KPU Bandung Barat Tetapkan Jadwal Kampanye Pilbup

NGAMPRAH, (PRLM).- Jadwal kampanye Pemilihan Bupati (Pilbup) Bandung Barat 2013 telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat, Rabu (24/4).

Pelaksanaan kampanye akan berlangsung pada 2-15 Mei dan digelar di lima zona sesuai dengan daerah pemilihan (dapil) di Bandung Barat.

"Jadwal kampanye ini sudah disepakati kelima pasangan calon," kata Asep Mamat, Ketua KPU Kabupaten Bandung Barat seusai rapat penetapan jadwal kampanye di Bale Pare, Kota Baru Parahyangan, Padalarang.

Rapat itu dihadiri semua tim pemenangan pasangan calon, kepolisian, TNI, dan instansi pemerintah terkait.

Berdasarkan Keputusan KPU Kabupaten Bandung Barat Nomor 35 Kptsn/kpu-kab.011.329685/IV/2013, kampanye akan berlangsung selama 14 hari dari pukul 6.00 WIB-18.00 WIB.

Kelima zona yang ditetapkan yaitu Kecamatan Padalarang, Ngamprah, Saguling (Dapil 1), Batujajar, Cililin, Cihampelas (Dapil 2), Cipongkor, Rongga, Sindangkerta, Gununghalu (Dapil 3), Cipatat, Cikalongwetan, Cipeundeuy (Dapil 4), dan Cisarua, Parongpong, Lembang (Dapil 5).

"Setiap hari, masing-masing pasangan calon akan berkampanye di tempat yang berbeda. Jadi tidak akan bentrok. Tempatnya pun sudah kami sediakan, yaitu di lapangan sepak bola atau gedung olah raga. Namun, itu bisa digunakan atau tidak," tutur Asep.

Pada hari pertama kampanye tanggal 2 Mei, kata Asep, setiap pasangan calon akan menyampaikan visi dan misinya dalam rapat paripurna DPRD di Hotel Masion Pine, Kota Baru Parahyangan.

Pascapenyampaian visi-misi, kelima pasangan calon akan melakukan kampanye damai secara bersama-sama dengan rute Kota Baru Parahyangan-Jalan Raya Padalarang dan berakhir di Jalan Cihaliwung untuk memasang alat peraga kampanye.

Mulai tanggal 3-15 Mei, masing-masing pasangan calon akan melakukan kampanye di tempat yang telah ditentukan.

Setiap pasangan calon diminta untuk melakukan kampanye secara aman dan tertib dan mengendalikan massanya untuk tidak bertindak anarkistis.

“Termasuk menjaga kebersihan seusai melakukan kampanye di tempat yang telah ditentukan. Sebab, tempat itu nantinya akan digunakan oleh pasangan calon lain,” ujarnya.

Selain menentukan jadwal dan lokasi kampanye, KPU Kabupaten Bandung Barat juga mengagendakan debat terbuka untuk para pasangan calon yang akan berlangsung pada tanggal 7, 12, dan 15 Mei.

Debat kandidat yang akan disiarkan di stasiun televisi lokal itu akan menghadirkan berbagai panelis dari perguruan tinggi sekitar Kabupaten Bandung Barat, serta pakar di bidang ekonomi, politik, hukum, dan lingkungan hidup.

“Tema debat yang akan diangkat di antaranya seputar politik, pemerintahan, sosial, budaya, ekonomi, dan lingkungan hidup,” kata Asep.

Kasat Intelijen Polres Cimahi, Ajun Komisaris Ramdani mengatakan, semua pasangan calon diminta untuk memberikan surat pemberitahuan pelaksanaan kampanye ke Polres Cimahi guna mempersiapkan pengamanan kampanye maksimal pada 30 April ini.

“Tujuannya, agar kepolisian bisa memetakan pengamanan di lokasi kampanye,” ucapnya seraya menambahkan, untuk melakukan pengamanan, Polres Cimahi siap menurunkan 876 personelnya, termasuk menyiapkan empat personel yang melekat pada setiap pasangan calon.

Ramdani mengaku tidak menentukan pengamanan khusus pada lokasi tertentu yang dianggap rawan. “Yang rawan itu bukan daerahnya, tetapi massanya. Sebab, pada saat melakukan kampanye di dapil I misalnya, dikhawatirkan ada massa pendukung dari dapil lain. Ini yang perlu diantisipasi,” tuturnya. (A-192/A-89)***

Baca Juga

Jumlah Dukungan Calon Perseorangan Jadi Lebih Banyak

CIMAHI, (PR).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi merevisi jumlah minimum dukungan pasangan perseorangan dalam Pilkada Serentak Kota Cimahi 2017 dari semula 29.095 dukungan menjadi 32.974 dukungan. Revisi dilakukan setelah muncul surat No.

Perlu Antisipasi Pilkada Serentak dan Pemilu di Tahun yang Sama

JAKARTA, (PR).- Penyelenggaraan Pilkada 2024 serentak secara nasional berada di tahun yang sama dengan penyelenggaraan pemilu nasional yaitu pemilihan presiden, DPR, DPD, dan juga bahkan DPRD. Hal itu perlu berbagai upaya antisipasi.

Penyortir Surat Suara Pileg Subang Tagih Honor

SUBANG, (PR).- Sejumlah pekerja sortir surat suara memprotes KPU Kabupaten Subang. Pasalnya hingga proses sortir selesai, honor mereka belum dibayar. Mereka menuntut agar KPU segera menyelesaikan pembayaran honor sesuai janji yang tertuang dalam kontrak kerja.

Bawaslu Jabar Ajak Pramuka Awasi Pilkada Serentak

SOREANG, (PR).- Pramuka Kwartir Daerah Jawa Barat menandatangani nota kesepahaman bersama dengan Badan Pengawas Pemilu Jawa Barat. Penandatangan nota kesepahaman ini bertujuan agar anggota Pramuka ikut serta aktif mengawasi pelaksanan pilkada serentak yang digelar 2017.