Konsumsi Beras di Jabar Tinggi, Lakukan Diversifikasi Pangan

BANDUNG, (PRLM).- Tingginya tingkat konsumsi beras di Jawa Barat (Jabar) serta semakin terbatas lahan pertanian membuat masyarakat dituntut untuk melakukan diversifikasi atau penganekaragaman pangan.

Oleh sebab itu, pemanfaatan lahan pekarangan harus dilakukan sebagai sumber pangan masyarakat.

Demikian kata Kepala Sub Bidang Keanekaragaman Konsumsi Badan Ketahanan Pangan Daerah Pemerintah Provinsi Jabar Hera Susanti saat menjadi pembicara dalam acara 'Sosialisasi Program Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Melalui Optimalisasi Lahan Pekarangan Dengan Konsep Model Kawasan Rumah Pangan Lestari' (M-KRPL) Kota Bandung 2013 di Gedung Korpri, Jalan Turangga, Senin (15/4/13).

Menurut Hera, indeks konsumsi masyarakat Jabar mencapai 94, 33 poin, masih tinggi dibanding rata-rata konsumsi di ASEAN. "Mengapa diversifikasi pangan penting, karena pola konsumsi kita pun belum seragam. Masyarakat Jabar masih makan nasi dibanding konsumsi lainnya sehingga terkadang kekurangan konsumsi buah dan sumber makanan hewani," ucap Hera.

Dengan pemanfaatan lahan pekarangan, tuturnya, percepatan sumber dan pola pangan masyarakat di Jabar bisa terdongkrak. "Diharapkan pula pola pangan harapan kita menjadi lebih beragam. Kita bisa mengambil sumber makanan seperti cabe rawit serta berbagai sayuran dari pekarangan rumah sendiri," ucap Hera.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda mengakui keterbatas lahan Kota Bandung sebagai sumber pangan untuk warganya. Oleh karena itu, baginya, berbagai tanaman produktif bisa ditanam dengan menggunakan pot atau polybag untuk mengantisipasi minimnya lahan. (A-201/A_88)***

Baca Juga

Menpar Arief Yahya Jajaki E-Commerce Alibaba

JAKARTA, (PR).- Kemenpar terus menjajaki semua platform online untuk menajamkan promosi Wonderful Indonesia hingga ke level sales. Bukan hanya bermain di mesin pencari atau searching engine, seperti Baidu atau Google. Tetapi sampai landing ke tahap booking dan payment yang konkret.

Fitra Desak Pembatalan RUU Pengampunan Pajak

JAKARTA, (PR).- Sekretariat Nasional (Seknas) Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) menyayangkan sikap pemerintah yang memperbolehkan pelaku korupsi memanfaatkan fasilitas yang ada dalam Undang-undang Pengampunan Pajak (tax amnesty) jika rancangan UU itu lolos.

Pasar Hotel Asia Pasifik Capai Rp 200 Triliun

JAKARTA, (PR).- Pasar bisnis hotel di kawasan Asia Pasifik pada tahun 2017 mendatang diperkirakan mencapai angka Rp 200 triliun. Dari jumlah tersebut penyumbang terbesar yaitu 70 persen, merupakan hotel berbintang tiga ke bawah.

BPS Jawa Barat Catat Defalsi Bulan April 0.37 Persen

BANDUNG, (PR).- Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat mencatat sepanjang April 2016 terjadi deflasi 0,37 persen di wilayah ini. Dengan demikian, laju inflasi tahun kalender (Januari-April 2016) tercatat 0,24 persen sementara laju inflasi tahun ke tahun (year on year) tercatat 3,17 persen.