Filipina Bekukan Undang-undang Kontrasepsi

LUAR NEGERI

MANILA, (PRLM).- Mahkamah Agung Filipina membekukan sementara penerapan undang-undang baru yang memberikan akses gratis kontrasepsi.

Putusan mahkamah diambil melalui voting dengan perbandingan suara 15:5. Langkah ditempuh menyusul sejumlah petisi pembekuan atau pembatalan undang-undang. Dengan ketetapan ini maka undang-undang baru tersebut untuk sementara dibekukan sampai 18 Juni.

Juru bicara Mahkamah Agung Filipina Theodore Te pada tanggal tersebut kasus ini akan dibawa ke pengadilan untuk mendengarkan pendapat pihak yang mendukung dan yang menentang.

Wartawan BBC di Filipina Kate McGeown melaporkan undang-undang baru sebenarnya akan memberikan jaminan bagi warga Filipina untuk mendapatkan akses kontrasepsi.
Mengentaskan kemiskinan

Presiden Benigno Aquino sangat mendukung rencana itu dengan alasan langkah diperlukan untuk mengurangi tingkat kelahiran yang tinggi pada saat ini.

Selain itu UU tersebut diharapkan membantu mengentaskan penduduk dari kemiskinan. "Namun kelompok-kelompok Katolik mengatakan undang-undang itu merupakan serangan terhadap nilai-nilai inti gereja Katolik," jelas Kate McGeown.

Sekitar 85% penduduk Filipina beragama Katolik.

Presiden Benigno Aquino menandatangani UU kontrasepsi pada Desember 2012 setelah diperdebatkan dan ditunda selama 14 tahun. (bbc/A-147)***

Baca Juga

Di Islandia Penistaan Agama Diijinkan Secara Hukum

LUAR NEGERI

REYKJAVIK, (PRLM).- Parlemen Islandia telah menghapus undang-undang tentang penistaan agama, meskipun mendapatkan pertentangan dari sejumlah gereja di negara tersebut.

Sebuah aturan baru diusulkan oleh minoritas Pirate Party, yang berkampanye untuk kebebaasan internet dan data.

Sikap Rakyat Yunani Terhadap Penghematan Uni Eropa Belum Jelas

LUAR NEGERI

ATHENA, (PRLM).- Masih belum jelas apakah rakyat Yunani akan menerima syarat-syarat penghematan yang ditentukan oleh Uni Eropa atau menghadapi kemungkinan dikeluarkan dari kelompok negara yang menggunakan mata uang Euro itu.

Prancis Minta Bantuan Internasional Perangi Boko Haram

LUAR NEGERI

YAOUNDE, (PRLM).- Presiden Prancis Francois Hollande mengimbau dukungan internasional yang lebih besar dalam perang melawan Boko Haram di Kamerun, Chad Nigeria dan Niger.

Tanah Mahal, Kawasan Pinggiran Inggris Jadi Kantung Pensiunan

LUAR NEGERI

LONDON, (PRLM).- Sebagian besar pedesaan Inggris bisa menjadi daerah 'kantung pensiunan' dalam waktu beberapa tahun sebagai dampak melonjaknya nilai properti, sehingga memaksa banyak orang muda dan keluarga keluar dari daerah di mana mereka dibesarkan.