Kependudukan

Belum Terima E-KTP? Lapor ke Ketua RT dan RW

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Warga yang telah lama melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), tetapi belum kunjung menerima keping e-KTP, diharap melapor ke ketua RT dan RW, atau kecamatan setempat. Pasalnya, terdapat beberapa kemungkinan penyebab e-KTP belum tersalurkan.

Camat Ngamprah, Kusnindar mengungkapkan, beberapa kemungkinan e-KTP belum tersalurkan, di antaranya yaitu ketidaksamaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) antara database server dengan kartu keluarga. "Bisa pula, warga tersebut tidak terdata di catatan RT dan RW," ucap Kusnindar saat dihubungi di Padalarang, Kab. Bandung Barat, Kamis (25/4/2013).

Ketika warga melapor ke kecamatan, ucap Kusnindar, pihaknya bisa membantu memberikan solusi kemungkinan penyebab penyaluran e-KTP tersendat. Jika terjadi ketidaksesuaian NIK kartu keluarga dengan database server, pihaknya mengimbau kepada warga bersangkutan agar membuat kartu keluarga baru.

Mengenai persoalan warga tidak terdata pada catatan RT atau RW, Ia menuturkan, bisa terjadi kepada warga yang pindah, atau bekerja di luar daerah. "Untuk memastikan, lebih baik warga melapor ke ketua RT atau RW," tuturnya.

Ia mengungkapkan, dari 111.950 wajib e-KTP, perekaman telah mencapai 87.745 orang. Dari jumlah penduduk yang telah melakukan perekaman, telah tercetak 72.225 e-KTP. Sedangkan sisanya, pihak kecataman belum menerima pendistribusian keping e-KTP dari pemerintah pusat.

Dihubungi terpisah, Camat Cipongkor, Zaini Dahlan menuturkan, hal serupa terjadi di Cipongkor. Dari sejumlah 80 ribu wajib e-KTP, perekaman sudah mencapai 47 ribu warga. Untuk wajib e-KTP yang telah melakukan perekaman, baru 39 ribu yang telah menerima keping e-KTP. (A-206/A-88)***

Baca Juga

Pernikahan Muda Picu Tingginya Angka Fertilitas

BANDUNG RAYA
SEJUMLAH ibu muda menggendong anaknya seusai imunisasi di Kampung Kalapa Tilu, Desa Rancatungku, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung, Jumat (3/7/2015). Menurut BKKBN Jabar tingginya angka fertilitas karena tingginya jumlah perempuan yang melahirkan p

DPR Seleksi Pengurus Baznas secara Ketat

BANDUNG RAYA

BANDUNG,(PRLM).- Kemenag telah melakukan seleksi yang ketat terhadap ratusan calon pengurus Baznas dengan melibatkan para psikolog dari UIN untuk mengetes psikologi para calon, hingga terseleksi 16 orang.

Jurnalis Bakti Sosial di Ibun

BANDUNG RAYA

SOREANG,(PRLM).- Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Kabupaten Bandung menggelar bakti sosial dan buka bersama kaum duafa di Aula Kantor Desa Neglasari Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung.

Polisi Tembak Pelaku Pencurian Disertai Kekerasan

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Dua pelaku spesialis pencurian disertai kekerasan kendaraan bermotor dan rumah kosong, terpaksa ditembak mati petugas Satuan Reserse Kriminal Polres Bandung.