RI Kehilangan Peluang Jadi Mediator Korut dan Korsel

JAKARTA, (PRLM).- Anggota Komisi I DPR RI Sidarto Danusubroto merasa sikap diplomasi RI yang mendukung penjatuhan sanksi PBB pada Pemerintah Korea Utara dalam tes dan pengembangan nuklir kurang tepat.

Menurut Sidarto, akan lebih cantik kalau kita ini bersikap abstain. "Korut kan negara yang dikucilkan oleh komunitas dunia internasional," ujar Sidarto di Jakarta, Senin (11/3/13).

Sidarto khawatir, putusan mendukung bisa mempersulit posisi Indonesia dalam kelanjutan hubungan baik yang sudah terjalin dengan Korut selama ini. Jika tadinya RI bersikap abstain, jelas ke depannya RI sangat berpeluang untuk menjadi mediator antara Korut dan Korsel.

"Kalau kita ikut mengucilkan Korut, negara itu bisa lebih nekad lagi. Karena orang atau negara yang dalam posisi terjepit itu akan lebih radikal lagi," tukasnya.

Buktinya, saat PBB mengumumkan penjatuhan sanksi lagi terhadap Korut, negara tersebut langsung beraksi dengan men-declair siap perang.

"Apakah orang, satu kelompok, atau suatu negara, kalau dia dikuncilkan, dia akan lebih radikal. Apalagi dia punya kekuatan nuklir. Kita sadari, bahwa ketegangan di satu kawasan akan berdampak pada kawasannya lainnya. Ini kita sudah ikut serta dalam menambah ketegangan di kawasan itu," tandasnya.(kominfo/A-108)***

Baca Juga

H-10 Lebaran, Jumlah Bus Masuk Terminal Giwangan Melonjak

YOGYAKARTA, (PR).- Pada H-10 Lebaran 2016, jumlah bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang masuk ke Terminal Giwangan mulai mengalami lonjakan.

Berdasar catatan petugas terminal, Minggu 26 Juni 2016, jumlah penumpang naik sekitar 24 persen dibanding hari sebelumnya.

Inilah 10 Destinasi yang Layak Dikunjungi saat ke Madiun

MADIUN, (PR).- Apa top of mind Anda begitu mendengar kata-kata Madiun? Nomor satu pasti Pecel Madiun, pecel yang paling popular di tanah air, meskipun ada banyak tempat dan kota di tanah air ini yang warung nasi pecelnya lebih tersohor.

Gunung Bromo Keluarkan Asap Tebal

JAKARTA, (PR).- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan, akivitas vulkanik Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur masih cukup tinggi. Asap tebal putih kelabu kecokelatan keluar dari kawah gunungapi itu.

Penangkapan Putu Terkait Rencana Proyek Jalan

JAKARTA, (PR).- Penangkapan anggota Komisi III DPR RI I Putu Sudiartana oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, Selasa (28/6/2016) malam diduga kuat berhubungan dengan rencana pembangunan 12 ruas jalan di Sumatera Barat.