Ilmuwan Temukan Spesies Baru Lalat Peri

TINKERBELLA nana, spesies baru lalat peri (Mymaridae) ditemukan di hutan Kosta Rika.*
NET/PRLM
TINKERBELLA nana, spesies baru lalat peri (Mymaridae) ditemukan di hutan Kosta Rika.*

LA SELVA, (PRLM).- Anda tahu Tinker Bell? Peri kecil lucu dalam film Peter Pan. Baru-baru ini ilmuwan telah menemukan Tinker Bell dalam kehidupan nyata.

Tinker Bell yang satu ini adalah seekor serangga lalat peri (fairyfly) yang ditemukan di hutan Kosta Rika, dan diberi nama Tinkerbella nana. Spesimen sangat mini ini berukuran panjang hanya 250 mikrometer, atau seperempat milimeter, dan dikumpulkan dengan cara menyapu lantai hutan.

Tinkerbella nana dikumpulkan di Stasiun Biologi La Selva dan dinamai sebagai spesies lalat peri terbaru. Saat dilihat di bawah mikroskop, sayap tipis Tinkerbella nana ini menjadi terlihat, yang masing-masing dibatasi dengan rambut panjang seperti bulu.

Mymaridae, umumnya dikenal sebagai lalat peri, adalah salah seekor dari sekitar 18 keluarga tawon chalcid. Serangga kecil ini bisa ditemukan di seluruh dunia, kecuali di Antartika, tetapi karena kecilnya mereka jarang diperhatikan manusia, dan sedikit yang diketahui tentang siklus hidupnya.

Penemuan ini diterbitkan dalam jurnal Hymenoptera Research lewat tulisan John Huber dari Natural Resources Canada, di bawah judul A New Genus And Species of Fairyfly, Tinkerbella nana. (Aya/A-147)***

Baca Juga

Pegiat Filantropi di Indonesia Meningkat

JAKARTA, (PR).- Perhimpunan Filantropi Asia (Asia Philanthropy Circle) atau biasa disebut APC mengumumkan berdirinya cabang di Indonesia sebagai cabang pertama dari organisasi yang berpusat di Singapura.

Hermanto Dwiatmoko Terpilih Jadi Ketua Maska

JAKARTA, (PR).- Hermanto Dwiatmoko terpilih sebagai Ketua Umum Masyarakat Perkeretaapian Indonesia (Maska) periode 2016-2021, menggantikan Soemino Eko Saputro pada Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub).