KPU Kota Bandung Buka Penerimaan Berkas Caleg 9-22 April 2013

POLITIK

BANDUNG, (PRLM).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung mulai menerima berkas calon legislatif (caleg) dari partai politik (parpol) pada 9-22 April 2013 mendatang. Diharapkan, para caleg yang diusung parpol tersebut berkualitas, memiliki integritas dan tak bermasalah untuk maju dalam pemilihan legislatif.

Demikian kata Ketua KPU Kota Bandung Apipudin di Bandung, Minggu (7/4/13). "Untuk indikator caleg itu diserahkan kepada parpol masing-masing," tuturnya di Bandung, Minggu (7/4).

Dia menambahkan, KPU menerima berkas pendaftaran mulai pukul 08.00-16.00 di Kantor KPU Kota Bandung. "Mekanismenya tak jauh dari pendaftaran bakal pasang calon Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2013. Jadi datang saja ke Kantor KPU Kota Bandung,"ujarnya.

Namun, tutur Apipudin, perbedaan antara penerimaan berkas pendaftaran dan pencalegan terletak pada batas waktu penerimaan terakhir. "Jika pada pendaftaran Pilwalkot batas waktu penerimaan di hari terakhir hingga pukul 00.00 WIB, tengah malam. Sedangkan pada penerimaan berkas pencalegan tetap pada pukul 16.00 WIB,"ujarnya.

Lebih lanjut, dia menyatakan, akan dilakukan verifikasi administrasi dan faktual sesudah penerimaan berkas pencalegan ditutup KPU. "Kami melakukan verifikasi administrasi surat-surat caleg terkait persyaratannya,"katanya. Sedangkan verifikasi faktual dilakukan untuk memeriksa surat persyaratan caleg yang dianggap diragukan keabsahannya.

Sementara itu, untuk menyosialisasikan satu tahun menjelang Pemilu 2014, KPU Kota Bandung menggelar Jalan Sehat Pemilu Jurdil pada Minggu (7/4). Sekitar 300 peserta turut hadir dalam jalan sehat tersebut. Acara tersebut dimulai pukul 07.00 WIB dengan titik awal dari Jalan Cikapundung Timur dan berakhir di Lapangan Tegallega. (A-201/A-108)***

Baca Juga

Tidak Bisa Wujudkan Nawacita, Pantas Direshuffle

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Jajaran kabinet yang tidak bsa mewujudkan nawacita, sudah pantas direshuffle. Ada dua pembantu Presiden Jokowi yang menjadi prioritas untuk diganti jika reshuffle atau rombak kabinet jadi dilakukan.

Ade Komarudin Dilantik Jadi Ketua DPR, Sempat Banjir Interupsi

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ade Komarudin (A-261) secara resmi dilantik menjadi Ketua DPR RI, menggantikan Ketua DPR RI sebelumnya, Setya Novanto (F-PG/A-300), yang mengundurkan diri saat hendak dibacakan vonis di sidang Mahkamah Kehormatan (MKD) bebrpa waktu lalu.

Rhoma Sebut Teror di Sarinah Rugikan Umat Islam

POLITIK
SEMARANG, (PRLM).- Raja Dangdut yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Islam Damai Aman (Idaman) Rhoma Irama, menyebut bahwa aksi terorisme di kawasan Sarinah Jalan MH Thamrin, 14 Januari 2016, merugikan umat Islam.
 

KPU Tetapkan Anna-Supendi Sebagai Bupati dan Wabup Indramayu Terpilih

POLITIK
KPU Tetapkan Anna-Supendi Sebagai Bupati dan Wabup Indramayu Terpilih

INDRAMAYU, (PRLM).-Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Indramayu menetapkan Anna Sophanah-Supendi sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu terpilih periode 2016-2020.