Diduga Bagikan Uang ke Masyarakat

Cabup KBB Petahana Abubakar Dilaporkan

POLITIK

NGAMPRAH, (PRLM).- Calon Bupati Bandung Barat petahana nomor urut 5, Abubakar dilaporkan Tim Relawan Pasangan Calon nomor 3, Jamu Kertabudi-Agus Yasmin (JK-AY) ke Panitia Pengawas Pemilukada (Panwaslu) setempat.

Abubakar dilaporkan atas dugaan pelanggaran pemilukada dengan membagi-bagikan uang kepada masyarakat. "Laporan disertai bukti-buktinya, sudah kami serahkan ke Panwaslu pekan lalu," kata Kustiwa Kartawiria, Wakil Ketua Tim Relawan JK-AY didampingi sekretarisnya, Gunawan Rasyid.

Kustiwa mengungkapkan, tim relawan JK-AY menemukan dugaan pelanggaran Pemilukada yang dilakukan Abubakar pada Senin (1/4) pekan lalu. Dalam acara tabligh akbar di Desa Cirawamekar, Kecamatan Cipatat, Abubakar membagi-bagikan sejumlah uang kepada masyarakat diiringi ajakan untuk memilihnya pada pencoblosan 19 Mei nanti.

Momen yang hanya berlangsung sekitar 10 menit itu diabadikan melalui kamera ponsel salah seorang relawan JK-AY. Dalam foto tersebut, Abubakar tampak berpidato sambil memegang mikrofon dan sejumlah uang di atas panggung.

Kustiwa melaporkan kejadian itu kepada Panwaslu Kabupaten Bandung Barat pada 3 April, atau dua hari setelah kejadian. Dia berharap agar Panwaslu memproses laporan tersebut secara objektif dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Jangan sampai karena yang dilaporkan itu calon petahana, Panwas jadi setengah-setengah memprosesnya," kata Kustiwa. (A-192/A-26).***

Baca Juga

Pemerintahan Jokowi Perlu Membangun Trust

POLITIK
KETUA Dewan Pertimbangan Presiden Sri Adiningsih (kiri) dan  Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidarto Danusubroto (kanan) saat ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (6/7/2015).*

JAKARTA, (PRLM).- Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sidarto Danusubroto mengatakan pemerintahan Presiden RI Joko Widodo sedang perlu membangun kepercayaan publik (trust).

Indonesia Bisa Hadapi Krisis Akibat Ketidakpastian Hukum

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan saat ini Indonesia dihadapkan pada situasi yang bisa membawa pada krisis.

Fraksi PKB Mengutuk Pembakaran Musala

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Ketua Fraksi PKB DPR Helmy Faishal Zaini menyatakan pihaknya mengutuk keras aksi brutal dengan membakar musala di Tolikara Papua. “Seharusnya dibuka dialog antar tokoh dan ada tindakan pencegahan dari aparat keamanan.

Unjuk Rasa Simpatisan Bagian Dinamika Politik

POLITIK

SOREANG, (PRLM).- Menanggapi unjuk rasa yang dilakukan sejumlah kader partai, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung, Wenwen Winarni menilai, aksi unjuk rasa para simpatisan partai saat deklarasi tersebut merupakan dinamika politik yang biasa terjadi.