Seluruh Warga Blok Cigintung Mengungsi Karena Pergerakan Tanah

JAWA BARAT
MASYARAKAT di Blok Cigintung, Desa Cimuncang, kecamatan Malausma Kab Majalengka sedang menunggu kendaraan untuk mengangkut barang mereka ke lokasi pengungsian, Rabu (17/4/13). Seluruh warga di Blok Cigintung, Desa Cimuncang, kecamatan Malausma  mengungsi
TATI PURNAWATI/KC
MASYARAKAT di Blok Cigintung, Desa Cimuncang, kecamatan Malausma Kab Majalengka sedang menunggu kendaraan untuk mengangkut barang mereka ke lokasi pengungsian, Rabu (17/4/13). Seluruh warga di Blok Cigintung, Desa Cimuncang, kecamatan Malausma mengungsi menyusul tanah di lingkungan mereka terus bergerak.*

MAJALENGKA, (PRLM).- Sebanyak 600 Kepala Keluarga atau sebanyak 1.600 jiwa warga Blok Cigintung, Desa Cimuncang, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka kini mengungsi ke rumah kerabat atau familinya masing-masing menyusul seluruh pemukiman dan kondisi tanah di wilayah tersebut terus bergerak dan anjlok sekitar 0,5 cm setiap jamnya.

Bahkan di beberapa titik ruas jalan antara Blok Cigintung menuju ibu kota desa Cimuncang tepatnya sekitar 10 meter dari ujung perkampungan, tanah anjok sedalam 1,5 hingga 2 meter. Hasil pengukuran Dinas Bina Marga dan Ciptakarya anjloknya jalan di titik petama mencapai 2 m dengan bentangan hingga 17 m. Sekitar 20 m dari lokasi tersebut juga terjadi hal serupa hanya bentangannya mencapai 8 m. Demikian juga titik lainnya. Akibatnya ruas jalan tersebut terputus tidak bisa dilalui kendaraan roda empat ataupun roda dua.

Akibat kondisi tersebut PT PLN pun kini melakukan pemadaman listrik untuk wilayah tersebut karena dikhawatirkan akan terjadi gangguan atau kebakaran akibat tiangnya roboh atau akibat lainnya.

Kini seluruh pemukiman di wilayah tersebut kini dikosongkan karena ditinggal mengungsi seluruh penduduknya. Mereka mengosongkan seluruh isi rumahnya, khawatir lahan tanah yang ditempatinya akan anjlok atau longsor seperti yang menimpa gunung Jatipasir yang terjadi pada Minggu kemarin.

“Kami teliti ternyata anjloknya tanah terjadiu setiap jam sekali sekitar 0,5 cm. Itu mulai dirasakan tadi malam sekitar pukul 13.00 WIB. Makanya kami semua hamper tdak tidur karena mengemas barang untuk pindah ke pamili masing-masing,” ungkap Mumin. (C-28/A_88)***

Baca Juga

Minggu Ke-3 Januari, Semua DPA Pemkab Subang Harus Tuntas

JAWA BARAT

SUBANG,(PRLM).- Semua OPD di Pemkab Subang diingatkan harus sudah menyelesaikan Daftar Pengguna Anggaran, paling lambat minggu ke tiga Januari 2016 harus sudah tuntas.

Sebab akhir Januari 2016 akan dilaksanakaan penyerahan DPA sekaligus penandatanganan fakta integritas.

PembagiaN KIS Berdasarkan Tiga Tahap

JAWA BARAT

CIANJUR, (PRLM).- Badan Perlindungan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kab. Cianjur siap membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) bagi fakir miskin dan tidak mampu. KIS tersebut saat ini sudah dicetak secara keseluruhan dan masih proses memasukkan kedalam amplop untuk dibagikan.

Tim Densus 88 Tangkap Tiga Warga Depok

JAWA BARAT
DEPOK, (PRLM).- Tiga orang warga Depok yakni Saiful, Isro dan Sudirman ditangkap Tim Detasemen Khusus (Densus 88) Antiteror Mabes Polri sekira pukul 4.15 WIB di Jalan H Dul, Pancoranmas Depok.
 

Status Ahmad Tunggu Pernyataan Resmi Mabes Polri

JAWA BARAT

INDRAMAYU, (PRLM).- Kendati beredar rumor bahwa Ahmad Muhazan (25) adalah salah satu pelaku teror bom di Jakarta, pihak kepolisian belum memberikan pernyataan resmi.