Ditunda Setahun

Penerapan Kurikulum 2013 untuk SLB Ditangguhkan

PENDIDIKAN

BANDUNG, (PRLM).- Penerapan kurikulum 2013 untuk jenjang Sekolah Luar Biasa (SLB) akan ditangguhkan. Pelaksanaan akan dilakukan setahun setelah sekolah umum atau tepatnya pada 2014. Ini karena kompleksitasnya kurikulum SLB.

Direktur Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar Kemendikbud Dr.Mudjito mengakatan meskipun jumlah siswa SLB sedikit, sekitar 116 ribu, tapi dari jumlah varian kecacatannya banyak ditambah kurikulum kompensatoris yang tidak ada di sekolah umum.

Kurikulum itu merupakan kompensasi dari kecacatan. Misalnya kompensasi untuk anak tunanetra harus ada kompentasi untuk mobilitas jadi kurikulum dicipatakan sendiri di luar kurikulum sekolah standar pada umumnya. "Kalau di SD jumlah siswanya 30 juta bisa dibuat satu kurikulum standar nasional sedangkan di SLB tidak bisa," akunya.

Menurut Mudjito, akan lebih baik jika penerapan kurikulum 2013 di SLB sedikit mundur tapi pada penerapan 2014 dapat dilakukan secara serempak di semua SLB. Saat ini jumlah SLB sekitar 1.700 memang lebih sedikit dari sekolah umum maka penyelesaian pelaksanaan kurikulum bisa lebih cepat selesai. (A-208/A-88)***

Baca Juga

Bantuan Bangku Sekolah Tahan Karat

PENDIDIKAN
USEP USMAN NASRULLOH/PRLM

Program XL Future Leader bagi Mahasiswa se-Indonesia Diteruskan

PENDIDIKAN

SOLO, (PRLM).- Operator telepon seluler PT. XL Axiata Tbk yang sejak tiga tahun silam menyalurkan CSR untuk pendidikan soft skill peningkatan kapasitas kepemimpinan mahasiswa, tahun 2015 ini melanjutkan program yang disebut XL Future Leader IV.

Pemerintah Diminta Pastikan Infrastruktur UN Daring

PENDIDIKAN

JAKARTA, (PRLM).- Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PPP, Reni Marlinawati meminta pemerintah untuk memastikan infrastruktur yang baik kepada sekolah-sekolah yang menyelenggarakan UN Online (daring) ini.

Ujian Nasional 2015

PLN DIY Akan Tambah Pasokan Listrik Saat UN Online

PENDIDIKAN

YOGYAKARTA, (PRLM).-Untuk mendukung pelaksanaan ujian nasional (UN) online yang direncanakan pada tanggal 13-16 April 2015, Perusahaan Listrik Negara (PLN) DIY akan menambah pasokan listrik ke daerah-daerah yang menjadi lokasi diselenggarakannya UN online.