Lomba Desa Jangan Cuma Habiskan Anggaran

JAWA BARAT

SUMBER, (PRLM).- Anggota Komisi X DPR RI, H. Nurul Komar menyatakan, kegiatan lomba desa jangan sampai terjebak kepada kegiatan rutinitas serta seremonial yang ujung-ujungnya cuma menghabiskan anggaran.

"Seharusnya setelah desa tersebut menang dalam lomba, maka konsekuensinya harus ada peningkatan status seperti dari desa swasembada meningkat jadi desa mandiri terus meningkat lagi menjadi desa Pancasila," kata Komar menanggapi lomba desa tingkat Kabupaten Cirebon di Desa Cirebon Girang, Kecamatan Talun, salah satu desa yang dipantau tim penilai, Rabu (10/4/2013).

Menurut mantan pelawak Empat Sekawan tersebut, desa Pancasila merupakan klasifikasi yang tertinggi, artinya, sebuah karater desa yang tidak hanya mampu membiayai dirinya sendiri, namun, penghasilan desa itu bisa disumbangkan kepada negara. Untuk itu, ke depan perlu diperbaiki bersama-sama dan jangan sampai kepala desa atau kuwu mengharapkan harta karun ADD. "Karena, ADD itu sudah jelas ada juklak-juknis dan perbupnya," ujar Komar.

Disebutkan, ke depan lomba desa diadakan tidak lagi hanya menghabiskan anggaran atau serimonial, tetapi, berbasis pada kegiatan sehingga tim penilai mengetahui kondisi desa tersebut seperti ada berapa masyarakat yang masih buta aksara, jumlah kaum dzuafa dan fakir miskinnya.

Sementara itu, Kuwu Cirebon Girang, Ja’a Slamet Samudin menyatakan optimistis pemerintahan desa yang dipimpinnya mampu bersaing serta siap menjuarai lomba desa tingkat Kabupaten Cirebon tahun 2013.(A-146/A-147)***

Baca Juga

Oknum Anggota Polda Papua Tercatat di Buku Nikah Kotawaringin Kab.Bandung

JAWA BARAT

TASIKMALAYA, (PRLM).- Tertangkapnya pelaku penipuan dan penggelapan dengan nilai 12 miliar, berawal dari laporan atas kasus penganiayaan yang dilakukan Briptu Eric terhadap istrinya Devi Natalia.

Temuan Kasus HIV-Aids Mencapai 1.053 Kasus

JAWA BARAT

SUBANG, (PRLM).- Akumulasi jumlah temuan kasus HIV-Aids di Kabupaten Subang hingga Maret 2015 ini tercatat sebanyak 1.053 kasus. Dari jumlah tersebut 372 orang di antaranya telah meninggal dunia.

Bacan Doko Bluish Diminati di Festival Batu Akik Purwakarta

JAWA BARAT

PURWAKARTA, (PRLM).- Festival batu akik di Purwakarta yang digelar sejak Selasa (28/4/2015) dan berakhir 3 Mei 2015 ramai dikunjungi warga yang ingin mengetahui dan memiliki batu akik yang disenanginya.

Jelang Pensiun, 186 PNS Majalengka Terima Pembekalan

JAWA BARAT

MAJALENGKA, (PRLM).- Sebanyak 186 Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Majalengka akan menjalani masa pensiun di tahun 2016 mendatang. Mereka berasal dari staf dan eselon IV serta eselon V yang bekerja di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah.