KPU Kota Bandung Buka Penerimaan Berkas Caleg 9-22 April 2013

BANDUNG, (PRLM).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung mulai menerima berkas calon legislatif (caleg) dari partai politik (parpol) pada 9-22 April 2013 mendatang. Diharapkan, para caleg yang diusung parpol tersebut berkualitas, memiliki integritas dan tak bermasalah untuk maju dalam pemilihan legislatif.

Demikian kata Ketua KPU Kota Bandung Apipudin di Bandung, Minggu (7/4/13). "Untuk indikator caleg itu diserahkan kepada parpol masing-masing," tuturnya di Bandung, Minggu (7/4).

Dia menambahkan, KPU menerima berkas pendaftaran mulai pukul 08.00-16.00 di Kantor KPU Kota Bandung. "Mekanismenya tak jauh dari pendaftaran bakal pasang calon Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2013. Jadi datang saja ke Kantor KPU Kota Bandung,"ujarnya.

Namun, tutur Apipudin, perbedaan antara penerimaan berkas pendaftaran dan pencalegan terletak pada batas waktu penerimaan terakhir. "Jika pada pendaftaran Pilwalkot batas waktu penerimaan di hari terakhir hingga pukul 00.00 WIB, tengah malam. Sedangkan pada penerimaan berkas pencalegan tetap pada pukul 16.00 WIB,"ujarnya.

Lebih lanjut, dia menyatakan, akan dilakukan verifikasi administrasi dan faktual sesudah penerimaan berkas pencalegan ditutup KPU. "Kami melakukan verifikasi administrasi surat-surat caleg terkait persyaratannya,"katanya. Sedangkan verifikasi faktual dilakukan untuk memeriksa surat persyaratan caleg yang dianggap diragukan keabsahannya.

Sementara itu, untuk menyosialisasikan satu tahun menjelang Pemilu 2014, KPU Kota Bandung menggelar Jalan Sehat Pemilu Jurdil pada Minggu (7/4). Sekitar 300 peserta turut hadir dalam jalan sehat tersebut. Acara tersebut dimulai pukul 07.00 WIB dengan titik awal dari Jalan Cikapundung Timur dan berakhir di Lapangan Tegallega. (A-201/A-108)***

Baca Juga

Samakan Diri dengan Steve Jobs, Fahri Hamzah Yakin Kembali ke PKS

JAKARTA, (PR).- Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah yakin akan kembali ke Partai Keadilan Sejahtera, meski sudah dipecat. Selain sebagai pendiri PKS, politisi asal Nusa Tenggara Barat yang mendapat suara terbanyak di daerah pemilihannya tersebut menyamakan dirinya dengan Steve Jobs.

Komite Etik Akan Kembalikan Iuran Caketum Rp 1 Miliar

JAKARTA, (PR).- Komisi Pemberantasan Korupsi melarang Partai Golkar menarik iuran Rp 1 miliar kepada masing-masing calon ketua umum yang akan mengikuti Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) 23-26 Mei 2016 di Bali.

Ade Komarudin Ingin Jadikan Soeharto Sebagai Ikon Golkar

BALI, (PR).- Bakal Calon Ketua Umum Partai Golkar Ade Komarudin menginginkan Presiden Soeharto menjadi ikon partai berlambang pohon beringin tersebut. Dia ingin menyerupai PDI Perjuangan yang memiliki ikon yang dikenal masyarakat luas, yakni Presiden Soekarno.

Caketum Partai Golkar Sepakat Tolak Pemilihan Terbuka

NUSA DUA, (PR).- Tujuh bakal calon ketua umum (Caketum) Partai Golkar mengadakan konferensi pers bersama, Minggu, 15 Mei 2016. Mereka menyatakan penolakannya terhadap sistem pemilihan terbuka yang diwacanakan oleh sebagian peserta Musyawarah Luar Biasa Partai Golkar.