Filipina Bekukan Undang-undang Kontrasepsi

LUAR NEGERI

MANILA, (PRLM).- Mahkamah Agung Filipina membekukan sementara penerapan undang-undang baru yang memberikan akses gratis kontrasepsi.

Putusan mahkamah diambil melalui voting dengan perbandingan suara 15:5. Langkah ditempuh menyusul sejumlah petisi pembekuan atau pembatalan undang-undang. Dengan ketetapan ini maka undang-undang baru tersebut untuk sementara dibekukan sampai 18 Juni.

Juru bicara Mahkamah Agung Filipina Theodore Te pada tanggal tersebut kasus ini akan dibawa ke pengadilan untuk mendengarkan pendapat pihak yang mendukung dan yang menentang.

Wartawan BBC di Filipina Kate McGeown melaporkan undang-undang baru sebenarnya akan memberikan jaminan bagi warga Filipina untuk mendapatkan akses kontrasepsi.
Mengentaskan kemiskinan

Presiden Benigno Aquino sangat mendukung rencana itu dengan alasan langkah diperlukan untuk mengurangi tingkat kelahiran yang tinggi pada saat ini.

Selain itu UU tersebut diharapkan membantu mengentaskan penduduk dari kemiskinan. "Namun kelompok-kelompok Katolik mengatakan undang-undang itu merupakan serangan terhadap nilai-nilai inti gereja Katolik," jelas Kate McGeown.

Sekitar 85% penduduk Filipina beragama Katolik.

Presiden Benigno Aquino menandatangani UU kontrasepsi pada Desember 2012 setelah diperdebatkan dan ditunda selama 14 tahun. (bbc/A-147)***

Baca Juga

Kotak Hitam Rekam Suara Gedoran Pintu

Ko Pilot Germanwings Sengaja Tabrakan Pesawat

LUAR NEGERI

PARIS, (PRLM).- Dua hari usai musibah jatuhnya pesawat Germanwings di Pegunungan Alpen, Prancis, yang menewaskan seluruh penumpangnya itu, tim penyelidik masih juga belum berhasil mengungkap penyebab jatuhnya pesawat maskapai murah milik Lufthansa

Panglima Militer Myanmar Janjikan Keberhasilan Pemilu

LUAR NEGERI

NAY PYI TAW, (PRLM).- Komandan militer Myanmar yang berpengaruh telah berjanji untuk mendukung pemilu November mendatang dan memperingatkan bahwa militer tidak akan mentolerir ketidakstabilan dan ancaman bersenjata.

Kopilot Germanwings Mengenal Wilayah Alpen

LUAR NEGERI

MONTABOUR, (PRLM).- Kopilot pesawat Germanwings yang diduga sengaja menabrak pesawat Jerman tersebut ke pegunungan Alpen, Prancis, mengenal wilayah pegunungan itu.

Pesawat Air Canada Keluar Landasan Pacu Saat Mendarat

LUAR NEGERI

ENFIELD, (PRLM).- Sebuah pesawat Air Canada keluar dari landasan pacu ketika mendarat di bandara Halifax, Kanada seperti diberitakan oleh pihak maskapai.