Jamkesmas Kab. Bandung Tuntas April

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Penyaluran Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dari pemerintah pusat kepada warga penerima Kabupaten Bandung Barat ditargetkan rampung pada April 2013.

Dengan demikian, Pemkab Bandung Barat telah memiliki data valid, apabila dilakukan penggantian kartu Jamkesmas yang tidak bertuan, Juni mendatang.

"Pemberian Jamkesmas berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pemerintah pusat. Terkadang data penerima Jamkesmas berdasarkan BPS, tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan," ucap staf Seksi Jamkesmas Dinas Kesehatan Kab. Bandung Barat, Tini Rosita saat dijumpai di ruangannya, Jalan Batujajar, Kamis (11/4).

Tini memaparkan, dari 513.443 warga penerima Jamkesmas di Kab. Bandung Barat, sekitar 200.000 diantaranya tidak bertuan. Sejumlah kartu Jamkesmas tidak bertuan terjadi karena penerima sudah meninggal, berpindah lokasi, dan berbagai kondisi lainnya..

"Selain menyalurkan kartu Jamkesmas, Kemenkes memberikan data penerima melalui cakram. Data itu sudah tersebar ke setiap tingkat desa," ucap Tini.

Mengenai penggantian penerima Jamkesmas, tutur Tini, pihaknya mengalihkan kepada penerima Jamkesda yang menderita penyakit katastopik. Pengobatan Jenis penyakit itu membutuhkan biaya besar, sehingga relatif tidak terakomodasi oleh Jamkesda.

Kepala Dinkes Kab. Bandung Barat, Pupu Sari Rohayati menuturkan, pihak pemkab bisa turut andil dalam penentuan penerima Jamkesmas. Hal itu baru berlaku pada tahun 2013.

Dengan begitu, pengalihan Jamkesmas kepada penerima Jamkesda penderita penyakit katastopik sudah terlindungi payung hukum. Sebelumnya, pemkab sama sekali tidak memiliki kewenangan dalam menentukan penerima Jamkesmas. (A-206/A-26)***

Baca Juga

Gempa Nepal

THC Kirim Dua Orang untuk Cari Tiga Rekan Nepal

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Taruna Hiking Club (THC), mengirimkan dua orang anggotanya untuk mencari tiga orang anggota THC yang hingga kini belum ada kabar keberadaannya setelah terjadinya gempa yang ada di Nepal, seperti diketahui gempa berkekuatan 7,9 SR ini menelan korban jiwa hingga ribuan orang.

Prostitusi Daring

Tak Layani di Kontrakan, Vila, Atau Kos

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Pada praktik prostitusi daring (online), komunikasi dijalin mllui media sosial. Lantas wanita 'pesanan' diantarkan ke tempta menginap pria hidung belang.

May Day

Tuntut Pemberlakuan UMSK, Ratusan Buruh KBB ke Jakarta

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Dalam rangka peringatan Hari Buruh Internasional, ratusan buruh di Kabupaten Bandung Barat berangkat ke Jakarta untuk menyampaikan aspirasi ke presiden. Para perwakilan buruh di KBB itu menuntut upah minimum sektoral kabupaten/kota (UMSK) segera diberlakukan.

Anak-anak Bersepeda Melihat Pesawat Terbang

BANDUNG RAYA
ANAK-anak bermain sepeda di Jalan Tatanegara yang ditutup dari kendaraan saat pesawat komersial mendarat di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Minggu (3/5/2015).