Dianggap Berjilbab tak Sesuai Syariah

Ermia (31) Pemenang X Factor ala Iran Dituding Melecehkan Islam

LUAR NEGERI

TEHRAN, (PRLM).- Kaum ulama Iran mengecam tayangan reality show Googoosh Music Academy atau X-Factor versi Iran. Pasalnya, dalam kontes itu, pemenangnya, Ermia (31) menggunakan jilbab yang tak sesuai dengan aturan negara. Jilbab ala Ermia tampak ketat, berwarna-warni, kepala tak tertutup sepenuhnya, tampak menggunakan anting, pewarna kuku dan make-up.

Sementara, jilbab yang seharusnya dikenakan perempuan muslim, jika didasarkan pada syariah, harus berwarna monotone (biasanya hitam atau cokelat), longgar dan menutup seluruh bagian tubuh kecuali muka.

Seperti dilaporkan Daily Mail, kontes X-Factor ala Iran itu menjadi kontroversial lantaran Ermia (31) yang sudah bersuami itu, dianggap melecehkan Islam. Soalnya, kata kaum mullah Iran, perempuan dilarang menyanyi di depan publik. Selain itu, jilbab Ermia juga dianggap kaum ulama, tak sesuai dengan hukum Islam yang berlaku di Iran.

Dalam hal ini, kaum ulama dan warga konservatof Iran menilai, jillbab Ermia dikategorikan jilbab buruk. Dalam hukum syariah di Iran, yang termasuk kategori jilbab buruk ini adalah, pemakainya menggunakan make-up,kepala tak seluruhnya tertutup, telinga tampak beranting, sebagian tangan dan kaki tak tertutup, baju ketat, celana panjang ketat,menggunakan pewarna kuku, pakaian yang dikenakan terlalu berwarna, melakukan gerak badan dan gaya bicara yang tak pantas.

Dalam aturan UU Islam di Iran tahun 1983, pengguna jilbab buruk bisa dikenai hukuman cambuk sebanyak 74 kali. Namun, UU ini kemudian direvisi pada 1996. Hukuman bagi pemakai jilbab ketat dan model lainnya yang tak sesuai syariah di negara itu, dikurangi menjadi penjara antara 10 hari sampai dengan empat bulan dan/atau denda sebesar 50.000 rial sampai dengan 500.000 rial.

Program X factor ala Iran ini merupakan ide dari artis ternama Iran Faegheh Atashin yang juga menjadi salah satu juri dalam kontes yang di Iran disebut dengan Googoosh itu. Ermia berhasil menjadi pemenang acara X Factor ala Iran itu, mengalahkan kontestan lainnya, setelah mendapatkan suara terbanyak dari pemirsa Iran. Opini warga Iran sendiri terbelah atas aksi panggung Ermia. (A-133/A-108)****

Baca Juga

Eksekusi Mati

Warga Filipina Rayakan Pembatalan Hukuman Mati Mary Jane

LUAR NEGERI

MANILA, (PRLM).- Setelah sempat tertunda selama dua bulan, otoritas Indonesia akhirnya melakukan eksekusi gelombang kedua pada Rabu dini hari. Terdapat tujuh warga asing yang dieksekusi di Cilacap.

Vietnam Peringati 40 Tahun Berakhirnya Perang

LUAR NEGERI
PARA  pelajar yang lahir jauh setelah perang berakhir mengikuti parade di Ho Chi Minh.*

HO CHI MINH, (PRLM).- Vietnam memperingati 40 tahun berakhirnya Perang Vietnam dengan menggelar parade militer di jalan-jalan utama Kota Ho Chi Minh.

May Day

Polisi di Korsel dan Turki Bentrok dengan Buruh

LUAR NEGERI

ISTANBUL, (PRLM).- Peringatan Hari Buruh Internasional yang dirayakan setiap tanggal 1 Mei itu, diwarnai sejumlah kericuhan. Reuters melaporkan, bentrokan kecil terjadi antara buruh dan polisi di Turki dan Korea Selatan.

Kongo Larang Gunakan Cadar dan Pendatang Dilarang Menginap di Masjid

LUAR NEGERI

BRAZZAVILLE, (PRLM).- Republik Kongo, atau Kongo Brazzaville, melarang penggunaan cadar yang menutup seluruh wajah untuk dipakai di tempat-tempat umum di negara itu. Pihak yang berwenang juga melarang umat Muslim pendatang untuk menginap di dalam masjid-masjid.