Cawabup Bandung Barat Ikut Daftar Calon Anggota Legislatif

POLITIK

NGAMPRAH, (PRLM).- Calon Wakil Bupati (Cawabup) Bandung Barat nomor 3, Agus Yasmin tak ketinggalan ikut mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg). Berdasarkan situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU), www.kpu.go.id, Agus terdaftar sebagai caleg di DPR RI untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 2 Jawa Barat, yakni Kabupaten Bandung dan Bandung Barat.

Pencalonan Agus sebagai anggota legislatif itu menambah deretan nama-nama Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat setelah Aep Nurdin dari PKS dan Samsul Maarif dari PPP yang mendaftarkan diri sebagai caleg.

Berbeda dengan Aep dan Samsul di mana pencalonan keduanya diusung partai yang sama baik pada Pemilihan Bupati (Pilbup) Bandung Barat maupun di Pmeilihan Legislatif (Pileg), Agus Yasmin diusung partai yang berbeda. Dalam Pileg 2014, Agus yang berpasangan dengan Calon Bupati Bandung Barat nomor 3, Djamu Kertabudi itu diusung Partai Nasdem, sementara di Pilbup oleh Partai Hanura dan Gerindra.

Sekretaris DPW Partai Nasdem Jawa Barat, Agus Suparman saat dihubungi PR, Kamis (25/4) membenarkan pencalonan Agus Yasmin ke DPR RI oleh partai tersebut. Pencalonan Agus Yasmin, menurut dia, sesuai dengan instruksi pusat dengan melihatnya sebagai tokoh berpengaruh di Jawa Barat.

“Selain mencalonkan para kader partai di Pileg, kami juga mencalonkan tokoh-tokoh lain di luar partai yang dinilai berpengaruh di Jawa Barat. Pencalonan Agus Yasmin di Pileg, diharapkan bisa mendongkrak suara untuk Nasdem,” katanya.

Agus Yasmin tak menampik pencalonannya ke DPR RI dari Partai Nasdem itu. Meski diusung partai yang berbeda dengan partai pengusungnya di Pilbup, dia tak begitu mempersoalkannya lantaran melihat potensi suara yang ada.

“Kalau ada dukungan di Pileg kenapa tidak? Tapi yang jelas, saat ini saya fokus di Pilbup. Untuk Pileg itu masih panjang, jadi belum terlalu dipikirkan,” ujar mantan kader Partai Golkar itu.

Dengan strategi dari mesin parpol pengusungnya, Agus mengaku optimistis bakal memenangi Pilbup Bandung Barat 19 Mei nanti. Soal ada pandangan dari beberapa pihak yang menilainya pesimistis lantaran ikut nyaleg, menurut dia, itu hanya alasan dari lawan politiknya yang takut kalah bersaing.

Pengamat Politik Bandung Barat yang juga Wakil Sekretaris KNPI Jabar, Holid Nurjamil tak mempersoalkan pengusungan Agus Yasmin di Pileg oleh partai yang berbeda dengan yang mengusungnya di Pilbup Bandung Barat. “Namun ketika calon kepala daerah mencalonkan juga di Pileg, orang awam akan menilai dia haus kekuasaan meskipun secara aturan itu dibolehkan,” tuturnya. (A-192/A-147)***

Baca Juga

Konferensi Asia Afrika 2015

Tak Kenakan Peci, Jokowi Dikritik

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Selain mendapat dukungan dari berbagai pihak terkait sikap politik luar negerinya yang tegas, Presiden Jokowi juga mendapat kritikan. Salah satunya dari Senator AM Fatwa. Jokowi dikritik karena tidak mengenakan peci saat menghadiri Konferensi Asia-Afrika.

Jalur Perseorangan Harus Raih Dukungan 106.716 Suara

POLITIK

SINGAPARNA, (PRLM).- Pasangan dari jalur perseorangan harus meraih dukungan, paling sedikit 106.716 suara untuk melaju sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tasikmalaya. Raihan dukungan harus mewakili setengah jumlah kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya.

Kisruh Golkar

Kubu ARB Yakin Menang di PTUN

POLITIK

JAKARTA,(PRLM).- Partai Golkar hasil Munas Bali yang diketuai Aburizal Bakrie meyakini dapat memenangkan gugatan perselisihan kepengurusan Partai Golkar di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Anggota Komisi III DPR Serap Aspirasi Warga Aceh

POLITIK

BANDA ACEH, (PRLM).- Ratusan Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Meulaboh, Aceh Barat hadir dalam seminar bertajuk "Peran Pemuda Dalam Menjaga dan Merawat Perdamaian Aceh" yang digelar di Gedung STAIN, Meulaboh, Selasa (5/5/2015).