Pemilihan Duta Sanitasi Diikuti 24 Kab/Kota

BANDUNG, (PRLM).- Kepala Satuan Kerja Pengembangan Penyehatan Lingkungan Pemukiman (PPLP) Jabar Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Cipta Karya Agus Sutyasno sebagai panitia penyelenggara mengatakan pemilihan duta sanitasi diikuti oleh 24 kab/kota di Jabar kecuali Kota Banjar dan Kab. Bekasi.

Mereka secara berjenjang sudah mengikuti seleksi pada tingkat sekolah dan kab/kota. Hal ini disampaikannya dalam acara Pemilihan Duta Sanitasi Tingkat SMP Jawa Barat 2013 bertema "Bersama Kita Peduli Sanitasi dan Air Minum" di Hotel Panghegar, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Minggu (7/4/13).

Agus mengatakan ada 100 peserta yang terdiri dari 50 orang peserta lomba karya tulis dan penyuluhan kesanitasian serta 50 orang peserta lomba karya poster dan penyuluhan kesanitasian. Mereka berasal dari 57 SMP negeri dan 10 SMP swasta dari 8 kota dan 16 kabupaten.

"Acara ini yang keempat kalinya sejak dimulai tahun 2010. Ini kampanye bidang penyehatan pemukiman yang dilatarbelakangi perlunya penanganan sampah, limbah, dan drainase. Permasalahannya saat ini, pengetahuan masyarakat soal sanitasi masih terbatas pengetahuan,"

Akibat keterbatasan inilah, menurut Agus masyarakat pun masih terbatas melakukan sanitasi lingkungan. Selama 4 hari para calon duta sanitasi akan mendapat bekal dan pembinaan tentang sanitasi di Hotel Panghegar, Kota Bandung. Para siswa SMP ini nantinya diharapkan menjadi tenaga untuk menjelaskan tentang sanitasi. Mereka yang terpilih nantinya akan ikut dalam jambore sanitasi tingkat nasional.

Acara ini juga dihadiri Mutia Azwar Abubakar (istri Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) dan Inayati Ali Gufron (istri Wakil Menteri Kesehatan Ali Gufron) dari perwkilan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) yang akan memberikan bekal pengetahuan tentang sanitasi. (A-199/A-108)***

Baca Juga

Polisi Gerebek Penjual Ratusan Liter Tuak

CIMAHI, (PR).- Atas dasar laporan dari masyarakat, Jajaran Polsek Cimahi berhasil mengamankan ratusan liter tuak yang dijualbelikan di kawasan permukiman. Masyarakat diminta kritis dan bekerjasama untuk memberantas peredaran miras di Kota Cimahi.

Pejabat SOTK Baru Keluhkan Kendaraan Dinas

NGAMPRAH, (PR).- Sejumlah pejabat pada struktur organisasi dan tata kerja baru di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat mengeluhkan belum tersedianya mobil dinas. Padahal, kendaraan dinas tersebut dibutuhkan untuk menunjang operasional saat turun ke lapangan.

4 Tahun Gedung Apdesi Terbengkalai

Kepala Desa Minta Digaji Seperti PNS

SOREANG,(PR).- Kepala desa dan perangkat desa melalui Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bandung mendesak agar pemerintah pusat, Pemprov Jabar, dan Pemkab Bandung mengalokasikan penghasilan tetap yang dibayar bul