KPU Majalengka Buka Pendaftaran Pilbup Akhir Mei 2013

MAJALENGKA, (PRLM).- Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Majalengka baru akan membuka pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Majalengka tanggal 23 hingga 29 Mei 2013 mendatang. Sedangkan bagi calon perseorangan harus sudah menyerahan dukungan pada tanggal 24 hingga 28 April 2013.

Penyerahan bukti dukungan sebanyak 3 persen dari jumlah penduduk di Majalengka yang mencapai kurang lebih 1,2 juta jiwa, tersebut dilakukan lebih awal dari pendaftaran untuk dilakukan verifikasi oleh PPS.

Menurut keterangan Ketua KPUD Majalengka Supriatna, pendaftaran calon bupati dan wakil bupati ini mengalami perubahan waktu dibanding sebelumnya, terkait belum adanya kesepakatan nilai anggaran di peruntukan bagi pilbup.

“Kita sekarang sudah mendapat kepastian anggaran bagi penyelenggaraan pilkada, ini setelah dilakukan penandatanganan antaran eksekutuif dengan KPUD pada Kamis (11/4) lalu,” ungkap Supriatna.

“Sedianya kami akan memulai pendaftaran bagi jalur peseorangan lebih awal namun terkait penandatanganan kesepakatan anggaran baru dilakukan minggu kemarin, akhirnya pendaftaran perseoranganpun baru dilakukan minggu depan,” ungkap Supriatna.

Hal itu menurut dia, terkait anggaran yang lebih kecil dari usulan yang pernah disampaikan ke dewan sebelumnya. Anggaran untuk pelaksanaan yang diajukan sebelumnya mencapai Rp 32,5 miliar untuk dua putaran, bila satu putaran estimasinya mencapai Rp 24 miliar.

“Pilkada sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 15 September 2013 mendatang, estimasi biayanya mencapai Rp 24 miliar. Sementara biaya yang disetujui untuk penyelenggaraan pikada saat ini hanya Rp 16 miliar,” ungkap Supriatna. (C-28/A_88)***

Baca Juga

302 Pendaftar Lolos Seleksi PPK

CIKARANG, (PR).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi mengumumkan 302 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bekasi 2017, Senin 27 Juni 2016. Nama-nama tersebut berhasil lolos penelitian administrasi.

KPU Serahkan Penambahan Anggota Kepada Presiden

JAKARTA, (PR).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyerahkan keputusan penambahan anggota baru selepas meninggalnya Husni Kamil Manik kepada Presiden. Berdasarkan aturan, anggota KPU harus berjumlah 7 orang.

DPR Beri Sinyal Penolakan Sistem Proporsional Terbuka

JAKARTA, (PR).- Muncul wacana penolakan terhadap rancangan undang-undang usulan pemerintah untuk menerapkan sistem proporsional daftar terbuka dalam pemilihan calon legislatif. Penolakan terutama muncul terkait dengan persoalan "unjuk kekuatan" modal di antara caleg.