PBB Tunjuk Arbiter Tangani Aktivitas Cina di Laut Cina Selatan

LUAR NEGERI

BERLIN, (PRLM).- Satu pengadilan internasional PBB telah menunjuk para arbiter yang diperlukan dalam proses peradilan, terkait permintaan Filipina untuk menghentikan apa yang mereka sebut sebagai aktivitas ilegal Cina di Laut Cina Selatan.

Pengadilan Konvensi PBB Mengenai Hukum Kelautan yang berbasis di Jerman, Jumat (26/4/13) waktu setempat mengatakan, telah memilih lima arbiter untuk proses peradilan itu. Mereka adalah para pakar hukum dari Sri Lanka, Perancis, Jerman, Polandia dan Belanda.

Pada bulan Januari lalu Filipina meminta pengadilan untuk melakukan proses arbitrase terkait sengketa teritorial mereka dengan Cina. Mereka berargumentasi bahwa klaim Cina terhadap hampir semua kawasan di Laut Cina Selatan melanggar konvensi PBB dan kedaulatan Filipina.

Pemerintah Filipina berharap langkah itu akan dapat menggalang dukungan internasional guna menghentikan aktivitas Cina. Namun Cina menolak proposal Filipina itu karena menurut mereka masalah ini seharusnya diselesaikan antara kedua negara. (nhk/A_88)***

Baca Juga

Misi PBB Temukan Bukti Keterlibatan Rusia di Ukraina

LUAR NEGERI

JENEWA, (PRLM).- Misi pemantau HAM PBB di Ukraina baru saja mengeluarkan laporan ke-10 mengenai situasi di Ukraina dari periode 16 Februari sampai 15 Mei.

Bos Kosmetik Bawa 4.500 Pegawai Liburan ke Belanda

LUAR NEGERI

BEIJING, (PRLM).- Bos perusahaan kosmetik Perfect asal Tiongkok memberangkatkan 4.500 pegawainya untuk berlibur di Belanda selama lima hari.

Sebanyak 90 bus dikerahkan untuk membawa ribuan wisatawan itu berkeliling di Eropa.

Dua Hari Dalam Air, Ratusan Korban Yangtze Dikhawatirkan Tewas

LUAR NEGERI

BEIJING, (PRLM).-Seiring dengan bertambahnya waktu, banyak kalangan mulai pesimistis para korban ditemukan selamat. Apalagi mayoritas adalah lansia.

Takut MERS, 7.000 Turis Batalkan Perjalanan ke Korsel

LUAR NEGERI

SEOUL, (PRLM).- Menghadapi wabah MERS, Presiden Korsel Park Geun-Hye juga telah menggelar rapat darurat dengan sejumlah pejabat tinggi di kabinetnya.