Tak Perlu Enggan Minta Bantuan LBH

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Masyarakat jangan enggan meminta bantuan lembaga bantuan hukum (LBH) untuk memperjuangkan hak dalam hal permasalahan hukum. Apabila masyarakat tidak berani atau enggan meminta bantuan, LBH harus melakukan upaya penjemputan kepada aspirasi masyarakat.

"Tidak dipungkiri, sebagian masyarakat merasa apatis terhadap proses hukum. Namun, demi rasa keadilan, masyarakat harus menghilangkan anggapan itu," ucap pembina LBH Insani, Dahlan Abdul Hamid saat dijumpai pada sela-sela Launching LBH Insani di Cibogo Indah, Kecamatan Cipatat, Sabtu (13/4/13).

Menurut Dahlan, anggapan apatis masyarakat, bisa jadi muncul karena keadilan hukum belum terimplikasi secara utuh. Selain enggan melaporkan suatu kejadian, dampak sikap apatis masyarakat terhadap hukum, berpotensi memunculkan aksi anarkistis.

Sikap anarkistis, akibat ketidakpercayaan masyarakat terhadap hukum, tetap tidak bisa dibenarkan. Ketika hukum seakan tidak mampu menyentuh keadilan masyarakat, lalu masyarakat ingin memperjuangkan hak hukum, keberadaan LBH bisa menjadi solusi.

Mengenai fungsi keberadaan LBH, tutur Dahlan, masyarakat bisa melakukan pengaduan atas pelayanan dari pemerintah daerah. Misalkan tidak puas dengan pelayanan dari pemerintah daerah, melalui LBH, masyarakat dapat melakukan class action. (A-206/A-88)***

Baca Juga

Pemkab Bandung Akan Perbanyak Fasilitas Umum di Soreang

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Pemkab Bandung akan memperbanyak fasilitas umum di Soreang sehingga Kota Soreang menjadi layak sebagai ibukota Kab. Bandung. Fasilitas itu meliputi gedung budaya dan seni, museum, pusat sains, taman kota, kebun tanaman langka, wisata air, dan kampung Sunda.

Kedisiplinan PNS KBB Masih Rendah

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).-Tingkat kedisiplinan pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat masih belum menunjukkan hasil yang baik. Kebiasaan buruk seperti masuk dan pulang tidak pada waktunya masih tetap berlangsung.

Kembalikan Ornamen KAA atau Diselidiki Polisi

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Polrestabes meminta masyarakat yang mengambil ornamen nama negara peserta Konferensi Asia Afrika segera mengembalikannya. Polisi juga akan menyelidikinya, meski tanpa laporan Pemkot Bandung.

Gempa Nepal

THC Kirim Dua Orang untuk Cari Tiga Rekan Nepal

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Taruna Hiking Club (THC), mengirimkan dua orang anggotanya untuk mencari tiga orang anggota THC yang hingga kini belum ada kabar keberadaannya setelah terjadinya gempa yang ada di Nepal, seperti diketahui gempa berkekuatan 7,9 SR ini menelan korban jiwa hingga ribuan orang.