Lomba Desa Jangan Cuma Habiskan Anggaran

SUMBER, (PRLM).- Anggota Komisi X DPR RI, H. Nurul Komar menyatakan, kegiatan lomba desa jangan sampai terjebak kepada kegiatan rutinitas serta seremonial yang ujung-ujungnya cuma menghabiskan anggaran.

"Seharusnya setelah desa tersebut menang dalam lomba, maka konsekuensinya harus ada peningkatan status seperti dari desa swasembada meningkat jadi desa mandiri terus meningkat lagi menjadi desa Pancasila," kata Komar menanggapi lomba desa tingkat Kabupaten Cirebon di Desa Cirebon Girang, Kecamatan Talun, salah satu desa yang dipantau tim penilai, Rabu (10/4/2013).

Menurut mantan pelawak Empat Sekawan tersebut, desa Pancasila merupakan klasifikasi yang tertinggi, artinya, sebuah karater desa yang tidak hanya mampu membiayai dirinya sendiri, namun, penghasilan desa itu bisa disumbangkan kepada negara. Untuk itu, ke depan perlu diperbaiki bersama-sama dan jangan sampai kepala desa atau kuwu mengharapkan harta karun ADD. "Karena, ADD itu sudah jelas ada juklak-juknis dan perbupnya," ujar Komar.

Disebutkan, ke depan lomba desa diadakan tidak lagi hanya menghabiskan anggaran atau serimonial, tetapi, berbasis pada kegiatan sehingga tim penilai mengetahui kondisi desa tersebut seperti ada berapa masyarakat yang masih buta aksara, jumlah kaum dzuafa dan fakir miskinnya.

Sementara itu, Kuwu Cirebon Girang, Ja’a Slamet Samudin menyatakan optimistis pemerintahan desa yang dipimpinnya mampu bersaing serta siap menjuarai lomba desa tingkat Kabupaten Cirebon tahun 2013.(A-146/A-147)***

Baca Juga

Tim Kejari Jemput Paksa Wakit Ketua DPRD Majalengka

MAJALENGKA,(PR).- Wakil Ketua DPRD Majalengka Ali Surahman asal partai Gerindra, dijemput paksa tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Majalengka di ruang kerjanya di DPRD Majalengka ketika yang bersangkutan akan mengikuti sidang paripurna PAW salah seorang anggota dewan dari Partai Demokrat, yan

Tim Sergap TNI Lakukan Sidak ke Gudang Bulog Kasokandel

MAJALENGKA, (PR).- Tim Serapan Gabah Petani (Sergap) dari Markas Besar TNI lakukan sidak ke Gudang Bulog Kasokandel, Desa Kasokandel, Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka dan pabrik penggilingan padi di Desa Ligung, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka untuk memastikan pemenuhan target se

Ngarewahkeun, Tradisi Jelang Ramadan di Banjaran

MENYAMBUT bulan suci Ramadan ada kebiasaan warga disejumlah desa di Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka yakni melakukan kirim-kirim makanan kepada sanak pamili yang diistilahkan warga setempat dengan “ngarewahkeun”.

Alih Kelola Belum Final, BIJB Teken MoU dengan Citilink

BANDUNG,(PR).- Keputusan soal alih kelola Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka dari pemerintah pusat belum terbit. Namun, PT BIJB tetap menjalankan peran mereka sesuai dengan Perda No.22/2013 unutk merencanakan, membangun, mengoperasikan dan mengembangkan bandara.