Headlines

Rika Rafika Gelar Konser Tunggal di Amerika Serikat

HENDRO SUSILO/"PRLM"
HENDRO SUSILO/"PRLM"
RIKA Rafika memberikan workshop tentang tembang pop Sunda.*

BANDUNG, (PRLM).- Selama 18 hari, terhitung 29 Maret hingga 18 April 2013, penyanyi pop Sunda, Rika Rafika berada di Amerika Serikat atas undangan University of Pittsburgh. Di sana, Rika akan menggelar konser tunggal pada 12-13 April dan memberikan workshop tentang tembang pop Sunda, kawih, dan kepesindenan kepada mahasiswa asing di sejumlah kelas. Bersama penabuh kendang bernama Suherlan, penyanyi asal Banjaran ini antusias menyambut ekspansi kebudayaan lokal di negeri asing tersebut.

“Besar harapan saya, semoga langkah ini bisa memberikan kontribusi besar, sekaligus bisa mengukir sejarah yang mewarnai perkembangan pop Sunda. Bagaimanapun saya dibesarkan oleh pop Sunda dan genre musik itu sangat saya banggakan,” tutur Rika kepada wartawan, di salah satu restoran di Jln. Bungur, Kota Bandung.

Penyanyi yang melejit lewat tembang “Dalinding Asih” ini rencananya bakal menyanyikan lagu-lagu hitnya seperti “Rujak Cuka”, “Bangbung Hideung”, maupun “Ronggeng Imut”. Selain itu, Rika juga akan melantunkan lagu lawas “Es Lilin” dan “Hariring Kuring”, serta menyanyikan lagu tradisi yang diiringi gamelan salendro yang dimainkan oleh mahasiswa asing.

Rika menuturkan, penampilannya di luar negeri didasari oleh niat yang tulus sebagai upaya perkembangan pop Sunda di lingkup mancanegara. Pasalnya, Rika mengaku tidak begitu mempedulikan kompensasi yang diterima olehnya untuk manggung di Amerika.

“Kalau dari hitung-hitungan materi, perform di sini lebih menjanjikan. Untuk tampil di Amerika itu, saya meninggalkan 14 acara di Bandung dan beberapa daerah lainnya. Oleh karena itu, kepergian saya ini tidak semata-mata karena uang, tetapi saya ingin mengibarkan bendera pop Sunda di luar negeri. Saya ingin memberikan sesuatu yang bisa dikenang, karena bagaimanapun langkah saya ini adalah bagian dari sejarah pop Sunda,” ucapnya perempuan yang mengawali karier di ranah hiburan sebagai penari ini. (A-203/A-147)***

Komentari di Facebook !