Pesawat Tenaga Surya "Solar Impulse" Bakal Diterbangkan Keliling AS

PESAWAT dengan tenaga surya "Solar Impulse" yang akan diterbangkan mengelilingi AS.*
REUTERS/PRLM
PESAWAT dengan tenaga surya "Solar Impulse" yang akan diterbangkan mengelilingi AS.*

CALIFORNIA (PRLM).- Pesawat dengan tenaga surya pada awal bulan Mei 2013 bakal segera lepas landas, terbang mengelilingi AS , demikian diungkapkan pihak pembuatnya.

Persiapan akhir menjelang bulan Mei nanti merupakan awalan dari pesawat yang diproyeksikan bakal jadi yang pertama "bebas bahan bakar minyak".

Pesawat dengan nama "Solar Impulse" tersebut diklaim oleh Pilot Bertrand Piccard dan co-pilot Andre Borschberg, bakal terbang dari San Francisco pada awal Mei dan mendarat di New York dua bulan kemudian.

Desain pesawat "Solar Impulse" dengan sayap seperti pesawat jumbo jet dan berat seperti mobil kecil. Sementara saat ini, pesawat yang akan diterbangkan itu masih berupa prototip sebelum versi finalnya meluncur pada tahun 2015.

Proyek "Solar Impulse" dimulai tahun 2003 dengan anggaran sebesar 90 juta Euro (selitar Rp1,1 triliun). (rtr/A-89)***

Baca Juga

Pegiat Filantropi di Indonesia Meningkat

JAKARTA, (PR).- Perhimpunan Filantropi Asia (Asia Philanthropy Circle) atau biasa disebut APC mengumumkan berdirinya cabang di Indonesia sebagai cabang pertama dari organisasi yang berpusat di Singapura.

Hermanto Dwiatmoko Terpilih Jadi Ketua Maska

JAKARTA, (PR).- Hermanto Dwiatmoko terpilih sebagai Ketua Umum Masyarakat Perkeretaapian Indonesia (Maska) periode 2016-2021, menggantikan Soemino Eko Saputro pada Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub).