KPU Tolak Coret DCS yang Melebihi Kouta

CIBINONG, (PRLM).- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab Bogor Ahmad Fauzi mengatakan, pihaknya tidak akan mau terlibat dalam pencoretan Daftar Caleg Sementara (DCS) yang diajukan partai politik peserta pemilu 2014, karena hal itu bukan kewenangan KPU. Selain itu, jika hal itu dilakukan, bisa menimbulkan konflik yang merugikan KPU.

Hal tersebut disampaikan Ahmad Fauzi ketika penerimaan DCS yang disampaikan parpol peserta pemilu, Senin (22/4/13) di Cibinong, Kab. Bogor. Menurut dia, ada pemintaan dari pimpinan partai agar KPU mencoret nama-nama yang melebihi daftar.

"Ada permintaan semacam itu. Karena jumlah DCS sebanyak 50 orang, maka bagi DCS partai yang melebihi jumlah itu, mereka minta KPU yang melakukan pencoretan," ujarnya.

Permintaan semacam itu ditolak KPU mentah-mentah. Sebab, selain bukan kewenangan KPU, juga akan menimbulkan konflik. "Dalam ketentuannya, untuk DCS Kab Bogor sebanyak 50 orang dari seluruh daerah pemilihan (dapil). Tapi karena DCS yang diserahkan ada yang melebihi jumlah itu, mereka meminta KPU yang mencoret. Itu kami tolak," kata Fauzi.

Ia sendiri heran dengan sikap sebagian partai yang masih ada menyerahkan DCS lebih dari 50 orang. Karena, jauh hari sudah disampaikan bahwa jumlah DCS hanya 50 orang yang harus diserahkan ke KPU.

Semestinya, seluruh pimpinan partai politik sudah tahu akan aturan tersebut. Namun, dalam batas akhir penyerahan DCS masih ada yang jumlah DCSnya lebih dari 50 orang. "Kami juga bingung, kenapa hal itu masih bisa terjadi. Semestinya, kalau yang disyaratkan 50 orang DCS harusnya sebanyak itu nama yang diserahkan, bukan melebihi jumlah tersebut," ujarnya. (A-134/A_88)***

Baca Juga

Caketum Golkar tak Masalah Soal Iuran Rp 1 Miliar

JAKARTA, (PR).- Airlangga Hartarto mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum Partai Golkar ke Steering Commitee (SC) Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Rabu, 4 Mei 2016.

Caketum Partai Golkar Mulai Berkampanye

BALI, (PR).- Tiga calon ketua umum Partai Golkar berkampanye di hadapan kader partai dari zona tiga di Nusa Dua Convention Center, Jumat, 13 Mei 2016. Ketiga caketum itu adalah Mahyudi, Priyo Budi Santoso, dan Azis Syamsuddin.

Pemilihan Ketua Partai Golkar, Cenderung Gunakan Sistem Tertutup

NUSA DUA, (PR).- Hari ini menjadi penentuan sistem pemungutan suara untuk balon caketum menjadi caketum dalam Munaslub Partai Golkar. Dalam pramunas kemarin, rapat penentuan sistem pemilihan antara yang terbuka atau tertutup itu menemui jalan buntu.