Prodi Ilmu Ekonomi dan Keuangan Syariah UPI, Pelopor Reformasi Pendidikan Ekonomi

PENDIDIKAN

BANDUNG,(PRLM).- Dekan Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) Universitas Pendidikan Indonesia Dr. Edi Suryadi, M.Si. mengatakan pembukaan program studi Ilmu Ekonomi dan Keuangan Syariah diharapkan akan menjadi salah satu keunggulan sekaligus pembeda fakultas FPEB UPI dengan fakultas ekonomi di perguruan tinggi lainnya. Prodi Ilmu Ekonomi dan Keuangan Syariah ini dibuka tidak hanya didasarkan pada pemikiran yang pragmatis. Akan tetapi didasarkan pada hasil kajian akademik dan kajian empiris yang sangat serius selama kurun waktu empat tahun ke belakang.

“Dengan dibukanya prodi baru ini dapat menjadi pelopor di dalam mereformasi pendidikan ilmu ekonomi baik di perguruan tinggi maupun di tingkat sekolah,” kata Edi di Auditorium JICA FPMIPA UPI, Jln. Dr. Setiabudhi, Bandung, Rabu (1/5/2013).

Dia juga mengemukakan keseriusan dari prodi Ilmu Ekonomi dan Keuangan Syariah untuk menunjang proses pembelajaran maka secara bersamaan dibuka juga Laboratorium Perbankan Syariah dalam bentuk payment point walaupun masih bersifat off line. Lab ini akan beroperasi secara riil dalam arti transaksi perbankan sesungguhnya.

“Fakultas telah mengambil kebijakan mengenai dosen dan mahasiswa FPEB diwajibkan memiliki rekening di Laboratorium Perbankan Syariah ini. Pada akhirnya dalam lab ini akan terjadi proses pembelajaran yang nyata,” ujar Edi.

Tujuannya, lanjutnya, agar para lulusan dapat mengetahui dan mengalami sendiri sistem dan mekanisme kerja Perbankan Syariah. Ketika bekerja nanti sudah siap pakai.

Selain acara launching prodi Ilmu Ekonomi dan Keuangan Syariah juga diselenggarakan kuliah umum yang bertemakan “Industri Keuangan Dan Perbankan Islam, Tren Global dan Tantangannya bagi Perguruan Tinggi”. Hadir sebagai penbicara Direktur Eksekutif Perbankan Syariah Bank Indonesia Edy Setiadi.

Edy membahas perbankan syariah yang bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai perkembangan, proyeksi dan strategi industri keuangan dan perbankan syariah pada level nasional maupun global. Selain itu juga dibahas mengenai dampak perkembangan industri keuangan dan perbankan syariah pada penyerapan tenaga kerja terdidik lulusan perguruan tinggi. (A-208/A_88)***

Baca Juga

CLC Biah, Potret Sekolah Indonesia Terpencil di Pelosok Sabah

PENDIDIKAN
PELAJAR community learning center (CLC) Biah di Sabah, Malaysia Timur mempelajari tari tradisional.*

SABAH, (PRLM).- Ratusan pelajar community learning center (CLC) Biah di Sabah, Malaysia Timur, terpaksa menempati sembilan ruangan seadanya lantaran tak memiliki cukup anggaran untuk membangun ruang belajar. Parahnya, ruangan-ruangan itu sebenarnya tak layak pakai.

Aturan NIDK Akan Ditinjau Setelah 3 Bulan

PENDIDIKAN

JAKARTA, (PRLM).- Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) akan meninjau pelaksanaan aturan Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK), tiga bulan setelah diluncurkannya registrasi pendidik.

Siswi Cantik Cenderung Dapat Nilai Bagus

PENDIDIKAN
DENVER, (PRLM).- Kecantikan tidak hanya ada pada penampilan, tapi mungkin bisa membuat kamu cenderung bisa mendapatkan nilai yang baik di sekolah maupun perguruan tinggi.

Pembangunan SMPN 6 Lembang Diusulkan Lagi

PENDIDIKAN

NGAMPRAH, (PRLM).-Pemerintah Desa Gudangkahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat akan kembali mengusulkan pembangunan SMPN 6 Lembang yang tertunda gara-gara mendapatkan penolakan dari komite SDN Pancasila dan sebagian perwakilan orang tua murid.