KPU Kota Bandung Buka Penerimaan Berkas Caleg 9-22 April 2013

POLITIK

BANDUNG, (PRLM).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung mulai menerima berkas calon legislatif (caleg) dari partai politik (parpol) pada 9-22 April 2013 mendatang. Diharapkan, para caleg yang diusung parpol tersebut berkualitas, memiliki integritas dan tak bermasalah untuk maju dalam pemilihan legislatif.

Demikian kata Ketua KPU Kota Bandung Apipudin di Bandung, Minggu (7/4/13). "Untuk indikator caleg itu diserahkan kepada parpol masing-masing," tuturnya di Bandung, Minggu (7/4).

Dia menambahkan, KPU menerima berkas pendaftaran mulai pukul 08.00-16.00 di Kantor KPU Kota Bandung. "Mekanismenya tak jauh dari pendaftaran bakal pasang calon Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2013. Jadi datang saja ke Kantor KPU Kota Bandung,"ujarnya.

Namun, tutur Apipudin, perbedaan antara penerimaan berkas pendaftaran dan pencalegan terletak pada batas waktu penerimaan terakhir. "Jika pada pendaftaran Pilwalkot batas waktu penerimaan di hari terakhir hingga pukul 00.00 WIB, tengah malam. Sedangkan pada penerimaan berkas pencalegan tetap pada pukul 16.00 WIB,"ujarnya.

Lebih lanjut, dia menyatakan, akan dilakukan verifikasi administrasi dan faktual sesudah penerimaan berkas pencalegan ditutup KPU. "Kami melakukan verifikasi administrasi surat-surat caleg terkait persyaratannya,"katanya. Sedangkan verifikasi faktual dilakukan untuk memeriksa surat persyaratan caleg yang dianggap diragukan keabsahannya.

Sementara itu, untuk menyosialisasikan satu tahun menjelang Pemilu 2014, KPU Kota Bandung menggelar Jalan Sehat Pemilu Jurdil pada Minggu (7/4). Sekitar 300 peserta turut hadir dalam jalan sehat tersebut. Acara tersebut dimulai pukul 07.00 WIB dengan titik awal dari Jalan Cikapundung Timur dan berakhir di Lapangan Tegallega. (A-201/A-108)***

Baca Juga

Kabinet Harus Lebih Komunikatif

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Pengamat politik dari Populi Center, Nico Harjanto mengatakan, perombakan susunan kabinet yang banyak diusulkan berbagai kalangan bisa saja dilakukan, namun juga perbaikan kinerja pemerintah tetap dapat dilakukan tanpa harus merombak kabinet.

DPR dan KPU Sepakat, Temuan BPK Dibawa Ke Penegak Hukum

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).-Perkembangan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap pelaksanaan anggaran Pemilu 2014 yang telah ditindaklanjuti oleh KPU ke KPUD, dimana terdapat indikasi kerugian negara Rp 334 miliar itu, KPU berani melaporkan pihak internalnya jika terbukti menyelewengkan uang Pem

Teten: Soal Reshuffle Kabinet, Sinyal Presiden Sudah Cukup Jelas

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Tim Komunikasi Presiden, Teten Masduki, mengemukakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berulang kali memberikan sinyal yang jelas terhadap kemungkinan dilakukannya perombakan atau reshuffle Kabinet Kerja.

DPR: Mengecewakan! MK Langgengkan Dinasti Politik

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Reza Patria menegaskan kekecewaannya terhadap putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang kembali melanggengkan dinasti politik.