Pemilihan Bupati Kuningan Dijadwalkan 15 September 2013

POLITIK
WAKIL Bupati Kuningan H. Momon Rochmana (keempat kanan) didampingi Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, tengah menyampaikan arahan pada acara penyerahan data potensial penduduk untuk Pemilukada Kuningan 2013, bertempat di Gedung Purbawisesa Kuningan,
TOTO SANTOSA/PRLM
WAKIL Bupati Kuningan H. Momon Rochmana (keempat kanan) didampingi Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, tengah menyampaikan arahan pada acara penyerahan data potensial penduduk untuk Pemilukada Kuningan 2013, bertempat di Gedung Purbawisesa Kuningan, Kamis (18/4/13).*

KUNINGAN, (PRLM).- Pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Kuningan untuk periode 2013-2018 mendatang, dijadwalkan pada Minggu, 15 September 2013. Sementara jumlah pemilih berdasarkan data terakhir tercatat 808.609 jiwa.

Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang dikemas dalam rekaman Compact Disk (CD), diserahseritamakan dari Pemerintah Kabupaten Kuningan kepada KPUD Kabupaten Kuningan, sebagai salah satu tahapan dalam penyiapan data penduduk untuk Pemilukada, bertempat di Gedung Purbawisesa Kuningan, Kamis (18/4/13).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuningan H. Maman Hermansyah, menegaskan, maksud dari penyerahan DP4 adalah untuk menyediakan data kependudukan guna mendukung suksesnya penyelengaraan Pemilukada tahun 2013. Selain itu, untuk menyiapkan data sebagai bahan bagi KPUD Kabupaten Kuningan untuk menyusun Daftar Pemilih Sementara (DPS) sampai menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Untuk pemutakhiran data, merupakan kewenangan KPUD. Sedangkan DP4 diserahkan dari Pemda kepada KPUD, sesuai tahapan yang telah ditetapkan untuk selanjutnya diverifikasi dan diproses lebih lanjut melalui tahapan pemutakhiran data pemilih, penyusunan dan pengumuman DPS sampai menjadi DPT.

Data yang diserahkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kuningan sebanyak 808.609 jiwa yang dikemas dalam bentuk CD. Dari jumlah tersebut, laki-laki sebanyak 421.225 jiwa dan perempuan sebanyak 387.384. Data tersebut berdasarkan pemutakhiran sampai dengan akhir Desember 2012 dari jumlah penduduk 1.129.223 jiwa.

“Kami menyerahkan DP4 kepada KPUD untuk selanjutnya diverifikasi,” paparnya.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Kuningan H. Momon Rochmana, Kapolres Kuningan AKBP Wahyu Bintono Hari Bawono, S.ik, Dandim 0615 Letkol Kav. Sugeng Waskito Aji, Kepala Kejaksaaan Negeri Rafly, SH, Wakil Ketua DPRD Toto Suharto, Ketua KPUD Kabupaten Kuningan Endun Abdul Haq, unsur Panwas Kab. Kuningan, para Camat Se-Kabupaten Kuningan dan para undangan lainnya. (A-164/A_88)***

Baca Juga

Akbar Tanjung Anggap Kasus Yance Bermuatan Politis

POLITIK

BANDUNG, (PRLM).- Politisi senior Partai Golkar Akbar Tanjung, menyatakan kasus PLTU Sumuradem yang menyeret Irianto MS Syafiudin (Yance) bermuatan politis. Pasalnya sejauh ini tidak ada bukti yang bisa dijadikan dasar bahwa Yance melakukan tindakan korupsi.

Effendi Simbolon Merasa Perlu Ajukan Hak Angket BBM

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Anggota Komisi I FPDIP DPR Effendi MS Simbolon menilai selama setengah tahun memerintah ini sudah banyak pelanggaran konstitusi yang dilakukan oleh pemerintahan Jokowi-JK khususnya terhadap kenaikan harga BBM yang diserahkan ke mekanisme pasar.

Kisruh Golkar

Kubu Agung tak Berwenang Putuskan Pencalonan Pilkada

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Menindaklanjuti putusan sela Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta untuk Partai Golkar, Kuasa Hukum kubu Aburizal Bakrie menegaskan DPP Golkar hasil Munas Pekanbaru yang berwenang mencalonkan.

Mobil Dinas

Dadang Rusdiana, "‎Anggota DPRD Boleh Gunakan Mobil Negara, DPR Tidak"

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).-‎ ‎Sejumlah elemen masyarakat meminta Pemerintah membatalkan pemberian subsidi uang muka pembelian mobil pribadi untuk pejabat negara termasuk DPR. Menanggapi hal itu, Anggota DPR Dadang Rusdiana menilai kebijakan Pemerintah bukan hal yang berlebihan.