Jamkesmas Kab. Bandung Tuntas April

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Penyaluran Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dari pemerintah pusat kepada warga penerima Kabupaten Bandung Barat ditargetkan rampung pada April 2013.

Dengan demikian, Pemkab Bandung Barat telah memiliki data valid, apabila dilakukan penggantian kartu Jamkesmas yang tidak bertuan, Juni mendatang.

"Pemberian Jamkesmas berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pemerintah pusat. Terkadang data penerima Jamkesmas berdasarkan BPS, tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan," ucap staf Seksi Jamkesmas Dinas Kesehatan Kab. Bandung Barat, Tini Rosita saat dijumpai di ruangannya, Jalan Batujajar, Kamis (11/4).

Tini memaparkan, dari 513.443 warga penerima Jamkesmas di Kab. Bandung Barat, sekitar 200.000 diantaranya tidak bertuan. Sejumlah kartu Jamkesmas tidak bertuan terjadi karena penerima sudah meninggal, berpindah lokasi, dan berbagai kondisi lainnya..

"Selain menyalurkan kartu Jamkesmas, Kemenkes memberikan data penerima melalui cakram. Data itu sudah tersebar ke setiap tingkat desa," ucap Tini.

Mengenai penggantian penerima Jamkesmas, tutur Tini, pihaknya mengalihkan kepada penerima Jamkesda yang menderita penyakit katastopik. Pengobatan Jenis penyakit itu membutuhkan biaya besar, sehingga relatif tidak terakomodasi oleh Jamkesda.

Kepala Dinkes Kab. Bandung Barat, Pupu Sari Rohayati menuturkan, pihak pemkab bisa turut andil dalam penentuan penerima Jamkesmas. Hal itu baru berlaku pada tahun 2013.

Dengan begitu, pengalihan Jamkesmas kepada penerima Jamkesda penderita penyakit katastopik sudah terlindungi payung hukum. Sebelumnya, pemkab sama sekali tidak memiliki kewenangan dalam menentukan penerima Jamkesmas. (A-206/A-26)***

Baca Juga

Wali Kota Cimahi Imbau Pengusaha Bayar THR Pekerja

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).-Wali Kota Cimahi Atty Suharti mengimbau para pengusaha untuk membayar hak pekerjanya mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) paling lambat H-7 Lebaran 2015. Dalam suasana mudik lebaran, para pekerja sangat membutuhkan dana THR tersebut.

Akses Masuk dan Keluar Kompleks Pemkab Bandung Barat akan Ditertibkan

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Jalur masuk dan keluar Kompleks Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat di sebelah selatan akan segera dipasangi portal. Tak lama lagi, kendaraan yang mengakses Kompleks Pemkab Bandung Barat hanya bisa lewat jalur di sebelah utara.

Warga Saguling Keluhkan Pungutan Akta Kelahiran

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Masyarakat Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat mengeluhkan adanya pungutan biaya pembuatan akta kelahiran sebesar Rp 25.000 hingga Rp 30.000 oleh petugas kecamatan. Padahal, seharusnya pembuatan akta kelahiran tersebut bebas biaya alias gratis.

Gaji ke-13 Cair, PNS Harus Belajar Menabung

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).- Gaji ke-13 yang ditunggu-tunggu pegawai negeri sipil (PNS) Kota Cimahi cair, Kamis (1/7/2015). Uang yang didapat sebaiknya digunakan sesuai prioritas kebutuhan.