Gubernur Canangkan Citarum Bersih 2018

GUBERNUR Jabar Ahmad Heryawan, Plt. Sekda Jabar Pery Soeparman, dan Ketua Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Eka Santosa secara simbolis meneguk air minum dari gelas dengan harapan pencanangan ini bisa tercapai dan air Citarum kelak bisa diminum.*
ARIE C. MELIALA/PRLM
GUBERNUR Jabar Ahmad Heryawan, Plt. Sekda Jabar Pery Soeparman, dan Ketua Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Eka Santosa secara simbolis meneguk air minum dari gelas dengan harapan pencanangan ini bisa tercapai dan air Citarum kelak bisa diminum.*

BANDUNG, (PRLM).- Berbagai program yang diterapkan menangani permasalahan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum selama ini belum mampu menyelesaikan masalah. Sebagai upaya penyelarasan kebijakan serta harmonisasi program konservasi dan rehabilitasi, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan mengambil langkah mengukuhkan Pengurus Forum DAS Citarum Jabar dan mencanangkan program Citarum Bersih tahun 2018. Kagiatan ini digelar di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (6/2/2013) dan dihadiri perwakilan koordinasi 12 kab/kota sepanjang DAS Citarum.

Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan mengatakan, setelah pengukuhan ini, langkah konkret yang akan ditempuh Forum DAS Citarum dengan pemerintah, pakar, pengusaha, akademisi, masyarakat, dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) adalah perumusan dan penandatanganan kesepakatan bersama. Kesepakatan ini nantinya disebut aturan oerasional dan teknis di lapangan yang berisi kesepakatan terkait hak dan kewajiban semua pihak dan sanksi ketika ada pelanggaran terkait DAS Citarum.

“Kesepakatannya sedang dirumuskan, nanti akan ditandatangani oleh berbagai stakeholder, saya akan tanda tangan pertama kali. Kita juga libatkan pengelola kawasan hutan, perusahaan pengguna air, dan semua pihak yang menikmati langsung atau tidak langsung DAS Citarum. Ini kita usung menjadi kekuatan bersama agar normalisasi dan pengerukan bisa awet dengan peran semua pihak. DI hulu juga tidak akan ada lagi erosi dan kita akan lakukan penanaman,” kata Heryawan saat ditemui usai acara. (A-199/A-147)***

Baca Juga

Rancaekek Sudah Bisa Dilewati Kendaraan Kecil

BANDUNG (PR)- Banjir yang menggenangi Rancaekek sejak dini hari kini sudah mulai menyurut. Air setinggi 50cm menggenangi jalanan Rancaekek setelah hujan deras mengguyur. Ketinggian air yang meningkat cepat sempat membuat arus lalu lintas terhambat.

Bom Meledak di Depan Kantor Kelurahan Arjuna bandung

Bom Meledak di Depan Kantor Kelurahan Arjuna

BANDUNG, (PR).- Sebuah benda yang diduga bom meledak di Taman Pandawa Bandung, depan kantor Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Senin 27 Februari 2017 pagi. Meski kecil, namun ledakan terdengar hingga 100 meter.

Geopark Ciletuh-Palabuhanratu Gandeng Delapan Pihak

PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat menandatangani  nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) ketiga untuk pengembangan kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu atau geopark partner.