Panwascam Berperan Mengidentifikasi Pelanggaran

BANDUNG, (PRLM).- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bandung melantik 90 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Hotel Grand Pasundan, Rabu (10/4/13). Setelah dilantik, Panwascam bertugas mengawasi dan menjamin kelancararan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2013.

Para anggota Panwascam tersebut berasal dari 30 Kecamatan se-Kota Bandung. Setiap kecamatan memiliki tiga Panwascam yang mengawasi kemungkinan terjadinya pelanggaran dalam Pilwalkot. Dalam acara itu, anggota Panwascam membaca naskah pelantikan dan fakta integritas serta menandatangani berita acara. Hadir pula pada pelantikan itu Wali Kota Bandung Dada Rosada, Wakil Wali Kota Ayi Vivananda, Ketua Panwaslu Provinsi Jawa Barat (Jabar) Ihat Subihat, Ketua Panwaslu Kota Bandung Cecep Dudi.

"Panwaslu Kota Bandung berperan sebagai penyeimbang, sedangkan Panwascam berperan strategis selain sebagai wasit juga mengidentifikasi berbagai pelanggaran. Oleh itu, berbagai pelanggaran yang kerap terjadi pada perhelatan Pemilukada bisa diminimalisir," kata Dada Rosada.

"Semoga kegiatan ini mengingatkan kembali pentingnya tugas dan fungsi Panwascam, khususnya untuk menjamin kelancaran pemilu yang jujur dan adil. Diharapkan pula kegiatan menopang visi Kota Bandung sebagai Kota Jasa yang Bermartabat," tambah Dada.

Menurut dia, penyelenggaran Pilwalkot merupakan pekerjaan kolektif yang tak hanya menjadi tanggungjawab KPU. "Penyelenggaraan juga melibatkan peran pemerintah dan partisipasi masyarakat termasuk yang diwadahi panwascam. Jika KPU melaksanakan fungsi teknis strategis, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memiliki peran memfasilitasi penyelenggaraan Pilwalkot itu.

Dikatakannya, pengawasan yang baik berdampak kepada terselenggaranya Pilwalkot berkualitas. "Tugas Panwaslu melaksanakan pengawasan supaya tak ada masalahan dan hasilnya berkualitas. Terutama, mekanisme dan tata cara tak ada pelanggaran. Dengan Pilwalkot yang berkualitas, Wali Kota Bandung yang dhasilkan pun menjadi bagus," ujarnya. (A-201/A-147)***

Baca Juga

Dukung Pemerintah, Tingkat Elektoral Golkar Naik 15 Persen

JAKARTA. (PR).- Apabila kurang cerdas, PDI Perjuangan bisa disalip oleh Partai Golkar. Golkar sudah cerdas dengan mendeklarasikan dukungan kepada Joko Widodo. Hal ini tentu saja berdampak pada tingkat elektoral Golkar.

Gerindra Mulai Bahas Pilgub Jabar

BANDUNG, (PR).- Agenda Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 mendatang menjadi salah satu bahasan utama dalam Rapat kordinasi daerah (Rakorda) Partai Gerindra Jawa Barat tahun 2016.

DPP Golar Belum Tentukan Calon di Pilgub Jabar

BANDUNG,(PR).- Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar belum menentukan calon gubernur maupun calon wagub yang akan diusung dalam pemilihan gubernur Jabar pada tahun 2018.