Terjadi Perubahan Kuota Haji Kabupaten/Kota Tahun 2013

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Kuota haji Jawa Barat yang dibagikan ke kabupaten/kota kemungkinan besar akan mengalami perubahan drastis. Banyak kabupaten/kota yang mengalami kenaikan jumlah kuota hajinya, namun sebagian kabupaten/kota juga mengalami penurunan kuota haji dalam jumlah cukup besar.

Berdasarkan data yang diperoleh “PRLM” dari Kanwil Kemenag Jabar, kuota haji Jawa Barat untuk musim haji tahun 1434 H/2013 masih tetap seperti tahun lalu yakni 37.366 orang. Rencananya untuk musim haji tahun ini jemaah calon haji Jawa Barat akan dibagi dalam 85 kelompok terbang (kloter) dengan masing-masing kloter didampingi lima petugas haji yakni masing-masing seorang untuk Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) serta tiga orang dari Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

Kuota sebanyak 37.366 tersebut lalu dibagikan kepada kabupaten/kota berdasarkan rumus jumlah penduduk Muslim daerah tersebut ditambah dengan jumlah antrean calon haji lalu dibagi dua. Sedangkan kuota untuk Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD) dipisahkan dari kuota reguler.

Menurut Kepala Kemenag Kab. Bandung, H. Cecep Kosasih, pembagian kuota haji kabupaten/kota tersebut akan disahkan pada minggu depan. “Kab. Bandung menginginkan adanya penambahan kuota haji karena melihat dengan jumlah antrean pendaftar haji yang sudah mencapai sembilan tahun. Jumlah penduduk Muslim di Kab. Bandung juga paling besar kedua setelah Kab. Bogor,” katanya di sela-sela seleksi calon petugas haji di Aula Almuhajirin, Kutawaringin, Selasa (9/4/13). (A-71/A-88)***

Baca Juga

Pelebaran Jalan Cipatik, Soreang

BANDUNG RAYA
Pelebaran Jalan Cipatik, Soreang

Wali Kota Cimahi Imbau Pengusaha Bayar THR Pekerja

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).-Wali Kota Cimahi Atty Suharti mengimbau para pengusaha untuk membayar hak pekerjanya mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) paling lambat H-7 Lebaran 2015. Dalam suasana mudik lebaran, para pekerja sangat membutuhkan dana THR tersebut.

Akses Masuk dan Keluar Kompleks Pemkab Bandung Barat akan Ditertibkan

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Jalur masuk dan keluar Kompleks Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat di sebelah selatan akan segera dipasangi portal. Tak lama lagi, kendaraan yang mengakses Kompleks Pemkab Bandung Barat hanya bisa lewat jalur di sebelah utara.

Warga Saguling Keluhkan Pungutan Akta Kelahiran

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Masyarakat Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat mengeluhkan adanya pungutan biaya pembuatan akta kelahiran sebesar Rp 25.000 hingga Rp 30.000 oleh petugas kecamatan. Padahal, seharusnya pembuatan akta kelahiran tersebut bebas biaya alias gratis.