Erni Siap Digugat ke MK Jika Menangkan Pilbup KBB

POLITIK

NGAMPRAH, (PRLM).-Calon Bupati Bandung Barat nomor urut 4, Erni Rusyani Ernawan mengaku siap digugat pasangan calon lain ke Mahkamah Konstitusi (MK) jika dirinya memenangi Pemilihan Bupati (Pilbup) Bandung Barat 19 Mei nanti.

"Itu hak setiap pasangan calon untuk mengajukan gugatan ke MK jika keberatan dengan hasil Pilkada. Itu kan bagian dari demkorasi," katanya seusai melakukan sosialisasi pencalonannya di Desa Kayuambon, Kecamatan Lembang, Kamis (18/4).

Meski demikian, Erni yang berpasangan dengan Samsul Maarif dari koalisi Golkar dan PPP itu mengaku siap menerima siapa pun pemenang Pilbup nanti. Namun, dia mengajak masyarakat untuk memilih calon pemimpin mereka berdasarkan visi misi yang jelas untuk pembangunan daerah.

Dalam sosialisasi yang dihadiri ratusan warga itu, Ketua Majelis Perempuan Berzikir Bandung Barat itu juga mengajak masyarakat dan relawannya untuk tidak menjelek-jelekkan pasangan calon lain.

Dia meminta agar pendukungnya tidak melakukan tindakan anarkistis yang memicu friksi antarpasangan calon.

"Walaupun di lapangan kami menemukan alat peraga kami hilang dan rusak, biarkan saja. Lebih baik sekarang rapatkan barisan dan melakukan upaya sesuai dengan koridor," tuturnya.

Erni mengungkapkan, ribuan stiker, poster, dan balihonya yang hilang dan rusak itu tersebar di semua kecamatan, terutama Lembang dan Cikalongwetan.

Meski menyayangkan hal itu, dia tak berencana melaporkannya ke Panwas dan meminta agar para pendukungnya tidak terpancing dengan kondisi itu.

"Tidak perlu melakukan hal yang sama, toh nanti juga masyarakat sendiri yang menilai, mana calon pemimpin yang baik buat mereka," ucapnya.

Ketua Relawan Erni-Samsul, Dadan membenarkan bahwa sejumlah alat peraga kampanye nomor 4 itu raib di lapangan. Bahkan, sejumlah stiker yang telah ditempel di rumah-rumah warga juga banyak yang hilang.

Bahkan, menurut dia, beberapa poster dan baliho nomor 4 itu sebagian diganti dengan baliho pasangan calon lain. "Ini sempat membuat para pendukung kesal, tetapi kami diminta untuk tetap berkepala dingin," ujarnya.

Seperti diketahui, tahapan Pilbup Bandung Barat saat ini tengah memasuki tahap sosialisasi para calon.

Ada lima kandidat yang akan meramaikan Pilbup Bandung Barat, yaitu Panji Tirtayasa-Kusna (independen), Aep Nurdin-Kosasih (PKS-Demokrat), Jamu Kertabudi-Agus Yasmin (Hanura, Gerindra), Erni-Samsul (Golkar,PPP), dan Abubakar-Yayat (PDIP) (A-192/A-89)***

Baca Juga

Tokoh Masyarakat Kota Cirebon Layangkan Petisi

POLITIK

CIREBON, (PRLM).- Sembilan tokoh masyarakat Kota Cirebon yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Sadar Konstitusi (Gema Konstitusi), melayangkan petisi, menyoal pelaksanaan pemilihan wakil wali Kota Cirebon.

DPR Tetapkan Calon Kepala BIN dan Panglima TNI

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Proses panjang Komisi I DPR RI untuk memberikan pertimbangan calon Kepala BIN dan persetujuan terhadap pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI yang telah disampaikan Presiden Joko Widodo, sesuai mekanisme, berujung pada pengambilan putusan tingkat II di paripurna.

Baleg: Revisi UU KPK Diusulkan Pemerintah

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Badan Legislasi (Baleg) DPR membeberkan, asal mula pengusul revisi UU KPK adalah pemerintah. Baleg DPR punya bukti tertulis, pada 16 Juni 2015, Menkumham Yasonna Laoly mengajukan 3 RUU. DPR mempertanyakan, kenapa sekarang mencabutnya dari Prolegnas.

Pilkada Serentak 9 Desember 2015 Disepakati Semua Pimpinan Parpol

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengumpulkan para pimpinan partai politik (parpol), di rumah dinasnya Jl. Diponegoro, Menteng, Jakarta, Senin (13/7/2015) malam.