Kabupaten Pangandaran Kekurangan Guru

PENDIDIKAN

PANGANDARAN,(PRLM).-Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Pangandaran masih kekurangan guru. Guru yang kini berjumlah 3.000, dianggap masih belum memadai.

Wakil Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Ciamis Saprudin mengatakan, untuk sekolah yang ada di 10 kecamatan, jumlah guru tersebut masih jauh dari cukup.

“Jumlah guru yang ada kini di Kabupaten Pangandaran sekitar 3.000. Jelas itu masih kurang,” ucapnya, ketika ditemui seusai upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di Lapangan upacara Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Kamis (2/5/2013).

Dikatakan dia, kekurangan guru di setiap sekolah yaitu dua. Guru tersebut rata-rata untuk guru agama dan guru olahraga.

Kekurangan itu dikarenakan belum adanya pengangkatan baru. Juga ada guru yang pensiun. Sedangkan untuk pengangkatan, Saprudin menjelaskan kebijakannya berada di pusat.

Tidak hanya guru. Penjaga sekolah pun masih kurang. Sebab, penjaga sekolah dianggap dia perlu.

“Mungkin saat ini di setiap kecamatan hanya ada satu sekolah yang memiliki penjaga sekolah,” ujarnya.

Lebih lanjut Saprudin mengatakan, secara umum tingkat pendidikan masyarakat Kabupaten Pangandaran hanya menimba ilmu hingga jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Tetapi, ada juga yang mereka melanjutkan pendidikannya hingga S2 dan S3. Namun secara umum hanya sampai SMP,” ujarnya. (A-195/A-107)***

Baca Juga

Ujian Nasional 2015

Target Kelulusan Peserta UN SMP di Subang, 100 Persen

PENDIDIKAN

SUBANG, (PRLM).-Dinas Pendidikan Kabupaten Subang menargetkan ujian nasional tingkat SMP dan sederajat di Kabupaten Subang kelulusannya bisa mencapai 100 persen. Rencananya UN SMP tersebut yang akan mulai digelar, Senin (4/5/2015) dan diikuti 26.661 peserta.

Tunjangan Guru Non-PNS di Kemenag 8 Bulan Belum Cair

PENDIDIKAN

CIANJUR, (PRLM).- Ribuan guru non-Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur resah menyusul belum cairnya Tunjangan Profesi Guru (TPG) selama delapan bulan terakhir.

DPRD Desak Disdik Tanamkan Bela Negara pada Pelajar

PENDIDIKAN

SUKABUMI, (PRLM).- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sukabumi, Muslikh Abdussyukur, Kamis (7/5/2015) mendesak agar Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Sukabumi untuk kembali menggelorakan semangat program bela negara kepada pelajar.