Tak Perlu Enggan Minta Bantuan LBH

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Masyarakat jangan enggan meminta bantuan lembaga bantuan hukum (LBH) untuk memperjuangkan hak dalam hal permasalahan hukum. Apabila masyarakat tidak berani atau enggan meminta bantuan, LBH harus melakukan upaya penjemputan kepada aspirasi masyarakat.

"Tidak dipungkiri, sebagian masyarakat merasa apatis terhadap proses hukum. Namun, demi rasa keadilan, masyarakat harus menghilangkan anggapan itu," ucap pembina LBH Insani, Dahlan Abdul Hamid saat dijumpai pada sela-sela Launching LBH Insani di Cibogo Indah, Kecamatan Cipatat, Sabtu (13/4/13).

Menurut Dahlan, anggapan apatis masyarakat, bisa jadi muncul karena keadilan hukum belum terimplikasi secara utuh. Selain enggan melaporkan suatu kejadian, dampak sikap apatis masyarakat terhadap hukum, berpotensi memunculkan aksi anarkistis.

Sikap anarkistis, akibat ketidakpercayaan masyarakat terhadap hukum, tetap tidak bisa dibenarkan. Ketika hukum seakan tidak mampu menyentuh keadilan masyarakat, lalu masyarakat ingin memperjuangkan hak hukum, keberadaan LBH bisa menjadi solusi.

Mengenai fungsi keberadaan LBH, tutur Dahlan, masyarakat bisa melakukan pengaduan atas pelayanan dari pemerintah daerah. Misalkan tidak puas dengan pelayanan dari pemerintah daerah, melalui LBH, masyarakat dapat melakukan class action. (A-206/A-88)***

Baca Juga

Kec. Baleendah Adakan Jumat Bersih Massal

BANDUNG RAYA
USEP USMAN NASRULLOH/PRLM

SOREANG,(PRLM).- Aparatur pemerintah bersama dengan sekolah dan warga masyarakat melakukan gerakan "Jumat bersih massal",Jumat (27/3/2015). Gerakan melibatkan ribuan orang yang membersihkan di lingkungannya masing-masing.

Lomba Fotografi dan Lukis Digelar Pelija

BANDUNG RAYA
NURYANI/PRLM

BANDUNG,(PRLM).-Ratusan peserta dari sejumlah kabupaten kota di Jawa Barat mengikuti Lomba Fotografi dan Melukis Lingkungan Piala Gubernur Jabar yang digelar Peduli Lingkungan Jabar di Gedung Sate Jln. Diponegoro Bandung, Minggu (29/3/2015).

Kepergok Curi Sabun Kecantikan, Aji Diamuk Massa

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).-Aji Lesmana (28) terpaksa menerima puluhan bogem mentah setelah tertangkap tangan mencuri satu dus sabun kecantikan di kios Pasar Atas Baru Jln. Kolonel Masturi Kota Cimahi, (30/3/2015). Dengan luka penuh lebam, Aji diamankan aparat kepolisian.

Sudah Hampir Sebulan

Perampokan Emas di Rongga Belum Terungkap

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Sudah hampir sebulan, perampokan sembilan kilogram emas senilai lebih dari Rp 2 miliar di Toko Emas Barokah, Desa Cibedug, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, belum terungkap oleh kepolisian.