Jelang Pilbup Sumedang

KPU Sudah Menyiapkan Jadwal Kampanye

POLITIK

SUMEDANG, (PRLM).- KPU Kab. Sumedang sudah membuat jadwal kampanye untuk 8 pasangan cabup-cawabup (calon bupati dan wakil bupati) yang akan bertarung pada Pemilukada Kab. Sumedang, 24 Februari 2013 nanti. Jadwal kampanye tersebut, meliputi waktu, tempat dan calon yang akan berkampanye. Selain itu, KPU dan Pemkab Sumedang pun sudah menyiapkan tempat untuk kampanye cagub-cawagub (calon gubernur-wakil gubernur) dalam Pilgub Jabar.

“Semuanya sudah kita siapkan, tinggal pelaksanaan kampanyenya dari tanggal 7-20 Februari nanti,” kata Anggota KPU Kab. Sumedang Penanggungjawab Divisi SDM, Sosialisasi dan Humas, Nina Yuningsih di ruang kerjanya, Jumat (1/2/13).

Menurut dia, kampanye 14 hari akan dilakukan di 8 zona kampanye yang sudah ditentukan. Kedelapan zona itu, antara lain zona 1, meliputi Kec. Jatinangor dan Cimanggung. Zona 2, Kec. Tanjungsari, Sukasari, Pamulihan dan Rancakalong. Zona 3, Kec.Sumedang Utara dan Sumedang Selatan. Zona 4, Kec. Cisarua, Ganeas, Situraja dan Cisitu. Zona 5, Kec. Darmaraja, Cibugel, Jatinunggal dan Wado. Zona 6, Kec. Jatigede, Tomo dan Ujungjaya. Zona 7, Kec. Conggeang, Cimalaka dan Paseh. Zona 8, Kec.Buahdua, Tanjungkerta, Tanjungmedar dan Surian.

“Semua paslon (pasangan calon) akan melakukan kampanye di 8 zona tersebut, sesuai jadwal, waktu dan tempat yang sudah ditentukan,” kata Nina.

Ia menyebutkan, untuk tempat kampanye pun sudah ditentukan dan disediakan di semua zona kampanye dan setiap kecamatan. Namun, tempat kampanye paslon cabup-cawabup, berbeda dan terpisah dengan paslon cagub-cawagub. Hal itu, untuk menghindari gesekan antar massa pendukung paslon yang berbeda.

Contoh untuk tempat kampanye cabup-cawabup di Kec. Sumedang Utara, antara lain di Lapangan Sepak Bola Desa Rancamulya, Jalan Terusan 11 April dan Lapangan Pacuan Kuda, Kel. Kota Kaler. “Sedangkan untuk cagub-cawagub di Lapangan Sepak Bola Desa Padasuka,” tuturnya.

Nina menjelaskan, dari 14 hari masa kampanye, hari pertama digunakan untuk penyampaian visi dan misi setiap paslon di gedung DPRD. Sedangkan tanggal 18 Februari, akan digelar debat calon di Islamic Center, Kec. Sumedang Utara. Untuk hari lainnya, digunakan kampanye terbuka.
Jika paslon menginginkan, bisa pula bentuk kampanyenya dengan menggelar pertemuan atau tatap muka.

“Kami sangat berharap dalam pelaksanaan kampanye nanti, berjalan aman dan kondusif. Kami pun mengimbau, setiap paslon untuk menaati segala peraturan demi kelancaran pelaksanaan kampanye nanti,” tutur Nina. (A-67/A-108)***

Baca Juga

Pemerintahan Jokowi Perlu Membangun Trust

POLITIK
KETUA Dewan Pertimbangan Presiden Sri Adiningsih (kiri) dan  Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidarto Danusubroto (kanan) saat ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (6/7/2015).*

JAKARTA, (PRLM).- Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sidarto Danusubroto mengatakan pemerintahan Presiden RI Joko Widodo sedang perlu membangun kepercayaan publik (trust).

Indonesia Bisa Hadapi Krisis Akibat Ketidakpastian Hukum

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan saat ini Indonesia dihadapkan pada situasi yang bisa membawa pada krisis.

Fraksi PKB Mengutuk Pembakaran Musala

POLITIK

JAKARTA, (PRLM).- Ketua Fraksi PKB DPR Helmy Faishal Zaini menyatakan pihaknya mengutuk keras aksi brutal dengan membakar musala di Tolikara Papua. “Seharusnya dibuka dialog antar tokoh dan ada tindakan pencegahan dari aparat keamanan.

Unjuk Rasa Simpatisan Bagian Dinamika Politik

POLITIK

SOREANG, (PRLM).- Menanggapi unjuk rasa yang dilakukan sejumlah kader partai, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung, Wenwen Winarni menilai, aksi unjuk rasa para simpatisan partai saat deklarasi tersebut merupakan dinamika politik yang biasa terjadi.