Kabupaten Pangandaran Kekurangan Guru

PANGANDARAN,(PRLM).-Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Pangandaran masih kekurangan guru. Guru yang kini berjumlah 3.000, dianggap masih belum memadai.

Wakil Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Ciamis Saprudin mengatakan, untuk sekolah yang ada di 10 kecamatan, jumlah guru tersebut masih jauh dari cukup.

“Jumlah guru yang ada kini di Kabupaten Pangandaran sekitar 3.000. Jelas itu masih kurang,” ucapnya, ketika ditemui seusai upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di Lapangan upacara Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Kamis (2/5/2013).

Dikatakan dia, kekurangan guru di setiap sekolah yaitu dua. Guru tersebut rata-rata untuk guru agama dan guru olahraga.

Kekurangan itu dikarenakan belum adanya pengangkatan baru. Juga ada guru yang pensiun. Sedangkan untuk pengangkatan, Saprudin menjelaskan kebijakannya berada di pusat.

Tidak hanya guru. Penjaga sekolah pun masih kurang. Sebab, penjaga sekolah dianggap dia perlu.

“Mungkin saat ini di setiap kecamatan hanya ada satu sekolah yang memiliki penjaga sekolah,” ujarnya.

Lebih lanjut Saprudin mengatakan, secara umum tingkat pendidikan masyarakat Kabupaten Pangandaran hanya menimba ilmu hingga jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Tetapi, ada juga yang mereka melanjutkan pendidikannya hingga S2 dan S3. Namun secara umum hanya sampai SMP,” ujarnya. (A-195/A-107)***

Baca Juga

Guru di Kabupaten Bandung Terbanyak di Indonesia

JAKARTA, (PR).- Jumlah guru di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang mencapai 11.657 guru menjadi yang terbanyak se-Indonesia untuk tingkat kabupaten/kota, sedangkan Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat, paling sedikit yakni 42 guru.

UNBK 2017, Peran Guru TIK Sangat Diandalkan

BANDUNG, (PR).- Bidang Pendidikan Menengah Umum Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Rakor "Revitalisasi Musyawarah Guru TIK Jawa Barat dalam Mendukung Program Dinas Provinsi Jawa Barat Terkait Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi", Jumat 27

Riset Peternakan Bisa Percepat Kemandirian Pangan

JAKARTA, (PR).- Implementasi hasil riset dan teknologi pada sektor peternakan akan mempercepat kemandirian pangan nasional terutama untuk mewujudkan target swasembada daging.

Cerita Menteri Susi dan Penghargaan ITB

BANDUNG, (PR).- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tidak pernah lupa cerita unik saat dirinya meraih penghargaan Ganesha Widya Jasa Aditama Award dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Penghargaan tersebut diterimanya pada 2011 lalu.