Ketua Umum HLKI, Firman Turmantara:

Pemerintah Lambat Tetapkan Harga BBM

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Ketua Umum Himpunan Lembaga Konsumen Indonesia (HLKI), Firman Turmantara mengatakan, lamanya keputusan pemerintah dalam menetapkan harga BBM akan memiliki dampak negatif yang merugikan masyarakat.

“Pertama, hal ini akan meresahkan dan menimbulkan ketidakpastian di kalangan konsumen yakni masyarakat luas,” katanya di Jakarta, Rabu.

Selanjutnya, Firman memandang, adanya waktu jeda dalam menunggu kepastian kenaikan harga BBM dapat dimanfaatkan pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menimbun komoditas tersebut. “Para spekulan akan mengambil risiko untuk melakukan penimbunan. Masa – masa sekarang adalah waktu yang tepat bagi mereka untuk membeli BBM dengan harga yang masih rendah,” katanya.

Menurut Firman, hal tersebut akan diperparah dengan kemungkinan adanya kelangkaan BBM karena maraknya praktik penimbunan. “Saat ini saja kelangkaan sudah terjadi di sejumlah tempat. Bukan tidak mungkin hal itu terjadi karena adanya praktik penimbunan yang memang belum terdeteksi,” katanya.

Ia memandang, semestinya bila memang belum siap untuk mengambil keputusan, pemerintah tidak perlu berwacana mengenai kenaikan BBM. “Sebab, efek psikologis terhadap masyarakat sangat besar. Wacana kenaikan BBM saja sudah menimbulkan dampak yang luar biasa, apalagi wacana ini dilontarkan langsung oleh presiden. Tentu akan lebih berdampak luas,” kata Firman. (A – 207/A-26)***

Baca Juga

LBH Pajak Kritisi Kinerja Plt Dirjen Pajak

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- LBH Pajak dan Cukai mengkritisi kinerja Plt Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Ken Dwijugiasteadi.

KUR BNI Tahun 2016 Disalurkan Lebih Cepat

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI optimis penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada tahun 2016 akan terealisasi lebih cepat dengan turunnya suku bunga KUR menjadi 9%. BNI memperkirakan, penyaluran KUR tahun 2016 mencapai lebih dari Rp 10 triliun.

Jokowi Ingin Transportasi Massal Ada di Kota Lain

EKONOMI

JAKARTA, (PRLM).- Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat sore (15/1/2016) memimpin Rapat Terbatas (ratas) mengenai kereta api cepat Jakarta-Bandung.

Pedagang Onderdil Banceuy Melayani Pembeli

EKONOMI
PEDAGANG onderdil Banceuy melayani pembeli, di Jalan Banceuy, Kota Bandung, Senin (18/2/2106). Pusat penjualan onderdil kendaraan di kawasan tersebut menjual berbagai macam kebutuhan kendaraan bahkan yang sudah langka sekalippun, sehingga hingga kini kebe