Penambangan Pasir Besi di Cilacap Kembali Marak

NASIONAL

CILACAP, (PRLM).- Penambangan pasir besi di Cilacap Jawa Tengah kembali marak setelah Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) meloloskan ijin ekspor ke Cina kepada lima eksportir. Kuota ekspor yang diberikan sebesar 221 ribu ton per triwulan.

Kepala Bidang Pertambangan, Dinas Bina Marga SDA dan ESDM Kabupaten Cilacap, Banu Nugroho mengatakan, setelah ekspor sempat terhenti Mei 2012, sejak Agustus keran ekspor pasir besi di Cilacap kembali dibuka kembali. "Ada lima eksportir yang sudah mendapat rekomendasi dari Kementrian ESDM untuk ekspor pasir besi ke China melalui Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap," kata Banu Minggu (27/1/13).

Ke lima perusahaan tersebut masing-masing PT Adiguna Usaha Semesta denga kuota 120 ribu ton, PT Maju Setia 82 ribu ton, PT Bhinek Bumi 300 ribu ton, PT Trijaya Sejahtera Mandiri 23 ribu ton, dan PT Alfa Surya Cemerlang sebesar 300 ribu ton setiap triwulan.

"Mereka lolos dengan persyaratan cukup ketat, antara lain perusahaan harus clean and clear, memegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan wajib melunasi kewajiban pembayaran kepada negara dengan jumlah cukup besar," terangnya.

Perusahaan tersebut juga harus menyampaikan rencana kerja atau kerjasama dalam pengolahan atau pemurnian mineral dalam negeri serta menandatangani pakta integritas.

Banu menambahkan, sebenarnya ada 12 eksportir di Cilacap, namun yang lolos baru lima perusahaan. Sisanya, mereka harus melengkapi semua persyaratan tersebut sehingga masih menunggu turunnya ijin dari Kementrian ESDM. (A-99/A-108)***

Baca Juga

Pemerintah Minta Kalbe Farma Tarik 26 Obat

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah telah meminta PT Kalbe Farma Tbk untuk menarik 26 produk obat dari seluruh Indonesia untuk diperiksa, menyusul investigasi atas salah satu dari baris produksinya, menurut laporan harian Bisnis Indonesia, yang mengutip Roy Alexander Sparringa, kepala Badan Pengawasan O

Aliansi Mahasiswa Tolak Pembangunan Pabrik Semen

NASIONAL
WILUJENG KHARISMA/PRLM

YOGYAKARTA, (PRLM).- Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Jogja Peduli Rembang (AMJ-PR) melakukan unjuk rasa di perempatan Nol Kilometer Yogyakarta, Jumat (27/3/2015).

Nelayan Banten Adukan Menteri Susi ke Fraksi PKB DPR RI

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).-Sekitar 20-an orang perwakilan nelayan asal Panimbang, Pandeglang, Banten, mengadukan Menteri Susi Pudjiastuti ke Fraksi PKB, terkait Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) tentang larangan penggunaan alat tangkap ikan pukat yang dinilai bukan hanya merugikan, tapi telah

Delegasi Dubes Filipina Kunjungi Mary Jane

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).- Delegasi dari Kedutaan Besar Filipina mengunjungi terpidana mati kasus narkotika Mary Jane di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wirogunan, Kota Yogyakarta, Selasa (31/3/2015). Kunjungan mereka dalam rangka memberikan dukungan moral kepada warga Filipina itu.