KPU Kab. Bekasi Akan Lebih Teliti Dalam Lakukan Verifikasi Berkas DCS

POLITIK

CIKARANG, (PRLM).- Untuk megantisipasi adanya bakal calon legislatif (bacaleg) yang mencalonkan dirinya di dua daerah yang berbeda, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bekasi mengaku akan lebih teliti dalam memverifikasi berkas daftar calon sementara (DCS) untuk pemilihan legislatif Kabupaten Bekasi.

Apabila nantinya dalam verifikasi data ditemukan terdapat bacaleg Kabupaten Bekasi yang terbukti mencalonkan dirinya di kota/kabupaten lain, maka KPUD Kabupaten Bekasi akan memberikan pilihan kepada bacaleg tersebut untuk memilih satu daerah pemilihan.

"Hal tersebut tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 7 dan Nomor 13 Tahun 2013 yang menjelaskan bacaleg tidak diperbolehkan mendaftar lebih dari satu, baik partai maupun daerah pemiliha," ungkap Komisioner KPUD Kabupaten Bekasi, Zaki Hilmi, saat dikonfirmasi mengenai dugaan adanya bacaleg dari Kabupaten Bekasi yang mencalonkan juga di daerah lain di Jawa Barat, Minggu (28/4/2013).

Tersiar kabar, terdapat bacaleg di Kabupaten Bekasi yang melakukan dua pendaftaran. Pendaftaran dilakukan dalam satu partai namun berbeda daerah pemilihannya. Terlepas dari itu, bacaleg harus memilih salah satu daerah agar tetap diizinkan mengikuti pemilihan legislatif 2014 mendatang.

Saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Zaki menuturkan, pihaknya belum mengetahui ada bacaleg yang melakukan hal itu. Namun, diakui dia, fenomena bacaleg ganda memang kerap terjadi.

"Jika nantinya ditemukan, maka yang bersangkutan harus memilih salah satu dan tidak diperkenankan mencalonkan ganda. Peraturan KPU sudah jelas kok, tidak boleh mendaftar berbeda partai dan berbeda daerah pemilihan. Kalau nanti ada, kami akan peringatkan untuk memilih salah satu saja," katanya. (A-198/A-89)***

Baca Juga

Diduga Ada Mahar Politik, Eks Sekretaris Demokrat Lapor Panwaslu

POLITIK

INDRAMAYU, (PRLM).- Diduga ada mahar politik sebesar Rp 200 juta per kursi untuk memuluskan pencalonan salah satu paket pasangan calon bupati dan calon wakil bupati pada Pilkada 2015 ini.

Ini Alasan DPP Hanura Beralih Dukung Sofyan Yahya-Agus Yasmin

POLITIK

SOREANG, (PRLM).- Terkait polemik berpindahnya dukungan DPP Hanura dalam pilkada Kabupaten Bandung, Ketua DPP Hanura Dadang Rusdiana menuturkan, hal itu semata-mata dipengaruhi beberapa faktor pertimbangan. Salah satu faktor pertimbangannya yakni realitas sosial masyarakat Kabupaten Bandung.

Pilkada Serentak 2015

Mensesneg Pratikno Nyatakan Pemerintah Siapkan Opsi Perpu Pilkada

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyatakan pemerintah telah menyiapkan sejumlah opsi terkait Perpu Pilkada. Hal itu lantaran kegagalan sejumlah daerah menggelar Pilkada karena masalah calon tunggal.

Pilkada Serentak 2015

Presiden Jokowi Cerdas, tidak Menerbitkan Perppu

POLITIK

JAKARTA , (PRLM).- Presiden Jokowi dinilai cerdas dengan tidak menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang atau Perppu guna mengatasi masalah calon tunggal di sejumlah daerah dalam Pilkada serentak 2015.