Terjadi Perubahan Kuota Haji Kabupaten/Kota Tahun 2013

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Kuota haji Jawa Barat yang dibagikan ke kabupaten/kota kemungkinan besar akan mengalami perubahan drastis. Banyak kabupaten/kota yang mengalami kenaikan jumlah kuota hajinya, namun sebagian kabupaten/kota juga mengalami penurunan kuota haji dalam jumlah cukup besar.

Berdasarkan data yang diperoleh “PRLM” dari Kanwil Kemenag Jabar, kuota haji Jawa Barat untuk musim haji tahun 1434 H/2013 masih tetap seperti tahun lalu yakni 37.366 orang. Rencananya untuk musim haji tahun ini jemaah calon haji Jawa Barat akan dibagi dalam 85 kelompok terbang (kloter) dengan masing-masing kloter didampingi lima petugas haji yakni masing-masing seorang untuk Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) serta tiga orang dari Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

Kuota sebanyak 37.366 tersebut lalu dibagikan kepada kabupaten/kota berdasarkan rumus jumlah penduduk Muslim daerah tersebut ditambah dengan jumlah antrean calon haji lalu dibagi dua. Sedangkan kuota untuk Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD) dipisahkan dari kuota reguler.

Menurut Kepala Kemenag Kab. Bandung, H. Cecep Kosasih, pembagian kuota haji kabupaten/kota tersebut akan disahkan pada minggu depan. “Kab. Bandung menginginkan adanya penambahan kuota haji karena melihat dengan jumlah antrean pendaftar haji yang sudah mencapai sembilan tahun. Jumlah penduduk Muslim di Kab. Bandung juga paling besar kedua setelah Kab. Bogor,” katanya di sela-sela seleksi calon petugas haji di Aula Almuhajirin, Kutawaringin, Selasa (9/4/13). (A-71/A-88)***

Baca Juga

Kec. Baleendah Adakan Jumat Bersih Massal

BANDUNG RAYA
USEP USMAN NASRULLOH/PRLM

SOREANG,(PRLM).- Aparatur pemerintah bersama dengan sekolah dan warga masyarakat melakukan gerakan "Jumat bersih massal",Jumat (27/3/2015). Gerakan melibatkan ribuan orang yang membersihkan di lingkungannya masing-masing.

Lomba Fotografi dan Lukis Digelar Pelija

BANDUNG RAYA
NURYANI/PRLM

BANDUNG,(PRLM).-Ratusan peserta dari sejumlah kabupaten kota di Jawa Barat mengikuti Lomba Fotografi dan Melukis Lingkungan Piala Gubernur Jabar yang digelar Peduli Lingkungan Jabar di Gedung Sate Jln. Diponegoro Bandung, Minggu (29/3/2015).

Kepergok Curi Sabun Kecantikan, Aji Diamuk Massa

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).-Aji Lesmana (28) terpaksa menerima puluhan bogem mentah setelah tertangkap tangan mencuri satu dus sabun kecantikan di kios Pasar Atas Baru Jln. Kolonel Masturi Kota Cimahi, (30/3/2015). Dengan luka penuh lebam, Aji diamankan aparat kepolisian.

Sudah Hampir Sebulan

Perampokan Emas di Rongga Belum Terungkap

BANDUNG RAYA

NGAMPRAH, (PRLM).- Sudah hampir sebulan, perampokan sembilan kilogram emas senilai lebih dari Rp 2 miliar di Toko Emas Barokah, Desa Cibedug, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, belum terungkap oleh kepolisian.