Terkait Gugatan Paten Terhadap Hasil Pilgub

Panwaslu Jabar Siap Berikan Kesaksian di MK

POLITIK

BANDUNG, (PRLM).-Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Jawa Barat menyatakan siap bila diminta Mahkamah Konstitusi (MK) untuk turut memberikan kesaksian berkaitan dengan gugatan pasangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki terhadap hasil Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Jabar. Panwaslu Jabar juga sudah mempersiapkan membuat tanggapan tertulis supaya lebih komprehensif.

Hal itu dikatakan Ketua Panwaslu Jabar Ihat Subihat kepada "PRLM" di sela-sela rapat koordinasi bersama Panwaslu kabupaten/kota se-Jabar di salah satu hotel di Pangandaran, Kab. Ciamis, Senin (18/3).

"Nanti kami siapkan untuk memberikan keterangan lisan. Tapi kami buat juga yang tertulis karena khawatir tidak bisa disampaikan seluruhnya di persidangan," imbuhnya.

Dikatakannya, Panwaslu Jabar sudah mendapatkan salinan gugatan setebal 151 halaman yang diajukan kuasa hukum Rieke-Teten ke MK.

Gugatan itu melaporkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar, namun panwaslu juga bisa dimintai keterangan sebagai pihak terkait.

Pada rakor tersebut, kata Ihat, panwaslu kab/kota akan mengkritisi masing2 materi yang berkaitan dengan wilayahnya. Setelah itu, pada tanggal 21 Maret, Panwaslu Jabar berencana bertemu dengan Badan Pengawas Pemilu RI untuk diberikan arahan sebelum bersaksi di MK.

"Kami belum tahu apakah akan dipanggil dalam persidangan MK. Tetapi biasanya, kalau sudah diberikan memori gugatan, maka panwas diminta bersaksi. Tetapi kami belum dapat jadwal," tuturnya. (A-160/A-89)***

Baca Juga

Sidang Yance

Pengurus Partai Golkar Sambut Baik Putusan Bebas

POLITIK

BANDUNG, (PRLM).- Terkait vonis hakim Pengadilan Tipikor Bandung yang menyatakan tidak bersalah kepada Irianto MS Syaifudin atau yang akrab disapa Kang Yance, para kader termasuk pengurus Partai Golkar Jawa Barat mengaku sangat bersyukur.

Anggota FPP DPR Memprotes Pimpinan Dewan

POLITIK

JAKARTA,(PRLM).-Wakil Sekretarsi Fraksi PPP DPR Arsul Sani memprotes Piminan dewan karena telah meengesahkan Epyardi Asda menjadi Sekretaris FPP DPR.Ars8l Sani yang menjadi Wakil Sekretaris FPP itu melayangkan interupsi terhadap Ketua DPR Setya Novanto saat sidang paripurna, Kamis (4/6/2015, atas

Harga Bahan Kampanye Diturunkan Rp 25.000

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Komisi Pemilihan Umum menurunkan satuan harga bahan kampanye yang dibiayai oleh pasangan calon kepala daerah. Semula setiap bahan kampanye yang dibagikan kepada masyarakat dibatasi harganya Rp 50.000, sekarang menjadi maksimal Rp 25.000.

Dana Aspirasi Menumpuk di Jawa, Dalih Pemerataan tak Terbukti

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Alasan bahwa dana aspirasi Rp 20 miliar/tahun/anggota Dewan Perwakilan Rakyat bisa membantu pemerataan pembangunan dinilai tak relevan. Itu karena mayoritas anggota dewan berasal dari Pulau Jawa.