dan sanitasi, serta meningkatkan kesehatan dan perilaku higenis.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia Stefan G. Koeberle menuturkan, dengan mendukung ekspansi projek ini, Bank Dunia berharap bisa menggandakan cakupan Pamsimas 2 dari 15 provinsi ke 32 provinsi.

“Dan juga menambah jumlah keluarga yang akan menerima manfaat sanitasi lebih baik,” ujarnya.

Dijelaskan dia, salah satu kunci keberhasilan projek ini adalah pendekatan berbasis masyarakat yang terus didukung Bank Dunia.

Dalam siaran pers itu juga disebutkan bahwa fasilitas sanitasi yang buruk dapat melemahkan sebuah komunitas karena bisa menurunkan kesehatan publik dan membatasi potensi pertumbuhan ekonomi.

Dua dari empat penyebab kematian di bawah usia lima tahun terbesar, yakni diare dan tipus, merupakan penyakit yang tersebar karena kotoran dan timbul akibat keterbatasan air bersih, fasilitas sanitasi, dan perilaku higenis.

Pamsimas 2 melengkapi program “Air untuk Semua” yang dikelola Kementerian Pekerjaan Umum, serta program “Sanitasi Total Berbasis Masyarakat” di bawah Kementerian Kesehatan. (A-94/A-26).***

Baca Juga

Tekad Tim Shelter Rohingya: Selesai Sebelum Ramadhan

NASIONAL
Tekad Tim Shelter Rohingya: Selesai Sebelum Ramadhan

ACEH,(PRLM).-‎Tim Kemanusiaan ACT untuk Rohingya di Aceh Utara bergegas menyiapkan integrated community shelter (ICS) Rohingya, begitu Pemkab Aceh Utara memberi kabar kepastian menyediakan lahan.

Dirjianstraops, "Biasakan Peduli, Kenali, dan Atasi"

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Direktur Strategi dan Operasi Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Dirjianstraops) Kolonel Laut (P) Samsudin Safari Panjaitan, M.Si (Han) berbagi metode cara berpikir dan cara bertindak yang bisa diaplikasikan, diimplementasikan dalam kehidupan bekerja dan juga dalam kehidupa

Satgas Pamtas RI-RDTL Adakan Donor Darah

NASIONAL

BELU, (PRLM).- Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 514/R Kostrad kembali menggelar kegiatan donor darah massal selama bertugas di Atambua, Kabupaten Belu. Kegiatan donor yang diselenggarakan, dibarengi dengan kegiatan penyuluhan narkoba dan sosialisasi BPJS.

Dompet Dhuafa Targetkan Himpun Rp 80 Miliar

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Lembaga zakat Dompet Dhuafa menargetkan penghimpunan dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf (Ziswaf) dapat mencapai Rp 80 Miliar di bulan Ramadhan 1436 Hijriah. Target ini dicanangkan atas dasar tren setiap tahunnya di mana penghimpunan zakat terus meningkat setiap Ramadhan.