KPU Kab. Bekasi Akan Lebih Teliti Dalam Lakukan Verifikasi Berkas DCS

POLITIK

CIKARANG, (PRLM).- Untuk megantisipasi adanya bakal calon legislatif (bacaleg) yang mencalonkan dirinya di dua daerah yang berbeda, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bekasi mengaku akan lebih teliti dalam memverifikasi berkas daftar calon sementara (DCS) untuk pemilihan legislatif Kabupaten Bekasi.

Apabila nantinya dalam verifikasi data ditemukan terdapat bacaleg Kabupaten Bekasi yang terbukti mencalonkan dirinya di kota/kabupaten lain, maka KPUD Kabupaten Bekasi akan memberikan pilihan kepada bacaleg tersebut untuk memilih satu daerah pemilihan.

"Hal tersebut tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 7 dan Nomor 13 Tahun 2013 yang menjelaskan bacaleg tidak diperbolehkan mendaftar lebih dari satu, baik partai maupun daerah pemiliha," ungkap Komisioner KPUD Kabupaten Bekasi, Zaki Hilmi, saat dikonfirmasi mengenai dugaan adanya bacaleg dari Kabupaten Bekasi yang mencalonkan juga di daerah lain di Jawa Barat, Minggu (28/4/2013).

Tersiar kabar, terdapat bacaleg di Kabupaten Bekasi yang melakukan dua pendaftaran. Pendaftaran dilakukan dalam satu partai namun berbeda daerah pemilihannya. Terlepas dari itu, bacaleg harus memilih salah satu daerah agar tetap diizinkan mengikuti pemilihan legislatif 2014 mendatang.

Saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Zaki menuturkan, pihaknya belum mengetahui ada bacaleg yang melakukan hal itu. Namun, diakui dia, fenomena bacaleg ganda memang kerap terjadi.

"Jika nantinya ditemukan, maka yang bersangkutan harus memilih salah satu dan tidak diperkenankan mencalonkan ganda. Peraturan KPU sudah jelas kok, tidak boleh mendaftar berbeda partai dan berbeda daerah pemilihan. Kalau nanti ada, kami akan peringatkan untuk memilih salah satu saja," katanya. (A-198/A-89)***

Baca Juga

Pimpinan DPR Jadi Panggil KPU

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat memanggil Komisi Pemilihan Umum pada Senin (4/5/2015) mendatang. Bersama Komisi II dan Mendagri, mereka akan membahas rekomendasi panja Komisi II.

UU Pilkada ‎Bisa Pecahkan Rekor Dunia

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Apa yang menarik dari Undang-Undang No. 8/2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah? Jawabannya barangkali adalah UU ini bakal memecah rekor dunia.

Muncul Kegaduhan Sebelum Pembukaan Kongres Partai Demokrat

POLITIK
Muncul Kegaduhan Sebelum Pembukaan Kongres Partai Demokrat

SURABAYA, (PRLM).- Kendati Kongres Partai Demokrat (PD) baru dibuka Selasa (12/5/2015) malam , namun kegaduhan politik partai sudah terjadi sejak Selasa siang. Kegaduhan tersebut dipicu oleh bocornya rancangan tata tertib kongres kepada sejumlah peserta.

SOKSI Kawal Pemerintahan Jokowi-JK Sampai Akhir Periode

POLITIK

JAKARTA,(PRLM).- Ketua Umum Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) yang juga Ketua Fraksi Partai Golkar (FPG) DPR RI Ade Komarudin menegaskan jika SOKSI akan mengawal jalannya pemerintahan Jokowi - JK sampai akhir periode Oktober 2019.