Panwaslu Kabupaten di Jateng Sulit Tindak Pelanggaran Kampanye dalam Pilgub

POLITIK

CILACAP, (PRLM).- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) kabupaten di Jawa Tengah sulit menindak pelanggaran kampanye dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang bakal gelar 26 Mei 2013.

Pilgub Jateng 2013 diikuti oleh tiga pasangan Cagub-Cawagub masing-masing nomor urut 1 – Hadi Prabowo dan Don Murdono, nomor urut 2 – Bibit Waluyo dan Sudijono Sastroatmojo, serta nomor urut 3 – Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko.

Namun hingga mendekati pencoblosan belum ada satupun tim sukses secara resmi yang terdaftar di KPU (Komisi Pemilihan Umum). Sementara kegiatan mengumpulkan massa tersebut sering kali dilakukan oleh relawan pasangan calon gubernur dan wakil gubenur

"Sehingga Panwaslu kesulitan untuk memproses hukum ketika terjadi pelanggaran Pemulikada," kata Ketua Panwaslu Banyumas Gunawan Sudjanmadi, Minggu (28/4/13).

Termasuk dengan pelanggaran diluar jadwal masa kampanye, karena tidak ada tim sukses sehingga sulit menentukan adanya pelanggaran kampanye diluar jadwal. Padahal batas akhir pendaftaran tim sukses ke KPU, adalah H-1 masa kampanye yang mulai dilaksanakan pada 9-22 Mei 2013.

Padahal saat ini kegiatan mirip kampanye dilakukan hampir semua pasangan bakal pasangan Cagub. "Sehingga kita tidak bisa menyebut apakah suatu pasangan Cabug termasuk sosialisasi atau kampanye di luar jadwal," jelasnya.

Pengerahan para relawan diakui, menjadi modus paling efektif untuk menghindar dari jerat hukum. Kalaupun bisa dijerat, yang terkena hanya individu relawannya.

Hal yang sama disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cilacap, hingga saat ini KPU menerima daftar tim kampanye masing-masing pasangan Cagub Jateng

"Hingga kini kita belum menerima daftar tim kampanye pasangan Cagub Jateng secara resmi, adanya baru lisan, "kata anggota KPU Cilacap, Tunut Widodo.

Sebelumnya KPU telah menerima laporan dari Kustiwa selaku Ketua Tim Kampanye pasangan Cagub dan Cawagub nomor urut 3 yakni Ganjar Pranowo – Heru Sudjatmoko. Namun barus ecara lisan, secara resmi belum satupun pasangan.

KPU telah memberikan batas waktu kepada tim kampanye masing-masing pasangan hingga H min 2 pelaksanaan kampanye Pilgub Jateng Minggu dimulai pada 9-22 Mei 2013.(A-99/A-108)***

Baca Juga

Dukung Megawati, Program Poros Maritim Harus Masuk GBHN

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Prinsip-prinsip pembangunan nasional jangka panjang perlu dituangkan dalam Garis-garis Besar Haluan Negara(GBHN). Dengan demikian, arah pembangunan menjadi jelas, konsisten, dan tidak berubah hanya berdasarkan selera pejabat yang sedang berkuasa.

DPR dan DPD Dorong Pembentukan Pansus Freeport

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dorong perlunya segera dibentuk Panitia Khusus atau Pansus PT Freeport, guna menuntaskan berbagai persoalan terkait pertambangan Freeport dan juga karut marut masalah perta

Munaslub Golkar tak Ditentukan Lewat Voting

POLITIK
JAKARTA, (PRLM).- Rapimnas Partai Golkar akan memutuskan partai pohon beringin itu mengambil langkah apakah ingin melaksanakan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) atau tidak.
 

DPR Cecar Penggeledahan Bersenjata oleh KPK

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Komisi III DPR menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). RDP dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III Mulfachri Harahap.