Terjadi Perubahan Kuota Haji Kabupaten/Kota Tahun 2013

SOREANG, (PRLM).- Kuota haji Jawa Barat yang dibagikan ke kabupaten/kota kemungkinan besar akan mengalami perubahan drastis. Banyak kabupaten/kota yang mengalami kenaikan jumlah kuota hajinya, namun sebagian kabupaten/kota juga mengalami penurunan kuota haji dalam jumlah cukup besar.

Berdasarkan data yang diperoleh “PRLM” dari Kanwil Kemenag Jabar, kuota haji Jawa Barat untuk musim haji tahun 1434 H/2013 masih tetap seperti tahun lalu yakni 37.366 orang. Rencananya untuk musim haji tahun ini jemaah calon haji Jawa Barat akan dibagi dalam 85 kelompok terbang (kloter) dengan masing-masing kloter didampingi lima petugas haji yakni masing-masing seorang untuk Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) serta tiga orang dari Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

Kuota sebanyak 37.366 tersebut lalu dibagikan kepada kabupaten/kota berdasarkan rumus jumlah penduduk Muslim daerah tersebut ditambah dengan jumlah antrean calon haji lalu dibagi dua. Sedangkan kuota untuk Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD) dipisahkan dari kuota reguler.

Menurut Kepala Kemenag Kab. Bandung, H. Cecep Kosasih, pembagian kuota haji kabupaten/kota tersebut akan disahkan pada minggu depan. “Kab. Bandung menginginkan adanya penambahan kuota haji karena melihat dengan jumlah antrean pendaftar haji yang sudah mencapai sembilan tahun. Jumlah penduduk Muslim di Kab. Bandung juga paling besar kedua setelah Kab. Bogor,” katanya di sela-sela seleksi calon petugas haji di Aula Almuhajirin, Kutawaringin, Selasa (9/4/13). (A-71/A-88)***

Baca Juga

PEKERJA  merapikan tabung gas 3 kg yang kosong di salah satu pangkalan di Jalan Baleendah-Banjaran, Kabupaten Bandung, Kamis (2/10/2014). Meski pasokan ditambah, elpiji 3kg masih sulit diperoleh.*

Ridwan Kamil: Gas 3 Kg untuk warga tidak Mampu

BANDUNG, (PR).- Menyikapi banyaknya keluhan warga yang sulit mendapatkan gas 3 kg, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mengeluarkan Surat Edaran Nomor 542/SE.118-DISKOPUKM & Perindag Tentang Imbauan Penggunaan Gas Elpiji.

2 Jam Diguyur Hujan, Jatinangor Banjir

SUMEDANG, (PR).- Ruas jalan Jatinangor, SUmedang terendam banjir setelah diguyur hujan deras sekira 2 jam. Aliran air dari kawasan kampus Unpad dan ITB yang lokasinya lebih tinggi mengalir ke jalan raya. Lalu lintas pun tersendat karena kendaraan tidak bisa melaju kencang.