Ilmuwan Temukan Kota Hilang yang Terkubur 1.200 Tahun

UNIVERSITY OF OXFORD/"PRLM"
UNIVERSITY OF OXFORD/"PRLM"
GAMBARAN kota yang tenggelam Heracleion, dengan kuil Amun-Gereb tempat Cleopatra dikukuhkan sebagai penguasa Mesir.*

KAIRO, (PRLM).- Atlantis dalam kehidupan nyata yang tenggelam di lepas pantai Mesir hampir 1.200 tahun yang lalu, kini telah muncul kembali ke permukaan lewat bantuan 3D.

Kota Heracleion, tempat kuil di mana Cleopatra dilantik, adalah salah satu pusat perdagangan paling penting di wilayah Mediterania sebelum menghilang ke dalam laut di Teluk Aboukir.

Heracleion ditemukan pada tahun 2001, setelah lebih dari satu dekade penggalian, peneliti kini telah mampu membuat peta 3D yang menggambarkan kehidupan di pusat perdagangan kuno itu.

Selama berabad-abad, Heracleion diyakini sebagai legenda, seperti halnya Atlantis. Tetapi 12 tahun yang lalu, arkeolog bawah air Dr Franck Goddio di pantai Mesir saat mencari kapal perang Prancis dalam pertempuran di sungai Nil abad ke-18, secara tidak sengaja menemukan kota yang hilang.

Para penyelam menemukan Heracleion, yang diyakini telah menjadi pusat perdagangan di Laut Tengah lebih dari 1.000 tahun yang lalu.

Para arkeolog telah menemukan sisa-sisa lebih dari 64 kapal, terkubur di dasar laut empat mil di lepas pantai Mesir, jumlah terbesar dari kapal kuno yang pernah ditemukan di satu tempat. Tim juga menemukan koin emas, perunggu, dan batu yang digunakan dalam perdagangan. "Situs ini telah terawetkan secara luar biasa," kata Dr Damian Robinson, dari Universitas Oxford kepada The Telegraph.

"Kami mendapatkan banyak gambaran hal-hal seperti perdagangan yang terjadi di sana dan sifat dari ekonomi maritim di periode akhir Mesir," jelasnya.

Tim peneliti internasional juga menemukan sisa-sisa candi legendaris Amun-Gereb dimana Cleopatra dilantik untuk memerintah Mesir. Ditemukan juga patung raksasa setinggi 16 kaki, serta ratusan patung kecil dari dewa Mesir. (Aya/A-147)***

Komentari di Facebook !
Customize This