Kapolres Subang Instruksikan Agar Peran Bhabinkamtibmas Ditingkatkan

KAPOLRES Subang Ajun Komisaris Besar Chiko Ardwiatto yang  didampingi jajarannya saat berkunjung ke Kantor "PR" Perwakilan Subang, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Senin (1/4).*
IST/PRLM
KAPOLRES Subang Ajun Komisaris Besar Chiko Ardwiatto yang didampingi jajarannya saat berkunjung ke Kantor "PR" Perwakilan Subang, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Senin (1/4).*

SUBANG, (PRLM).-Kapolres Subang Ajun Komisaris Besar Chiko Ardwiatto menginstruksikan agar peran Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) ditingkatkan.

Optimalisasi peran Bhabinkamtibmas bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban bersama di tengah masyarakat mulai dari lingkungan terkecil, yakni RT/RW dan kelurahan ataupun desa.

“Kami tidak memungkiri bahwa tindak kriminalitas selalu ada di setiap daerah. Namun, itu bisa diminimalisasi dengan adanya upaya pencegahan bersama antara kepolisian dan masyarakat,” ujar Kapolres didampingi jajarannya saat berkunjung ke Kantor "PR" Perwakilan Subang, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Senin (1/4).

Kapolres mengungkapkan, berbagai tindak kriminalitas di wilayah hukum Polres Subang kebanyakan terjadi di wilayah pantura. Hal itu disebabkan wilayah tersebut merupakan jalur perlintasan antarkabupaten yang memiliki mobilitas tinggi.

Meski demikian, dia tak menampik bahwa di daerah selatan dan tengah Subang juga terdapat potensi yang sama. Kriminalitas yang marak terjadi, menurut dia, di antaranya pencurian kendaraan sepeda motor.

Sejak awal tahun ini, kata Chiko, rata-rata 12 kasus curanmor terjadi setiap bulan. Sebanyak 7-10 di antaranya sudah ditangani dan siap dilimpahkan ke pengadilan.

Untuk meminimalisasi tindak kriminalitas tersebut, Polres Subang melakukan berbagai upaya, termasuk dengan mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas. Mereka merupakan bagian dari kekuatan Polres Subang yang saat ini mencapai 1.126 personel.

“Namun, secara keseluruhan, kami pastikan bahwa situasi keamanan di wilayah hukum Polres Subang cukup aman,” katanya.

Selain itu, Kapolres juga menginstruksikan bawahannya agar secara terbuka memberikan informasi kepada publik melalui media massa terkait dengan kondisi keamanan di wilayah hukum Polres Subang.

Dia meminta agar setiap Kapolsek di masing-masing daerahnya secara proaktif memberikan informasi kepada media massa.

“Keterbukaan ini penting karena baik dan buruknya citra kepolisian itu bergantung pada persepsi masyarakat yang kebanyakan terbentuk melalui ekspos di media massa,” tuturnya.

Kunjungan Kapolres Subang beserta jajarannya kemarin ke Kantor "PR" Perwakilan Subang kemarin juga dihadiri sejumlah wartawan dari berbagai media massa. Pada kesempatan itu, Kapolres memberikan plakat penghargaan kepada perwakilan "PR" di Subang. (A-192/A-89)***

Baca Juga

Penyakit Patek Sergap Lahan Sentral Cabai

SUKABUMI, (PR).- Para petani cabai rawit di Kabupaten Sukabumi, Minggu 18 Desember 2016, terancam merugi. Mereka mengeluhkan serangan penyakit patek (antraknosa) yang terus mengancam kesinambungan usahanya.

Pemerintah Diminta Buat Regulasi DAS Citarum

PURWAKARTA, (PR).- Dalam rangka menghijaukan Citarum, Komunitas Pohon Indonesia (KPI) Jabar akan mengirimkan surat kepada pemerintah untuk mengeluarkan regulasi agar kawasan daerah aliran sungai (DAS) Citarum dengan radius 200 meter ditanami pohon-pohon dan terbebas dari bangunan.

Jelang Natal dan Tahun Baru, Pengamanan Objek Vital Diperketat

INDRAMAYU, (PR).- Menyambut libur natal dan tahun baru 2017, Kepolisian Resor Indramayu memperketat keamanan di wilayah Kabupaten Indramayu. Polisi akan memberikan pengamanan terhadap objek-objek vital yang tersebar di Kabupaten Indramayu.

Produksi Gabah Naik Signifikan

SUBANG, (PR).- Produksi gabah di Kabupaten Subang setiap tahun selalu mengalami surplus. Di tahun 2015 lalu, surplus produksinya mencapai 744.438 ton Gabah Kering Giling (GKG).