Dianggap Berjilbab tak Sesuai Syariah

Ermia (31) Pemenang X Factor ala Iran Dituding Melecehkan Islam

LUAR NEGERI

TEHRAN, (PRLM).- Kaum ulama Iran mengecam tayangan reality show Googoosh Music Academy atau X-Factor versi Iran. Pasalnya, dalam kontes itu, pemenangnya, Ermia (31) menggunakan jilbab yang tak sesuai dengan aturan negara. Jilbab ala Ermia tampak ketat, berwarna-warni, kepala tak tertutup sepenuhnya, tampak menggunakan anting, pewarna kuku dan make-up.

Sementara, jilbab yang seharusnya dikenakan perempuan muslim, jika didasarkan pada syariah, harus berwarna monotone (biasanya hitam atau cokelat), longgar dan menutup seluruh bagian tubuh kecuali muka.

Seperti dilaporkan Daily Mail, kontes X-Factor ala Iran itu menjadi kontroversial lantaran Ermia (31) yang sudah bersuami itu, dianggap melecehkan Islam. Soalnya, kata kaum mullah Iran, perempuan dilarang menyanyi di depan publik. Selain itu, jilbab Ermia juga dianggap kaum ulama, tak sesuai dengan hukum Islam yang berlaku di Iran.

Dalam hal ini, kaum ulama dan warga konservatof Iran menilai, jillbab Ermia dikategorikan jilbab buruk. Dalam hukum syariah di Iran, yang termasuk kategori jilbab buruk ini adalah, pemakainya menggunakan make-up,kepala tak seluruhnya tertutup, telinga tampak beranting, sebagian tangan dan kaki tak tertutup, baju ketat, celana panjang ketat,menggunakan pewarna kuku, pakaian yang dikenakan terlalu berwarna, melakukan gerak badan dan gaya bicara yang tak pantas.

Dalam aturan UU Islam di Iran tahun 1983, pengguna jilbab buruk bisa dikenai hukuman cambuk sebanyak 74 kali. Namun, UU ini kemudian direvisi pada 1996. Hukuman bagi pemakai jilbab ketat dan model lainnya yang tak sesuai syariah di negara itu, dikurangi menjadi penjara antara 10 hari sampai dengan empat bulan dan/atau denda sebesar 50.000 rial sampai dengan 500.000 rial.

Program X factor ala Iran ini merupakan ide dari artis ternama Iran Faegheh Atashin yang juga menjadi salah satu juri dalam kontes yang di Iran disebut dengan Googoosh itu. Ermia berhasil menjadi pemenang acara X Factor ala Iran itu, mengalahkan kontestan lainnya, setelah mendapatkan suara terbanyak dari pemirsa Iran. Opini warga Iran sendiri terbelah atas aksi panggung Ermia. (A-133/A-108)****

Baca Juga

Presiden Meksiko Dianggap tak Becus Berantas Korupsi

LUAR NEGERI

MEKSIKO, (PRLM).- Kasus kaburnya gembong narkoba Meksiko Joaquin Guzman sebanyak dua kali sejak 2001 telah membuat pemerintahan Presiden Enrique Pena Nieto dianggap tak becus dalam membasmi korupsi.

Taksi Uber Harus Bayar Denda Rp 97 Miliar

LUAR NEGERI

CALIFORNIA, (PRLM).- Aplikasi pemesanan taksi Uber harus membayar denda $7,3 juta atau setara Rp 97,4 milyar di California, AS, karena tidak memberi informasi lengkap tentang layanan dan operasionalnya ke regulator.

Rasisme di AS Tak Mudah Terlihat

LUAR NEGERI

WASHINGTON, (PRLM).- Di abad ke-21 ini, kebencian antar ras tidak lagi sekentara dulu, seperti ketika demonstrasi oleh Ku Klux Klan lazim terlihat di berbagai tempat di Amerika.

Laksamana Amerika Turut Dalam Operasi di Laut China Selatan

LUAR NEGERI

MANILA, (PRLM).- Komandan Armada Amerika di Pasifik ikut serta dalam misi pemantauan di Laut China Selatan sebagai bagian dari lawatannya ke Filipina.