Panwascam Berperan Mengidentifikasi Pelanggaran

BANDUNG, (PRLM).- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bandung melantik 90 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Hotel Grand Pasundan, Rabu (10/4/13). Setelah dilantik, Panwascam bertugas mengawasi dan menjamin kelancararan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2013.

Para anggota Panwascam tersebut berasal dari 30 Kecamatan se-Kota Bandung. Setiap kecamatan memiliki tiga Panwascam yang mengawasi kemungkinan terjadinya pelanggaran dalam Pilwalkot. Dalam acara itu, anggota Panwascam membaca naskah pelantikan dan fakta integritas serta menandatangani berita acara. Hadir pula pada pelantikan itu Wali Kota Bandung Dada Rosada, Wakil Wali Kota Ayi Vivananda, Ketua Panwaslu Provinsi Jawa Barat (Jabar) Ihat Subihat, Ketua Panwaslu Kota Bandung Cecep Dudi.

"Panwaslu Kota Bandung berperan sebagai penyeimbang, sedangkan Panwascam berperan strategis selain sebagai wasit juga mengidentifikasi berbagai pelanggaran. Oleh itu, berbagai pelanggaran yang kerap terjadi pada perhelatan Pemilukada bisa diminimalisir," kata Dada Rosada.

"Semoga kegiatan ini mengingatkan kembali pentingnya tugas dan fungsi Panwascam, khususnya untuk menjamin kelancaran pemilu yang jujur dan adil. Diharapkan pula kegiatan menopang visi Kota Bandung sebagai Kota Jasa yang Bermartabat," tambah Dada.

Menurut dia, penyelenggaran Pilwalkot merupakan pekerjaan kolektif yang tak hanya menjadi tanggungjawab KPU. "Penyelenggaraan juga melibatkan peran pemerintah dan partisipasi masyarakat termasuk yang diwadahi panwascam. Jika KPU melaksanakan fungsi teknis strategis, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memiliki peran memfasilitasi penyelenggaraan Pilwalkot itu.

Dikatakannya, pengawasan yang baik berdampak kepada terselenggaranya Pilwalkot berkualitas. "Tugas Panwaslu melaksanakan pengawasan supaya tak ada masalahan dan hasilnya berkualitas. Terutama, mekanisme dan tata cara tak ada pelanggaran. Dengan Pilwalkot yang berkualitas, Wali Kota Bandung yang dhasilkan pun menjadi bagus," ujarnya. (A-201/A-147)***

Baca Juga

Johan Budi, Staf Khusus Kepresidenan

Hadir ke Muktamar PPP, Jokowi Tidak Memihak Salah Satu Kubu

JAKARTA, (PR).- Staf Khusus Presiden Johan Budi menjelaskan, rencana Presiden Joko Widodo hadir dalam Muktamar Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berkaitan dengan keinginan kader-kader dari kedua pihak yang menginginkan islah.

Pemecatan Fahri Akan Timbulkan Perpecahan PKS

JAKARTA, (PR).- Pengamat Politik dari Universitas Indonesia, Muhammad Budyatna meyakini pemecatan Fahri Hamzah sebagai kader di semua tingkatan oleh PKS tidak lepas dari campur tangah pemerintahan.

MENTERI Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, reshuffle, kabinet, jokowi,

Teka-teki Reshuffle Seperti Soal UN, Menteri Tetap Fokus Kerja

JAKARTA, (PR).- Para pembantu presiden tidak merasa terganggu dengan kabar perombakan susunan (reshuffle) kabinet yang akan dilakukan Presiden RI Joko Widodo.

Mereka tidak menemukan adanya masalah sekalipun disebut-sebut dalam daftar nama yang akan diganti.

KETUA Umum Dekopin  Nurdin Halid saat memberikan keterangan pers terkait perkembangan koperasi di Indonesia.*

Airlangga Bidik Golkar Satu atas Dukungan Nurdin Halid

BANDA ACEH, (PR).- Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar di Bali 7 Mei 2016 dipastikan akan menjadi ajang pertarungan dua kandidat Calon Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Ade Komarudin. Keduanya sama-sama memiliki peluang menuju Golkar satu.