Class Action atau Lewat Ombudsman

Tempuh Jalur Hukum untuk Desak Pertanggungjawaban Kerusakan Jalan

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Masyarakat harus menempuh jalur hukum untuk menuntut pertanggungjawaban pemerintah karena kerusakan jalan di Kota Bandung. Jalan merupaka fasilitas publik yang diamanatkan dalam undang-undang yang meniscayakan tata kelola yang benar oleh pemerintah.

Demikian kata Pengamat Hukum Universitas Padjadjaran (Unpad) Yesmil Anwar saat dihubungi "PRLM", Selasa (9/4/13). "Masyarakat bisa melakukan class action atau melaporkan ke Ombudsman Jawa Barat (Jabar) karena pelanggaran penyelenggaraan dan pengelolaan fasilitas publik yang tak benar," ucapnya.

Menurut Yesmil, alasan belum diperbaiki jalan yang kerap dikemukan pemerintah sangat teknis dan tak masuk akal.

"Alasan tak diperbaiki jalan dikemukakan pemerintah seperti harus sesuai prosedur dengan menunggu penandatangan kontrak baru atau pun pasokan aspal tak ada itu tak masuk akal," tuturnya.

Semestinya, tutur Yesmil, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Provinsi Jabar dan pusat. sudah bisa memperkirakan datangnya musim hujan yang dituding menjadi penyebab tergerusnya aspal.

"Prosedur perbaikan harus direncanakan, kalau mau musim hujan kan bisa diprediksi," ujar Yesmil.

Bahkan Yesmil menegaskan, pemerintah bisa dipidanakan jika ada korban meninggal kecelakaan akibat jalan rusak. "Coba baca Undang-Undang Lalu Lintas Nomor tahun 2009, di situ disebutkan pemerintah memiliki tanggungjawan pengelolaan selain polisi sebagai pengatur lalu lintas," ucapnya.

Kematian akibat kecelakaan karena fasiltas jalan yang buruk, kata Yesmil, merupakan bentuk pelanggaran terhadap Undang-Undang.

"Pemidanaan ini bisa dilakukan terhadap pimpinan pemerintah baik Provinsi Jabar, Pemerintah Kota Bandung maupun dinas-dinas terkait," tegasnya. (A-201/A-88)***

Baca Juga

Konferensi Asia Afrika 2015

NGO Summit Upaya Perangi Kemiskinan

BANDUNG RAYA

BANDUNG, (PRLM).- Indonesia masih memiliki 28 juta jiwa yang hidup di bawah garis kemiskinan, angka tersebut cukup besar bila dibandingkan dengan upaya-upaya yang sudah dilakukan oleh pemerintah melalui berbagai program pengentasan kemiskinan.

Korpaskhas Ikuti Latihan Penanggulangan Teroris

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) AU kembali mendapat kepercayaan untuk terlibat pada latihan penanggulangan terorisme yang digelar oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Ny. Banu Jabat Ketua PIA Ranting 04-4/G.II Skadik 204

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Ketua Persatuan Islam Angkatan Udara (PIA) Ardhya Garini Cabang 4/Gabungan II Lanud Sulaiman Ny. Nining Djamaluddin memimpin acara serah terima jabatan Ketua PIA Ranting 04-4/G.II Skadron Pendidikan (Skadik) 204 Lanud Sulaiman dari Ny. Sumarsono kepada Ny. Banu Kusworo.

93 Calon Siswa Tamtama Ikuti Penelitian Personal

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Sebanyak 93 calon siswa (casis) Tamtama Prajurit Karier (PK) tahun Anggaran 2015 mengikuti Tes Penelitian Personel (Litpers) di Gedung Cendrawasih Lanud Sulaiman, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung,Senin (25/4/2015).