Pemerintah Lambat Tetapkan Harga BBM

JAKARTA, (PRLM).- Ketua Umum Himpunan Lembaga Konsumen Indonesia (HLKI), Firman Turmantara mengatakan, lamanya keputusan pemerintah dalam menetapkan harga BBM akan memiliki dampak negatif yang merugikan masyarakat.

“Pertama, hal ini akan meresahkan dan menimbulkan ketidakpastian di kalangan konsumen yakni masyarakat luas,” katanya di Jakarta, Rabu.

Selanjutnya, Firman memandang, adanya waktu jeda dalam menunggu kepastian kenaikan harga BBM dapat dimanfaatkan pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menimbun komoditas tersebut. “Para spekulan akan mengambil risiko untuk melakukan penimbunan. Masa – masa sekarang adalah waktu yang tepat bagi mereka untuk membeli BBM dengan harga yang masih rendah,” katanya.

Menurut Firman, hal tersebut akan diperparah dengan kemungkinan adanya kelangkaan BBM karena maraknya praktik penimbunan. “Saat ini saja kelangkaan sudah terjadi di sejumlah tempat. Bukan tidak mungkin hal itu terjadi karena adanya praktik penimbunan yang memang belum terdeteksi,” katanya.

Ia memandang, semestinya bila memang belum siap untuk mengambil keputusan, pemerintah tidak perlu berwacana mengenai kenaikan BBM. “Sebab, efek psikologis terhadap masyarakat sangat besar. Wacana kenaikan BBM saja sudah menimbulkan dampak yang luar biasa, apalagi wacana ini dilontarkan langsung oleh presiden. Tentu akan lebih berdampak luas,” kata Firman. (A – 207/A-26)***

Baca Juga

Pengelolaan SDM BPJS Ketenagakerjaan Dinilai Terbaik

JAKARTA, (PR).- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan berhasil meraih penghargaan Indonesia Human Capital Award (IHCA) II 2016 dengan predikat ”The Best Human Capital for Government Insurance Company”.

Beli 30 Helikopter, Whitesky Perkuat Layanan Taksi Udara

JAKARTA, (PR).- Lalu lintas Jakarta-Bandung dan sebaliknya ke depan, dipastikan akan semakin mudah dan pilihan moda transportasinya pun semakin banyak. Selain adanya kereta api cepat yang proyeknya mulai berjalan, layanan taksi udara antara kedua kota besar itu akan semakin ramai.

Utang Kartu Kredit di Amerika Hampir $1 Triliun

NEW YORK, (PR).- Menurut studi CardHub.com yang dilansir VOA, perusahaan yang melacak isu-isu keuangan konsumen, utang kartu kredit di Amerika Serikat hampir mencapai US$1 triliun.

Jika angka tersebut belum cukup drastis, data berikut ini juga berasal dari studi Card-Hub bulan lalu:

Pemerintah Berlakukan Cukai untuk Botol Minuman Plastik

JAKARTA, (PR).- Pemerintah akan memberlakukan cukai kemasan plastik dalam bentuk botol minuman mulai tahun ini. Target penerimaan cukai tersebut akan masuk dalam rencana anggaran pendapatan dan belanja nasional 2016 yang sedang dibahas di Dewan Perwakilan Rakyat minggu ini.