KPU Tolak Coret DCS yang Melebihi Kouta

POLITIK

CIBINONG, (PRLM).- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab Bogor Ahmad Fauzi mengatakan, pihaknya tidak akan mau terlibat dalam pencoretan Daftar Caleg Sementara (DCS) yang diajukan partai politik peserta pemilu 2014, karena hal itu bukan kewenangan KPU. Selain itu, jika hal itu dilakukan, bisa menimbulkan konflik yang merugikan KPU.

Hal tersebut disampaikan Ahmad Fauzi ketika penerimaan DCS yang disampaikan parpol peserta pemilu, Senin (22/4/13) di Cibinong, Kab. Bogor. Menurut dia, ada pemintaan dari pimpinan partai agar KPU mencoret nama-nama yang melebihi daftar.

"Ada permintaan semacam itu. Karena jumlah DCS sebanyak 50 orang, maka bagi DCS partai yang melebihi jumlah itu, mereka minta KPU yang melakukan pencoretan," ujarnya.

Permintaan semacam itu ditolak KPU mentah-mentah. Sebab, selain bukan kewenangan KPU, juga akan menimbulkan konflik. "Dalam ketentuannya, untuk DCS Kab Bogor sebanyak 50 orang dari seluruh daerah pemilihan (dapil). Tapi karena DCS yang diserahkan ada yang melebihi jumlah itu, mereka meminta KPU yang mencoret. Itu kami tolak," kata Fauzi.

Ia sendiri heran dengan sikap sebagian partai yang masih ada menyerahkan DCS lebih dari 50 orang. Karena, jauh hari sudah disampaikan bahwa jumlah DCS hanya 50 orang yang harus diserahkan ke KPU.

Semestinya, seluruh pimpinan partai politik sudah tahu akan aturan tersebut. Namun, dalam batas akhir penyerahan DCS masih ada yang jumlah DCSnya lebih dari 50 orang. "Kami juga bingung, kenapa hal itu masih bisa terjadi. Semestinya, kalau yang disyaratkan 50 orang DCS harusnya sebanyak itu nama yang diserahkan, bukan melebihi jumlah tersebut," ujarnya. (A-134/A_88)***

Baca Juga

Kubu Agung Akan Ambil Alih

Polisi Jaga Ketat Ruang Fraksi Partai Golkar DPR

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Ruang Fraksi Partai Golkar di Dewan Perwakilan Rakyat dijaga ketat oleh polisi yang didatangkan dari Polres Jakarta‎ Pusat, Jumat (27/3/2015). Keberadaan polisi itu disebut untuk mempertahankan kepengurusan kubu Aburizal Bakrie di fraksi partai beringin itu.

Pilkada Karawan Rawan Politik Uang

POLITIK

KARAWANG, (PRLM).- Praktik politik uang diprediksi tak bisa lepas dalam pelaksanaan pilkada di Kabupaten Karawang, Desember mendatang. Bahkan, di daerah berjuluk lumbung padi tersebut, uang bisa jadi penentu kemenangan.

Konsultasi DPR-Presiden Digelar Kamis atau Senin Mendatang

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Ketua DPR Setya Novanto didampingi Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Taufik Kurniawan dan Fadli Zon, di ruang kerja Lantai III Gedung Nusantara III, Rabu (1/4/2015) menerima kunjungan Menko Polhukam Tedjo Edy Purdijatno dan Mendagri Tjahjo Kumolo.

Kisruh Golkar

Perpecahan Partai Golkar Semakin Tajam

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Politisi senior Partai Golkar Hajriyanto Y Thohari memprediksi perpecahan Partai Golkar saat ini sudah mengarah ke situasi masif dan eksesif.