Unik : Foto New York, London, Tokyo dan Paris Seperti Miniatur Mainan

KOTA London, Inggris dengan ikon jembatan Tower Bridge, dan satu kapal tempur  yang bersandar, HMS Belfast terlihat seperti kota mainan hasil olahan Ben Thomas.*
BARCROFT MEDIA/PRLM
KOTA London, Inggris dengan ikon jembatan Tower Bridge, dan satu kapal tempur yang bersandar, HMS Belfast terlihat seperti kota mainan hasil olahan Ben Thomas.*

PRLM - Mainan miniatur kota ataupun tempat wisata miniatur seperti Madurodam di Belanda menjadi atraksi tersendiri. Namun kota-kota betulan yang justru terlihat seperti kota mainan bisa dilakukan dengan tipuan fotografi, seperti yang dilakukan Ben Thomas (31) dengan karya miniatur kota yang dinamai "Cityshrinker" (Pengkerdil kota).

Ben mengembangkan teknik tertentu untuk mengurangi ukuran kota metropolitan yang luas seperti New York, London, Tokyo, dan Paris menjadi terlihat miniatur.

Warga Melbourne, Australia ini telah berkeliling dunia sejauh 77.800 mile udara atau mendekati dua kali mengelilingi bumi hanya untuk memuaskan hasratnya meminiaturisasi sebanyak mungkin kota-kota di dunia.

Ben menggunakan teknik yang disebut tilt shift, di mana dia secara hati-hati mengatur kedalaman (depth of field) pada kamera untuk membuat benda-benda yang besar terlihat lebih kecil dari kondisi nyatanya

Fotografi tilt shift memerlukan lensa khusus yang bisa diputar atau dimiringkan untuk menciptakan efek tampilan distorsi dari objek sehingga pemotret bisa menciptakan perspektif tertentu. 

Lantas dilakukan manipulasi kedalaman sehingg adiperoleh gambar yang tajam. Dan perkembangan teknologi digital membantu penggunaan efek tersebut lebih mudah, karena bisa disipkan setlah foto diambil.

Ben Thomas menambahkan, faktor lain yang perlu diperhatikan adalah jarak, pembingkaian, warna, ciaca, pencahayaan, kualitas udara dan juga termasuk jumlah orang atau kendaraan yang difoto.

"Ini adalah efek yang menyenangkan. Saya temukan reaksi dari kepenasaran untuk mengenali tempat yang menyentuh perasaan mereka. Saya melihat orang-orang mencoba mengenali tempat yang pernah mereka tinggali atau kunjungi saat melancong," tuturnya. 

"Foto-foto saya semacam memberikan gambaran baru dari sesuatu yang sudah familiar bagi mereka. Jadi mereka merasa ada keterikatan di sana." tambahnya. (A-88/dailymail)***

 

JEMBATAN Manhattan di New York City, AS.*

EMPIRE State Building di New York City, AS.*

ANTREAN taksi di Tokyo, Jepang seperti barisan mobil mainan.* 

FOTO udara Arc De Triomphe di jantung kota Paris, Prancis.*

Baca Juga

Penikam Massal di Jepang Benci Orang Cacat

TOKYO, (PR).- Insiden penikaman massal di Jepang yang menewaskan 19 orang dan melukai 45 penghuni fasilitas perawatan kaum difabel "Tsukui Yamayuri" di kawasan Sagamihara, 50 kilometer dari Tokyo itu, tercatat sebagai aksi kriminal terparah sejak Perang Dunia Kedua berakhir 70 tahun lal

PBB dan UE Kecam Hukuman Mati di Indonesia

NEW YORK, (PR).- Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mendesak pemerintah Indonesia menghentikan pelaksanaan hukuman mati. Hukuman mati dinilai melanggar hak asasi manusia.

Hillary Clinton: Rusia Ada Dibalik Bocornya Email DNC

WASHINGTON, (PR).- Calon Presiden AS dari Partai Demokrat Hillary Clinton pada hari Minggu, 31 Juli 2016 waktu setempat mengatakan, intelijen Rusia meretas komputer Komite Nasional Partai Demokrat dan Clinton juga mempertanyakan tawaran rivalnya, Donald Trump kepada presiden Rusia Vladimir Putin.

Pemerintah Ganti Kalender, Pekerja Saudi Protes Hilang Gaji

JEDDAH, (PR).- Mayoritas perusahaan di Arab Saudi tak lagi menggunakan kalender Hijriah saat membayar gaji para pegawai mereka. Sebagai gantinya, perusahaan-perusahaan tersebut menggunakan sistem kalender internasional atau disebut juga kalender Gregorian.