KPU Kota Bandung Buka Penerimaan Berkas Caleg 9-22 April 2013

POLITIK

BANDUNG, (PRLM).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung mulai menerima berkas calon legislatif (caleg) dari partai politik (parpol) pada 9-22 April 2013 mendatang. Diharapkan, para caleg yang diusung parpol tersebut berkualitas, memiliki integritas dan tak bermasalah untuk maju dalam pemilihan legislatif.

Demikian kata Ketua KPU Kota Bandung Apipudin di Bandung, Minggu (7/4/13). "Untuk indikator caleg itu diserahkan kepada parpol masing-masing," tuturnya di Bandung, Minggu (7/4).

Dia menambahkan, KPU menerima berkas pendaftaran mulai pukul 08.00-16.00 di Kantor KPU Kota Bandung. "Mekanismenya tak jauh dari pendaftaran bakal pasang calon Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2013. Jadi datang saja ke Kantor KPU Kota Bandung,"ujarnya.

Namun, tutur Apipudin, perbedaan antara penerimaan berkas pendaftaran dan pencalegan terletak pada batas waktu penerimaan terakhir. "Jika pada pendaftaran Pilwalkot batas waktu penerimaan di hari terakhir hingga pukul 00.00 WIB, tengah malam. Sedangkan pada penerimaan berkas pencalegan tetap pada pukul 16.00 WIB,"ujarnya.

Lebih lanjut, dia menyatakan, akan dilakukan verifikasi administrasi dan faktual sesudah penerimaan berkas pencalegan ditutup KPU. "Kami melakukan verifikasi administrasi surat-surat caleg terkait persyaratannya,"katanya. Sedangkan verifikasi faktual dilakukan untuk memeriksa surat persyaratan caleg yang dianggap diragukan keabsahannya.

Sementara itu, untuk menyosialisasikan satu tahun menjelang Pemilu 2014, KPU Kota Bandung menggelar Jalan Sehat Pemilu Jurdil pada Minggu (7/4). Sekitar 300 peserta turut hadir dalam jalan sehat tersebut. Acara tersebut dimulai pukul 07.00 WIB dengan titik awal dari Jalan Cikapundung Timur dan berakhir di Lapangan Tegallega. (A-201/A-108)***

Baca Juga

Singgung Kerja Sama Maritim

Ketua DPR ke Hanoi, Bahas Isu Strategis

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Berbagai isu strategis dengan Vietnam segera dibahas antara Ketua DPR RI Setya Novanto dengan Ketua Majelis Nasional dan Presiden Republik Sosialis Vietnam. Setya Novanto bertolak ke Hanoi dengan membawa misi penting, memperkuat hubungan bilateral.

Jokowi Langgar UU TNI, Pimpinan DPR tak Mau Ambil Pusing

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).-Pimpinan DPR tak mau ambil pusing menanggapi indikasi pelanggaran Presiden Jokowi terhadap Undang-Undang Tentara Nasional Indonesia. Hal itu dinilai ranah eksekutif yang tidak perlu dikomentari DPR sebagai lembaga legislatif.

Agung Akan Tunjuk Plt Ketua DPD Golkar Provinsi

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Untuk mengisi jabatan Ketua DPD Golkar tingkat provinsi seluruh Indonesia, Ketua Umum Partai Golkar hasil Munas Jakarta Agung Laksono akan menunjuk pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD Golkar.

Puan Semobil dengan Presiden Jokowi Jadi Sorotan

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Presiden J‎okowi dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, menjadi sorotan wartawan saat tiba di Kompleks Parlemen, Senayan, pada Senin (6/4/2015). Keduanya diketahui berada di dalam satu mobil.