Enam Komisioner KPU Kab./Kota di Jabar Mengundurkan Diri Menjelang Pileg 2014

POLITIK

BANDUNG, (PRLM).-Sebanyak enam orang komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota di Jawa Barat mengundurkan diri menjelang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014.

Keenamnya mengundurkan diri karena menjadi bakal calon anggota legislatif (caleg) dari jalur partai politik (parpol) maupun nonparpol.

Menurut Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat, dari keenam orang itu, satu orang mendaftar menjadi caleg Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

"Sisanya yakni lima orang lagi mendaftar sebagai caleg DPR dan DPRD tingkat kabupaten dan kota," kata Yayat di kantor KPU Jabar, Jl. Garut Kota Bandung.

Komisioner yang mengundurkan diri menjadi caleg dari jalur parpol adalah Ikin Sodikin dari KPU Kota Cimahi yang mendaftarkan diri sebagai caleg untuk DPR dari Partai Kebangkitan Bangsa.

Kemudian, Osin Permana dari KPU Kabupaten Bandung mendaftarkan diri sebagai caleg untuk DPRD Kab. Bandung.

Ketiga, Dadang yang merupakan komisioner KPU Kab Garut mendaftarkan diri sebagai caleg untuk DPRD Garut dari Partai Demokrat (PD).

Kemudian Ase Riyadi yang merupakan Ketua KPU Sukabumi yang mendaftarkan diri sebagai caleg DPRD Sukabumi dari Partai Golongan Karya.

Kelima, Nanang Herdiyana dari KPU Kab. Ciamis yang mendaftarkan diri sebagai caleg untuk DPRD Kab. Ciamis dari Partai Demokrat. Sementara, kata Yayat, komisioner KPU Kab. Cianjur Unang Margana mendaftarkan diri menjadi calon anggota DPD RI.

Mengenai keikutsertaan komisioner KPU ke Pileg 2014, Yayat menyatakan, mereka sudah diwajibkan mengundurkan diri sebelum masa pendaftaran dimulai.

Batas akhir pengunduran diri adalah pada 5 April sementara pendaftaran caleg dimulai pada 9 April.

"Jadi, ketika proses pendaftaran sudah tidak ada lagi yang menjabat sebagai anggota KPU," ujarnya.

KPU pun telah menerbitkan surat keputusan (SK) pemberhentian untuk keenam orang tersebut pada 8 April yang lalu. (A-160/A-89)***

Baca Juga

Kisruh Golkar dan PPP Bikin Menkumham Trauma

POLITIK
JAKARTA, (PRLJM).- Dualisme kepemimpinan di tubuh Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menjadikan posisi Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Hamonangan Laoly semakin dilematis.
 

Pimpinan DPD RI Bisa Kocok Ulang 2,5 Tahun

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Ketua Pansus Tata Tertib (Tatib) DPD RI Muhammad Asri Anas menegaskan, dalam ketentuan lama setiap pimpinan alat kelengkapan DPD RI sebelumnya bisa diganti setiap tahun setelah dievaluasi oleh anggota dan atau masyarakat.

Musda DPD PAN Kab. Bandung di Sutan Raja

POLITIK

SOREANG,(PRLM).- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kab. Bandung mengadakan musyawarah daerah di Hotel Sutan Raja Soreang, Minggu (24/1/2016). Musda dihadiri ratusan pengurus dan simpatisan PAN serta Sekretaris DPW PAN Jabar Hari Darmawan, dan Ketua PD Muhammadiyah Kab.

Irman Gusman Dukung Gerakan Poros Maritim Pemuda

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Ketua DPD RI Irman Gusman mendukung Gerakan Poros Maritim Pemuda Tahun 2016 dan Jambore Poros Maritim Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sebagai upaya untuk mewujudkan program pembangunan pemerintahan Jokowi-JK dalam poros maritim Indonesia.