Pilwalkot Bandung

KPU Kota Bandung Cocokkan Data Rekapitulasi Suara Senin (11/3/13)

POLITIK

BANDUNG, (PRLM).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung akan mencocokkan kembali data rekapitulasi suara dukungan jalur perseorangan Senin (11/3/13) lusa. Hal ini menyusul adanya keberatan dari saksi Budi Setiawan - Rizal Firdaus pada saat rapat pleno terbuka, Jumat kemarin. Data yang akan dicocokkan adalah data awal pada 15 Februari 2013 lalu dengan data dari PPK yang dibacakan pada rapat pleno tersebut.

Meskipun demikian, Ketua KPU Kota Bandung Apipudin menjelaskan berita acara rekapitulasi jumlah suara ditandatangani oleh semua saksi. "Tadi siang semua saksi dari empat bakal calon yang kemarin hadir dalam rapat pleno menandatangi hasil rekapitulasi berkas dukungan," ujarnya ketika ditemui di Kantor KPU Jln. Soekarno Hatta No. 260, Sabtu (9/3/13) siang.

Menanggapi keberatan tersebut Apipudin mengatakan secara teknis angka yang tidak sinkron tersebut mungkin saja terjadi. Setelah dikoreksi nantinya akan dibuatkan berita acara dan diberikan kepada saksi yang keberatan.

Selain itu KPU Kota Bandung juga merevisi jumlah suara yang harus dikumpulkan bakal calon yang tidak memenuhi syarat.

Pasangan Budi Setiawan - Rizal Firdaus harus mengumpulkan 89.780 suara, Wahyudin Karnadinata - Tonny Aprillani 47.698 suara, dan pasangan Wawan Dewanta - M. Sayogo 15.774 suara.

KPU memberikan kesempatan untuk memperbaiki jumlah dukungan dan mengumpulkannya pada 25-29 Maret mendatang.

Seperti diberitakan sebelumnya, pasangan jalur perorangan masih diperbolehkan untuk mendaftar Pilwalkot pada 11-17 Maret. Apipudin mengimbau agar bakal calon untuk mendaftarkan diri di awal-awal masa pendaftaran. Sehingga ketika masih ada persyaratan yang kurang, masih sempat untuk dilengkapi. (A-201/Vady-Job/A_88)***

Baca Juga

Perjuangan Untuk Demokrasi Harus Terus Dilakukan

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).-Indonesia kini dan pada masa-masa mendatang membutuhkan politisi dan pejabat model Ignatius Joseph Kasimo, atau yang dikenal dengan IJ Kasimo, yang merupakan salah satu tokoh pelopor Kemerdekaan Indonesia.

Bawaslu Temukan Praktik Mahar Politik

POLITIK
JAKARTA, (PRLM).- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menemukan praktik mahar politik dari sejumlah partai terhadap bakal calon (balon) kepala daerah yang akan ikut serta dalam Pilkada serentak.
 

Pilkada Serentak 2015

Tak Perlu Perppu, Hanya 7 dari 269 Provinsi dan Kab/Kota yang Calon Tunggal

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Pakar hukum tata negara Irman Putra Sidin menilai kalau hanya di tujuh daerah yang tunggal, bukan berarti parpol gagal melakukan kaderisasi, melainkan parpol di 7 daerah tersebut yang gagal, karena dari 269 daerah provinsi dan kabupaten/kota hanya 7 daerah yang ada pasangan tung

Persis Haramkan Golput

POLITIK

BANDUNG, (PRLM).- Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis) tidak memperbolehkan pengurus dan kader-kadernya untuk bersikap tak memilih atau golput termasuk dalam Pilkada serentak pada 9 Desember mendatang.