Diduga Bagikan Uang ke Masyarakat

Cabup KBB Petahana Abubakar Dilaporkan

POLITIK

NGAMPRAH, (PRLM).- Calon Bupati Bandung Barat petahana nomor urut 5, Abubakar dilaporkan Tim Relawan Pasangan Calon nomor 3, Jamu Kertabudi-Agus Yasmin (JK-AY) ke Panitia Pengawas Pemilukada (Panwaslu) setempat.

Abubakar dilaporkan atas dugaan pelanggaran pemilukada dengan membagi-bagikan uang kepada masyarakat. "Laporan disertai bukti-buktinya, sudah kami serahkan ke Panwaslu pekan lalu," kata Kustiwa Kartawiria, Wakil Ketua Tim Relawan JK-AY didampingi sekretarisnya, Gunawan Rasyid.

Kustiwa mengungkapkan, tim relawan JK-AY menemukan dugaan pelanggaran Pemilukada yang dilakukan Abubakar pada Senin (1/4) pekan lalu. Dalam acara tabligh akbar di Desa Cirawamekar, Kecamatan Cipatat, Abubakar membagi-bagikan sejumlah uang kepada masyarakat diiringi ajakan untuk memilihnya pada pencoblosan 19 Mei nanti.

Momen yang hanya berlangsung sekitar 10 menit itu diabadikan melalui kamera ponsel salah seorang relawan JK-AY. Dalam foto tersebut, Abubakar tampak berpidato sambil memegang mikrofon dan sejumlah uang di atas panggung.

Kustiwa melaporkan kejadian itu kepada Panwaslu Kabupaten Bandung Barat pada 3 April, atau dua hari setelah kejadian. Dia berharap agar Panwaslu memproses laporan tersebut secara objektif dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Jangan sampai karena yang dilaporkan itu calon petahana, Panwas jadi setengah-setengah memprosesnya," kata Kustiwa. (A-192/A-26).***

Baca Juga

Bawaslu Temukan Praktik Mahar Politik

POLITIK
JAKARTA, (PRLM).- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menemukan praktik mahar politik dari sejumlah partai terhadap bakal calon (balon) kepala daerah yang akan ikut serta dalam Pilkada serentak.
 

Pilkada Serentak 2015

Tak Perlu Perppu, Hanya 7 dari 269 Provinsi dan Kab/Kota yang Calon Tunggal

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Pakar hukum tata negara Irman Putra Sidin menilai kalau hanya di tujuh daerah yang tunggal, bukan berarti parpol gagal melakukan kaderisasi, melainkan parpol di 7 daerah tersebut yang gagal, karena dari 269 daerah provinsi dan kabupaten/kota hanya 7 daerah yang ada pasangan tung

Persis Haramkan Golput

POLITIK

BANDUNG, (PRLM).- Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis) tidak memperbolehkan pengurus dan kader-kadernya untuk bersikap tak memilih atau golput termasuk dalam Pilkada serentak pada 9 Desember mendatang.

Seskab Siap Komunikasi Terbuka

POLITIK

JAKARTA,(PRLM).- Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan sebagai sekretaris kabinet baru dia akan berkomunikasi lebih terbuka dengan berbagai pihak ke depan. Komunikasi akan dilakukan lebih intens baik ke dalam kabinet kerja maupun ke luar termasuk dengan partai politik.