Lomba Desa Jangan Cuma Habiskan Anggaran

SUMBER, (PRLM).- Anggota Komisi X DPR RI, H. Nurul Komar menyatakan, kegiatan lomba desa jangan sampai terjebak kepada kegiatan rutinitas serta seremonial yang ujung-ujungnya cuma menghabiskan anggaran.

"Seharusnya setelah desa tersebut menang dalam lomba, maka konsekuensinya harus ada peningkatan status seperti dari desa swasembada meningkat jadi desa mandiri terus meningkat lagi menjadi desa Pancasila," kata Komar menanggapi lomba desa tingkat Kabupaten Cirebon di Desa Cirebon Girang, Kecamatan Talun, salah satu desa yang dipantau tim penilai, Rabu (10/4/2013).

Menurut mantan pelawak Empat Sekawan tersebut, desa Pancasila merupakan klasifikasi yang tertinggi, artinya, sebuah karater desa yang tidak hanya mampu membiayai dirinya sendiri, namun, penghasilan desa itu bisa disumbangkan kepada negara. Untuk itu, ke depan perlu diperbaiki bersama-sama dan jangan sampai kepala desa atau kuwu mengharapkan harta karun ADD. "Karena, ADD itu sudah jelas ada juklak-juknis dan perbupnya," ujar Komar.

Disebutkan, ke depan lomba desa diadakan tidak lagi hanya menghabiskan anggaran atau serimonial, tetapi, berbasis pada kegiatan sehingga tim penilai mengetahui kondisi desa tersebut seperti ada berapa masyarakat yang masih buta aksara, jumlah kaum dzuafa dan fakir miskinnya.

Sementara itu, Kuwu Cirebon Girang, Ja’a Slamet Samudin menyatakan optimistis pemerintahan desa yang dipimpinnya mampu bersaing serta siap menjuarai lomba desa tingkat Kabupaten Cirebon tahun 2013.(A-146/A-147)***

Baca Juga

Warga Talegong Dapat Bantuan Sumur Bor

GARUT, (PR).- Warga Dusun Citamiang, Desa Mekarmukti, Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut, menyambut baik bantuan pengadaan sumur bor sebagai sumber air bersih. Diharapkan sumur bor tersebut dapat membantu ketersediaan air bersih sebanyak 350 keluarga atau sekitar seribu jiwa.

Ini Tempat Ngabuburit Legendaris di Subang

DARI sejumlah tempat di pusat kota Kabupaten Subang yang biasa dijadikan tempat "ngabuburit", area terbuka di pelataran depan gedung Wisma Karya masih menjadi tempat berkumpul paling digemari warga.

Suasana Mudik Mulai Terasa di Terminal Cikarang

CIKARANG, (PR).- Musim mudik Lebaran 2016 mulai terlihat. Di Terminal Cikarang Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi, sejumlah pemudik terpantau mulai memenuhi terminal. Perantau memilih pulang kampung lebih awal setelah menerima tunjangan hari raya.

Pindang Khas Majalengka Beraroma Khas

MAJALENGKA,(PR).- Pindang khas pasundan di daerah Cicalengka mungkin telah dikenal dengan nama pindang Ma Ecot. Tapi, di daerah Desa Lemahputih, Desa Kepuh, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, pindang ikan mas berasa lidah sunda itu telah dikenal sejak tahun 1950-an.