Terjadi Perubahan Kuota Haji Kabupaten/Kota Tahun 2013

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Kuota haji Jawa Barat yang dibagikan ke kabupaten/kota kemungkinan besar akan mengalami perubahan drastis. Banyak kabupaten/kota yang mengalami kenaikan jumlah kuota hajinya, namun sebagian kabupaten/kota juga mengalami penurunan kuota haji dalam jumlah cukup besar.

Berdasarkan data yang diperoleh “PRLM” dari Kanwil Kemenag Jabar, kuota haji Jawa Barat untuk musim haji tahun 1434 H/2013 masih tetap seperti tahun lalu yakni 37.366 orang. Rencananya untuk musim haji tahun ini jemaah calon haji Jawa Barat akan dibagi dalam 85 kelompok terbang (kloter) dengan masing-masing kloter didampingi lima petugas haji yakni masing-masing seorang untuk Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) serta tiga orang dari Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

Kuota sebanyak 37.366 tersebut lalu dibagikan kepada kabupaten/kota berdasarkan rumus jumlah penduduk Muslim daerah tersebut ditambah dengan jumlah antrean calon haji lalu dibagi dua. Sedangkan kuota untuk Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD) dipisahkan dari kuota reguler.

Menurut Kepala Kemenag Kab. Bandung, H. Cecep Kosasih, pembagian kuota haji kabupaten/kota tersebut akan disahkan pada minggu depan. “Kab. Bandung menginginkan adanya penambahan kuota haji karena melihat dengan jumlah antrean pendaftar haji yang sudah mencapai sembilan tahun. Jumlah penduduk Muslim di Kab. Bandung juga paling besar kedua setelah Kab. Bogor,” katanya di sela-sela seleksi calon petugas haji di Aula Almuhajirin, Kutawaringin, Selasa (9/4/13). (A-71/A-88)***

Baca Juga

Tim Gabungan Kembali Menggeledah Rumah di Bojong Malaka

BANDUNG RAYA
TIM gabungan kepolisian melakukan penggeledahan di sebuah rumah di Kompleks Bojong Malaka Indah Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, Selasa (12/1/2016). Rumah yang digeledah tersebut diduga merupakan rumah terduga teroris yang diamankan Densus 88 Antite

SOREANG, (PRLM).- Tim gabungan Polda Jabar, Polres Bandung, Polrestabes Bandung, Unit Jibom Brimob Polda Jabar, dan Densus 88 Antiteror, kembali menggeledah sebuah rumah di Kompleks Bojong Malaka Indah, Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, Selasa (12/1/2016).

Pemkab Bandung Sediakan Rp 325 Juta Untuk Fogging Gratis

BANDUNG RAYA

SOREANG, (PRLM).- Mengantisipasi penyakit yang timbul akibat anomali cuaca khususnya penyakit demam berdarah dangue, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung mengalokasikan Rp 325 juta pada tahun ini untuk program fogging gratis kepada masyarakat.

Anak Hanyut Terseret Limpasan Air

BANDUNG RAYA

CIMAHI, (PRLM).- Tingginya curah hujan membuat air melimpas dari saluran drainase menyeret seorang anak laki-laki yang sedang berjalan kaki melintasi ruas perempatan Jln. Kolonel Masturi Kota Cimahi, Rabu (13/1/2016). Tubuh anak tersebut hanyut masuk ke saluran air dan masih dalam pencarian.

Bebek Berjemur di Sawah yang Masih Ada

BANDUNG RAYA
SEKELOMPOK bebek berjemur di pematang sawah yang masih ada di persimpangan Jln. Tanjungsari Asri - Sindang Sari, Kel. Antapani Wetan, Kota Bandung, Jumat (15/1/2016). Alih fungsi lahan mendesak sawah-sawah produktif di perkotaan.*