Headlines

Persalinan “Lotus Birth” Semakin Populer

TEXAS, (PRLM).- Proses persalinan "Lotus Birth" kini semakin populer di kalangan wanita AS. Pasalnya, lewat prosedur ini, bayi yang dilahirkan akan memiliki daya tahan tubuh jauh lebih kuat ketimbang mereka yang lahir normal.

Dalam hal ini, Lotus Birth akan melindungi bayi dari infeksi luka terbuka akibat pemotongan tali pusat. Seperti diketahui, dalam Lotus Birth, usai dilahirkan, tali pusar bayi yang terhubung dengan plasenta itu dibiarkan selama beberapa hari.

Jadi, beda dengan prosedur melahirkan secara umum, tali pusar dan plasenta yang menempel di perut bayi yang lahir via Lotus Birth, tidak langsung dipotong usai ibu bersalin, tetapi dibiarkan mengering dan terputus sendiri.

Menurut bidan ternama asal texas, AS, yang juga pendukung gerakan Lotus Birth, Mary Ceallaigh (47), biasanya butuh waktu 10 hari sampai tali pusar itu putus sendiri.

Dia menambahkan, dengan membiarkan tali pusar bayi itu putus sendiri, maka ini juga akan menguatkan ikatan emosional antara ibu dan anak. Seperti diketahui, plasenta merupakan sumber darah bagi bayi yang kaya zat besi, oksigen dan sejumlah enzim yang dibutuhkan tubuh kita. (A-133/A-108)***

×