Unik : Foto New York, London, Tokyo dan Paris Seperti Miniatur Mainan

KOTA London, Inggris dengan ikon jembatan Tower Bridge, dan satu kapal tempur  yang bersandar, HMS Belfast terlihat seperti kota mainan hasil olahan Ben Thomas.*
BARCROFT MEDIA/PRLM
KOTA London, Inggris dengan ikon jembatan Tower Bridge, dan satu kapal tempur yang bersandar, HMS Belfast terlihat seperti kota mainan hasil olahan Ben Thomas.*

PRLM - Mainan miniatur kota ataupun tempat wisata miniatur seperti Madurodam di Belanda menjadi atraksi tersendiri. Namun kota-kota betulan yang justru terlihat seperti kota mainan bisa dilakukan dengan tipuan fotografi, seperti yang dilakukan Ben Thomas (31) dengan karya miniatur kota yang dinamai "Cityshrinker" (Pengkerdil kota).

Ben mengembangkan teknik tertentu untuk mengurangi ukuran kota metropolitan yang luas seperti New York, London, Tokyo, dan Paris menjadi terlihat miniatur.

Warga Melbourne, Australia ini telah berkeliling dunia sejauh 77.800 mile udara atau mendekati dua kali mengelilingi bumi hanya untuk memuaskan hasratnya meminiaturisasi sebanyak mungkin kota-kota di dunia.

Ben menggunakan teknik yang disebut tilt shift, di mana dia secara hati-hati mengatur kedalaman (depth of field) pada kamera untuk membuat benda-benda yang besar terlihat lebih kecil dari kondisi nyatanya

Fotografi tilt shift memerlukan lensa khusus yang bisa diputar atau dimiringkan untuk menciptakan efek tampilan distorsi dari objek sehingga pemotret bisa menciptakan perspektif tertentu. 

Lantas dilakukan manipulasi kedalaman sehingg adiperoleh gambar yang tajam. Dan perkembangan teknologi digital membantu penggunaan efek tersebut lebih mudah, karena bisa disipkan setlah foto diambil.

Ben Thomas menambahkan, faktor lain yang perlu diperhatikan adalah jarak, pembingkaian, warna, ciaca, pencahayaan, kualitas udara dan juga termasuk jumlah orang atau kendaraan yang difoto.

"Ini adalah efek yang menyenangkan. Saya temukan reaksi dari kepenasaran untuk mengenali tempat yang menyentuh perasaan mereka. Saya melihat orang-orang mencoba mengenali tempat yang pernah mereka tinggali atau kunjungi saat melancong," tuturnya. 

"Foto-foto saya semacam memberikan gambaran baru dari sesuatu yang sudah familiar bagi mereka. Jadi mereka merasa ada keterikatan di sana." tambahnya. (A-88/dailymail)***

 

JEMBATAN Manhattan di New York City, AS.*

EMPIRE State Building di New York City, AS.*

ANTREAN taksi di Tokyo, Jepang seperti barisan mobil mainan.* 

FOTO udara Arc De Triomphe di jantung kota Paris, Prancis.*

Baca Juga

Pemerintah Tiga Negara Peduli Migrasi Kupu-kupu Raja

KUPU-KUPU raja mengalami penurunan populasi serius selama beberapa tahun terakhir. Namun berkat upaya konservasi oleh pemerintah Meksiko, jumlah serangga indah yang hidup berkoloni itu meningkat kembali dalam jumlah besar.

Pelaku Bom Istanbul Warga Chechnya

ISTANBUL, (PR).- Kepolisian Turki mengumumkan bahwa tiga anggota ISIS pelaku serangan bom bunuh diri di Bandara Ataturk, Istanbul, bukan berkewarganegaraan Turki. Seperti dilaporkan Reuters, Kamis 30 Juni 2016, ketiga pelaku itu merupakan anggota ISIS asal Uzbekistan, Kirgistan, dan Rusia.

Bom Mobil Meledak di Pusat Perbelanjaan

BAGHDAD, (PR).- Sedikitnya 83 orang tewas dan 176 lainnya terluka akibat serangan bom mobil di pusat perbelanjaan di distrik Karrada, kota Baghdad, Irak, Minggu 3 Juli 2016.

Setelah 5 Tahun, Juno Berhasil Memasuki Orbit Jupiter

SACRAMENTO, (PR).- NASA berhasil memasuki orbit Jupiter melalui pesawat ruang angkasanya bernama Juno. Perjalanan menuju planet terbesar tata surya tersebut dihabiskan hampir lima tahun lamanya.