Pemilihan Bupati Kuningan Dijadwalkan 15 September 2013

POLITIK
WAKIL Bupati Kuningan H. Momon Rochmana (keempat kanan) didampingi Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, tengah menyampaikan arahan pada acara penyerahan data potensial penduduk untuk Pemilukada Kuningan 2013, bertempat di Gedung Purbawisesa Kuningan,
TOTO SANTOSA/PRLM
WAKIL Bupati Kuningan H. Momon Rochmana (keempat kanan) didampingi Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, tengah menyampaikan arahan pada acara penyerahan data potensial penduduk untuk Pemilukada Kuningan 2013, bertempat di Gedung Purbawisesa Kuningan, Kamis (18/4/13).*

KUNINGAN, (PRLM).- Pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Kuningan untuk periode 2013-2018 mendatang, dijadwalkan pada Minggu, 15 September 2013. Sementara jumlah pemilih berdasarkan data terakhir tercatat 808.609 jiwa.

Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang dikemas dalam rekaman Compact Disk (CD), diserahseritamakan dari Pemerintah Kabupaten Kuningan kepada KPUD Kabupaten Kuningan, sebagai salah satu tahapan dalam penyiapan data penduduk untuk Pemilukada, bertempat di Gedung Purbawisesa Kuningan, Kamis (18/4/13).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuningan H. Maman Hermansyah, menegaskan, maksud dari penyerahan DP4 adalah untuk menyediakan data kependudukan guna mendukung suksesnya penyelengaraan Pemilukada tahun 2013. Selain itu, untuk menyiapkan data sebagai bahan bagi KPUD Kabupaten Kuningan untuk menyusun Daftar Pemilih Sementara (DPS) sampai menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Untuk pemutakhiran data, merupakan kewenangan KPUD. Sedangkan DP4 diserahkan dari Pemda kepada KPUD, sesuai tahapan yang telah ditetapkan untuk selanjutnya diverifikasi dan diproses lebih lanjut melalui tahapan pemutakhiran data pemilih, penyusunan dan pengumuman DPS sampai menjadi DPT.

Data yang diserahkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kuningan sebanyak 808.609 jiwa yang dikemas dalam bentuk CD. Dari jumlah tersebut, laki-laki sebanyak 421.225 jiwa dan perempuan sebanyak 387.384. Data tersebut berdasarkan pemutakhiran sampai dengan akhir Desember 2012 dari jumlah penduduk 1.129.223 jiwa.

“Kami menyerahkan DP4 kepada KPUD untuk selanjutnya diverifikasi,” paparnya.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Kuningan H. Momon Rochmana, Kapolres Kuningan AKBP Wahyu Bintono Hari Bawono, S.ik, Dandim 0615 Letkol Kav. Sugeng Waskito Aji, Kepala Kejaksaaan Negeri Rafly, SH, Wakil Ketua DPRD Toto Suharto, Ketua KPUD Kabupaten Kuningan Endun Abdul Haq, unsur Panwas Kab. Kuningan, para Camat Se-Kabupaten Kuningan dan para undangan lainnya. (A-164/A_88)***

Baca Juga

DPR Perlu Bermitra Strategis Dengan Pers

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).-Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan dalam upaya meningkatkan kinerja DPR RI, dewan perlu bermitra strategis dengan pers. Di mana pers diharapkan ikut menyosialisasikan tugas pokok dan fungsi DPR RI.

‎Dana Aspirasi Rp 20 M Tiap Anggota DPRD Pasti Terealisasi

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Usulan dana aspirasi Rp 20 miliar per anggota Dewan Perwakilan Rakyat dipastikan terealisasi. Kamis (11/6/2015), Badan Legislasi DPR membentuk panitia kerja untuk menyusun peraturan DPR tentang dana program pembangunan daerah pemilihan tersebut.

Dugaan Korupsi Massal di Dana Aspirasi

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Direktur Centre for Budget Analysis, Uchok Sky Khadafi, mengatakan ‎dugaan korupsi massal bisa timbul jika melihat kondisi dapil masing-masing anggota dewan, yakni dana aspirasi ini muncul dari konstituen ketika mereka reses di dapil.

Dua Pasal UU MD3 Disalahtafsirkan, NasDem Tolak Dana Aspirasi

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Fraksi Partai NasDem DPR RI menolak usulan dan pembahasan dana aspirasi Rp 20 miliar tersebut, karena sejumlah pihak salah menafsirkan Undang-undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3). Karena itu, NasDem mendesak DPR merevisi UU MD3 tersebut.