Penerapan Kurikulum 2013 untuk SLB Ditangguhkan

BANDUNG, (PRLM).- Penerapan kurikulum 2013 untuk jenjang Sekolah Luar Biasa (SLB) akan ditangguhkan. Pelaksanaan akan dilakukan setahun setelah sekolah umum atau tepatnya pada 2014. Ini karena kompleksitasnya kurikulum SLB.

Direktur Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar Kemendikbud Dr.Mudjito mengakatan meskipun jumlah siswa SLB sedikit, sekitar 116 ribu, tapi dari jumlah varian kecacatannya banyak ditambah kurikulum kompensatoris yang tidak ada di sekolah umum.

Kurikulum itu merupakan kompensasi dari kecacatan. Misalnya kompensasi untuk anak tunanetra harus ada kompentasi untuk mobilitas jadi kurikulum dicipatakan sendiri di luar kurikulum sekolah standar pada umumnya. "Kalau di SD jumlah siswanya 30 juta bisa dibuat satu kurikulum standar nasional sedangkan di SLB tidak bisa," akunya.

Menurut Mudjito, akan lebih baik jika penerapan kurikulum 2013 di SLB sedikit mundur tapi pada penerapan 2014 dapat dilakukan secara serempak di semua SLB. Saat ini jumlah SLB sekitar 1.700 memang lebih sedikit dari sekolah umum maka penyelesaian pelaksanaan kurikulum bisa lebih cepat selesai. (A-208/A-88)***

Baca Juga

Himatan Unpad Ajarkan Terrarium ke Siswa SMAN 22 Bandung

BANDUNG, (PR).- Himpunan mahasiswa keprofesian ilmu tanah dan sumberdaya lahan (Himatan) Universitas Pandjadjaran (Unpad) menjalankan program Himatan Goes to School (HGTS) ke sejumlah sekolah menengah atas (SMA).

Program Studi di Perguruan Tinggi Harus Dibenahi

JAKARTA,(PR).- Perguruan Tinggi di Indonesia perlu melakukan pembenahan sistemik untuk program studi yang ditawarkan kepada masyarakat. Pembenahan perlu dilakukan agar perguruan tinggi melalui lulusan yang dihasilkannya benar-benar dapat menjadi kekuatan transformasi pembangunan.

STP Bandung Gelar The Other Side of Parahyangan

BANDUNG, (PR).- Era "pasar global" bisa terbaca dari persaingan di Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Di sektor pariwisata, persaingan itu sudah lama terjadi, karena itu sudah tidak lagi menjadi isu.