Penambangan Pasir Besi di Cilacap Kembali Marak

NASIONAL

CILACAP, (PRLM).- Penambangan pasir besi di Cilacap Jawa Tengah kembali marak setelah Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) meloloskan ijin ekspor ke Cina kepada lima eksportir. Kuota ekspor yang diberikan sebesar 221 ribu ton per triwulan.

Kepala Bidang Pertambangan, Dinas Bina Marga SDA dan ESDM Kabupaten Cilacap, Banu Nugroho mengatakan, setelah ekspor sempat terhenti Mei 2012, sejak Agustus keran ekspor pasir besi di Cilacap kembali dibuka kembali. "Ada lima eksportir yang sudah mendapat rekomendasi dari Kementrian ESDM untuk ekspor pasir besi ke China melalui Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap," kata Banu Minggu (27/1/13).

Ke lima perusahaan tersebut masing-masing PT Adiguna Usaha Semesta denga kuota 120 ribu ton, PT Maju Setia 82 ribu ton, PT Bhinek Bumi 300 ribu ton, PT Trijaya Sejahtera Mandiri 23 ribu ton, dan PT Alfa Surya Cemerlang sebesar 300 ribu ton setiap triwulan.

"Mereka lolos dengan persyaratan cukup ketat, antara lain perusahaan harus clean and clear, memegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan wajib melunasi kewajiban pembayaran kepada negara dengan jumlah cukup besar," terangnya.

Perusahaan tersebut juga harus menyampaikan rencana kerja atau kerjasama dalam pengolahan atau pemurnian mineral dalam negeri serta menandatangani pakta integritas.

Banu menambahkan, sebenarnya ada 12 eksportir di Cilacap, namun yang lolos baru lima perusahaan. Sisanya, mereka harus melengkapi semua persyaratan tersebut sehingga masih menunggu turunnya ijin dari Kementrian ESDM. (A-99/A-108)***

Baca Juga

Marak, Kasus Orang Hilang Dalam Dua Bulan Terakhir

NASIONAL

YOGYAKARTA, (PRLM).- Dalam dua bulan terakhir yangterjadi dari akhir November 2015 hingga awal Januari 2016, setidaknya sudah ada empat kasus orang hilang yang dilaporkan ke Polda DI Yogyakarta (DIY).

Almarhum Soefjan Tsauri Dikebumikan di Gresik

NASIONAL

JAKARTA, (PRLM).- Ilmuwan yang juga mantan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Soefjan Tsauri (73) wafat di Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (10/1/2016) sore. Jenazah almarhum dikebumikan di kota kelahirannya Gresik, Jawa Timur, Senin (11/1/2016).

Teten, "Yang 'Naksir' Pak Presiden Langsung"

NASIONAL
Teten, "Yang 'Naksir' Pak Presiden Langsung"

JAKARTA, (PRLM).- Kepala Kantor Staf Presiden Teten Masduki menjelaskan Presiden RI Joko Widodo memang menyukai rekam jejak Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi. Dalam proses penunjukan Johan, Teten diminta menjadi orang yang pertama berkomunikasi dengan Johan.

Presiden Bentuk Badan Restorasi Gambut

NASIONAL
Presiden Bentuk Badan Restorasi Gambut

JAKARTA, (PRLM).- Presiden RI Joko Widodo mengumumkan pembentukan badan baru, Badan Restorasi Gambut (BRG). Pimpinan Program Indonesia di Climate and Land Use Alliance (CLUA) Nazir Foead ditunjuknya memimpin BRG.