DPW PKB Jabar Siap Penuhi Syarat Pendaftaran Caleg DPRD Jabar

POLITIK

BANDUNG, (PRLM).-DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Barat menyatakan sudah siap memenuhi syarat pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) DPRD Jabar.

Namun, pendaftaran yang direncanakan kemarin diundur ke hari terakhir karena prosesnya ingin dilakukan bersamaan dengan tingkat pusat.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua DPW PKB Jabar M. Sidkon usai penandatanganan Pakta Integritas Caleg DPRD Jabar di kantor DPW PKB Jl. Banteng Kota Bandung, Jumat (19/4).

“Semula, DPW PKB Jabar akan mendaftarkan caleg langsung hari ini (kemarin) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar diantar 100 caleg yang hadir. Tetapi karena ingin ada kebersamaan, pendaftaran ditunda pada hari Senin lusa,” tuturnya.

Mengenai persyaratan, kata dia, DPW sudah bisa memenuhinya. Misalnya mengenai kuota caleg perempuan minimal 30 persen, PKB bahkan bisa mendaftarkan 38 persen dari 100 orang caleg yang diajukan.

Sementara, pakta integritas itu sendiri harus disanggupi oleh setiap caleg yang mengikuti pemilihan legislatif dengan perahu politik PKB.

Isi pakta itu antara lain menjaga wibawa partai, menjaga etika politik, bekerja sama dan saling mendukung antarcaleg PKB, dan tidak melakukan politik uang atau jual beli suara yang dapat mempengaruhi hasil pemilu dan merugikan kepentingan PKB. (A-160/A-89)***

Baca Juga

Usung Koruptor, Parpol tidak Berikan Pendidikan Politik

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Mahkamah Konstitusi (MK) beberapa waktu lalu memutuskan bahwa mantan narapidana dapat mencalonkan diri sebagai peserta pemilihan kepala daerah tanpa harus menunggu lima tahun setelah selesai menjalankan hukumannya sebagaimana diatur dalam Undang-undangtentang pemilihan kepala da

Pilkada Serentak 2015

Munculnya Calon Pilkada yang Dikondisikan Calon Lainnya

POLITIK

PURBALINGGA, (PRLM).- Pengamat politik dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Indaru Setyo Nurprojo menilai munculnya nama Sugeng dan Sucipto sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga dalam Pilkada 2015 adalah sebagai calon "bagongan" atau calon yang dikondisikan oleh pasangan cal

Pilkada Serentak 2015

Calon Independen Gugat KPUD Kota Depok

POLITIK

BANDUNG, (PRLM).- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), kembali digugat oleh bakal calon dalam pemilukada serentak ini.

PDIP Ngotot ke Jokowi agar Terbitkan Perppu

POLITIK
SOLO, (PRLM).- Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ario Bimo meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) terkait polemik calon tunggal dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) pada 9