RI Kehilangan Peluang Jadi Mediator Korut dan Korsel

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Anggota Komisi I DPR RI Sidarto Danusubroto merasa sikap diplomasi RI yang mendukung penjatuhan sanksi PBB pada Pemerintah Korea Utara dalam tes dan pengembangan nuklir kurang tepat.

Menurut Sidarto, akan lebih cantik kalau kita ini bersikap abstain. "Korut kan negara yang dikucilkan oleh komunitas dunia internasional," ujar Sidarto di Jakarta, Senin (11/3/13).

Sidarto khawatir, putusan mendukung bisa mempersulit posisi Indonesia dalam kelanjutan hubungan baik yang sudah terjalin dengan Korut selama ini. Jika tadinya RI bersikap abstain, jelas ke depannya RI sangat berpeluang untuk menjadi mediator antara Korut dan Korsel.

"Kalau kita ikut mengucilkan Korut, negara itu bisa lebih nekad lagi. Karena orang atau negara yang dalam posisi terjepit itu akan lebih radikal lagi," tukasnya.

Buktinya, saat PBB mengumumkan penjatuhan sanksi lagi terhadap Korut, negara tersebut langsung beraksi dengan men-declair siap perang.

"Apakah orang, satu kelompok, atau suatu negara, kalau dia dikuncilkan, dia akan lebih radikal. Apalagi dia punya kekuatan nuklir. Kita sadari, bahwa ketegangan di satu kawasan akan berdampak pada kawasannya lainnya. Ini kita sudah ikut serta dalam menambah ketegangan di kawasan itu," tandasnya.(kominfo/A-108)***

Baca Juga

Pemerintah Indonesia Siapkan Lokasi Baru Pengungsi Rohingya

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah Indonesia tetap berkomitmen untuk tetap membantu para pengungsi asal Rohingya Myanmar dan Bangladesh.

Prosesi Pernikahan Putra Presiden Libatkan Komunitas Becak

NASIONAL

SOLO, (PRLM).- Pernikahan putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, yang akan diadakan di Solo tinggal tiga hari lagi. Hingga Senin siang (8/6/2015), berbagai persiapan dilakukan untuk menggelar prosesi pernikahan putra sulung Presiden tersebut.

Upacara Tradisi "Siraman" Awali Pernikahan Putera Presiden Jokowi

NASIONAL

SOLO, (PRLM).- Setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) “nembung” atau melamar Selvi Ananda yang akan dipersunting Gibran Rakabuming Raka, putera sulung Presiden Jokowi, pada Selasa (9/6/2015) malam, keluarga Didiet Suprijadi, calon besan Presiden memulai hajadan mantu dengan serangkaian tatacara ad

Saling Lapor, Konflik Peradi Berlanjut

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Konflik internal di Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) bergulir ke jalur hukum.