Pemkot Tegal Bebaskan Biaya Pendidikan SMA/SMK/MA

TEGAL, (PRLM).- Pemkot Tegal pada tahun ajaran 2013/2014 membuat terobosan dengan akan membebaskan semua pembiayaan siswa di tingkat SMA/SMK/MA. Pemkot Tegal akan memberikan subsidi Rp 2 juta per siswa dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tegal tahun 2013.

"Biaya dari APBD Kota Tegal ini merupakan dana pendamping dari APBN sebagai upaya wajib belajar pendidikan 12 tahun," kata Wali Kota Tegal. H. Ikmal Jaya, ketika bersilaturahmi dengan para alumni SMAN 1 Tegal angkatan 1991 di rumah dinasnya, Minggu (21/4/2013).

Menurut Ikmal, pembebasan semua biaya sekolah di SMA/SMK/MA merupakan dana pendampingan dari anggaran pemerintah pusat. "Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan bantuan kepada siswa miskin SMA dan SMK Rp 560.000,- per tahun lalu kita tambah tiap siswa Rp 2 juta per tahun," ujarnya.

Bahkan, bukan hanya siswa miskin yang dibebaskan dari biaya sekolah melainkan semua siswa SMA/SMK/MA. "Kita ingin mendorong anak-anak Kota Tegal dapat sekolah minimal SMA/SMK/MA agar kualitas SDM juga meningkat," tuturnya.(A-71/A-147)***

Baca Juga

Tunjangan Profesi 21.665 Guru di Jabar Sudah Cair

BANDUNG, (PR).- Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Ahmad Hadadi mengatakan, Tunjangan Profesi Guru (TPG) untuk guru non-PNS dikelola langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedangkan pencairan TPG PNS diserahkan kepada Pemerint

Peringkat UI Melejit ke Posisi 277 Dunia

DEPOK, (PR).- Peringkat Universitas Indonesia (UI) naik ke posisi 277 di level dunia pada tahun 2017 ini. Pada tahun sebelumnya, UI berada pada peringkat 325, atau naik sebanyak 48 poin.

Sosialisasi Lima Hari Sekolah Harus Jelas

JAKARTA, (PR).- Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih meminta aturan lima hari sekolah disosialisasikan secara masif dan jelas, serta ada jalinan komunikasi yang baik hingga ke daerah.